Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta

Perancangan pembelajaran ansambel musik diharapkan mampu membangkitkan minat guru kesenian, pelatih, pengajar, ansambel msuk. Banyak kelompok / group yang memiliki kelengkapan musik dari yang sederhana sampai yang lengkap namun tidak memahami pemanfaatannya sebagai sarana pendidikan secara runtut da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SANTOSA, Budi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published:
Subjects:
PEN
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27561
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-27561
record_format oai_dc
spelling isilib-275612015-04-14T09:00:14Z Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta SANTOSA, Budi Pembelajaran Ansambel Musik id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27561 PEN/MS/San/e/2010 Perancangan pembelajaran ansambel musik diharapkan mampu membangkitkan minat guru kesenian, pelatih, pengajar, ansambel msuk. Banyak kelompok / group yang memiliki kelengkapan musik dari yang sederhana sampai yang lengkap namun tidak memahami pemanfaatannya sebagai sarana pendidikan secara runtut dan terstruktur. Semoga ini dapat menjadi salah satu patron. Bermain ansambel musik dirasa perlu bentuk baru pengembangan sistem pembelajarannya yang parpisipatif dan mandiri. Mencarikan solusi persoalan-persoalan di dunia pendidikan kesenian, dan ansambel musik khususnya. Misalnya a). Pola aransemen tidak hanya cenderung memadukan suara dalam bentuk duet b). Lembaga kesenian mampu berperan aktif. Bermain ansambel musik agar menghasilkan produk ganda a). Diperoleh metode deskriptif berkesinambungan, yaitu pembelajaran bentuk ansambel musik untuk mendalami, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para pelatih pengajar, pendidik, peneliti maupun seniman musik untuk membuat model-model pembelajaran ansambel musik lain yang bermanfaat bagi pendidikan musik baik di sekolahan, lembaga pemerintahan, masyarakah umum. b) Peningkatan kualitas keterampilan para pendidik, pelatih, pengajar, serta anak didiknya. c) Pembelajaran ansambel musik diperlukan kerjasama aktif antara lembaga lain; diselenggarakan pusat studi seni musik untuk pendidikan bagi yang berkaitan dan dapat pula sebagai laboratorium minat utama musik pendidikan yang ada pada Jurusan Seni Musik dan Etnomusikologi Fakutlas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, atau dengan lembaga/institusi lain yang terkait. ix, 105 hal.; ill.; 30 cm. PEN http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Pembelajaran Ansambel Musik
PEN
spellingShingle Pembelajaran Ansambel Musik
PEN
SANTOSA, Budi
Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta
description Perancangan pembelajaran ansambel musik diharapkan mampu membangkitkan minat guru kesenian, pelatih, pengajar, ansambel msuk. Banyak kelompok / group yang memiliki kelengkapan musik dari yang sederhana sampai yang lengkap namun tidak memahami pemanfaatannya sebagai sarana pendidikan secara runtut dan terstruktur. Semoga ini dapat menjadi salah satu patron. Bermain ansambel musik dirasa perlu bentuk baru pengembangan sistem pembelajarannya yang parpisipatif dan mandiri. Mencarikan solusi persoalan-persoalan di dunia pendidikan kesenian, dan ansambel musik khususnya. Misalnya a). Pola aransemen tidak hanya cenderung memadukan suara dalam bentuk duet b). Lembaga kesenian mampu berperan aktif. Bermain ansambel musik agar menghasilkan produk ganda a). Diperoleh metode deskriptif berkesinambungan, yaitu pembelajaran bentuk ansambel musik untuk mendalami, meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para pelatih pengajar, pendidik, peneliti maupun seniman musik untuk membuat model-model pembelajaran ansambel musik lain yang bermanfaat bagi pendidikan musik baik di sekolahan, lembaga pemerintahan, masyarakah umum. b) Peningkatan kualitas keterampilan para pendidik, pelatih, pengajar, serta anak didiknya. c) Pembelajaran ansambel musik diperlukan kerjasama aktif antara lembaga lain; diselenggarakan pusat studi seni musik untuk pendidikan bagi yang berkaitan dan dapat pula sebagai laboratorium minat utama musik pendidikan yang ada pada Jurusan Seni Musik dan Etnomusikologi Fakutlas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, atau dengan lembaga/institusi lain yang terkait.
format Tugas Akhir
author SANTOSA, Budi
author_facet SANTOSA, Budi
author_sort SANTOSA, Budi
title Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta
title_short Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta
title_full Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta
title_fullStr Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta
title_full_unstemmed Experimentasi Perancangan Bahan Ajar Seni Musik dalam Bentuk Ansambel untuk Sekolah Menengah Pertama di Yogyakarta
title_sort experimentasi perancangan bahan ajar seni musik dalam bentuk ansambel untuk sekolah menengah pertama di yogyakarta
publishDate
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27561
_version_ 1741199467349016576