Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil
Karya fotografi berjudul Ki Ledjar sang Maestro Wayang Kancil merupakan laporan tertulis tugas akhir fotografi. Melalui media fotografi, laporan ini menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari dan kegiatan Ki Ledjar dalam dunia kesenimanan wayang kancil secara terarah dan terencana yang diwujudkan m...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSMR ISI Yogyakarta
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27621 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-27621 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-276212015-04-14T09:00:14Z Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil ASSEN, Novena wayang kancil Ki Ledjar Maestro FSMR ISI Yogyakarta 2011 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27621 FT/Ass/k/2011 Karya fotografi berjudul Ki Ledjar sang Maestro Wayang Kancil merupakan laporan tertulis tugas akhir fotografi. Melalui media fotografi, laporan ini menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari dan kegiatan Ki Ledjar dalam dunia kesenimanan wayang kancil secara terarah dan terencana yang diwujudkan melalui media fotografi.Menurut penelitian R.P.A. Suryanto Sastroatmojo wayang kancil muncul pertama kali saat kepemimpinan Raden Paku. Dia berdakwah dengan menggunakan wayang kancil sebagai medianya. Wayang kancil berkembang pesat saat itu hingga ke berbagai daerah, namun wayang kancil mengalami pasang surut dalam perkembangannya sampai dimunculkan kembali oleh Ki Ledjar Soebroto pada tahun 1980 hingga sekarang.Tujuan awal Ki Ledjar dalam memunculkan wayang kancil kembali karena pada era itu anak-anak mulai tidak menggemari wayang. Hal ini dikarenakan perkembangan zaman di mana hiburan media televisi semakin berkembang pesat. Dengan totalitas Ki Ledjar, wayang kancil tetap ada sampai sekarang meskipun wayang kancil lebih berkembang pesat di luar negeri dibandingkan negara Indonesia.Selain sebagai pembuat wayang kancil, Ki Ledjar juga merupakan dalang hasil wayang kancil kreasinya. Dia sering mendapatkan pesanan dari museum diluar negeri. Tidak hanya wayang kancil, dia juga dapat membuat wayang profil wajah manusia sesuai dengan keinginan konsumen. Melalui cerita wayang kancil yang menceritakan isu lingkungandan budi pekerti diharapkan bahwa anak-anak penduli dan menjadi lingkungan sekitar. Yogyakarta x, 84 hal.; ill.; 30m cm. FT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
wayang kancil Ki Ledjar Maestro FT |
spellingShingle |
wayang kancil Ki Ledjar Maestro FT ASSEN, Novena Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil |
description |
Karya fotografi berjudul Ki Ledjar sang Maestro Wayang Kancil merupakan laporan tertulis tugas akhir fotografi. Melalui media fotografi, laporan ini menggambarkan tentang kehidupan sehari-hari dan kegiatan Ki Ledjar dalam dunia kesenimanan wayang kancil secara terarah dan terencana yang diwujudkan melalui media fotografi.Menurut penelitian R.P.A. Suryanto Sastroatmojo wayang kancil muncul pertama kali saat kepemimpinan Raden Paku. Dia berdakwah dengan menggunakan wayang kancil sebagai medianya. Wayang kancil berkembang pesat saat itu hingga ke berbagai daerah, namun wayang kancil mengalami pasang surut dalam perkembangannya sampai dimunculkan kembali oleh Ki Ledjar Soebroto pada tahun 1980 hingga sekarang.Tujuan awal Ki Ledjar dalam memunculkan wayang kancil kembali karena pada era itu anak-anak mulai tidak menggemari wayang. Hal ini dikarenakan perkembangan zaman di mana hiburan media televisi semakin berkembang pesat. Dengan totalitas Ki Ledjar, wayang kancil tetap ada sampai sekarang meskipun wayang kancil lebih berkembang pesat di luar negeri dibandingkan negara Indonesia.Selain sebagai pembuat wayang kancil, Ki Ledjar juga merupakan dalang hasil wayang kancil kreasinya. Dia sering mendapatkan pesanan dari museum diluar negeri. Tidak hanya wayang kancil, dia juga dapat membuat wayang profil wajah manusia sesuai dengan keinginan konsumen. Melalui cerita wayang kancil yang menceritakan isu lingkungandan budi pekerti diharapkan bahwa anak-anak penduli dan menjadi lingkungan sekitar. |
format |
Tugas Akhir |
author |
ASSEN, Novena |
author_facet |
ASSEN, Novena |
author_sort |
ASSEN, Novena |
title |
Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil |
title_short |
Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil |
title_full |
Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil |
title_fullStr |
Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil |
title_full_unstemmed |
Ki Ledjar Soebroto Sang Maestro Wayang Kancil |
title_sort |
ki ledjar soebroto sang maestro wayang kancil |
publisher |
FSMR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2011 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=27621 |
_version_ |
1741199478555148288 |