Proses Pembelajaran Vokal Grade 1 pada Anak Usia 7-10 Tahun di Purwacaraka Musik Studi Yogyakarta
Menyanyi merupakan salah satu proses pembelajaran yang sangat sederhana. Ketika seseorang menyanyi, penyanyi berusaha untuk mengkomunikasikan suatu pesan, apakah itu pesan dari sebuah melodi yang indah atau tertuang pada syair lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajara...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=28987 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Menyanyi merupakan salah satu proses pembelajaran yang sangat sederhana. Ketika seseorang menyanyi, penyanyi berusaha untuk mengkomunikasikan suatu pesan, apakah itu pesan dari sebuah melodi yang indah atau tertuang pada syair lagu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, mengetahui tingkat kesulitan yang dialami siswa, dan mengetahui tingkat keberhasilan belajar menyanyi di Purwacaraka Musik Studio Yogyakarta terutama anak usia 7-10 tahun. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memahami suatu kondisi pembelajaran vokal di Purwacaraka Musik Studio Yogyakarta melalui proses wawancara dan observasi. Adapun hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran vokal grade 1 pada anak usia 7-10 tahun di Purwacaraka Musik Studio Yogyakarta setiap pengajar tidak terikat dengan kurikulum yang telah di rancang oleh lembaga Purwacaraka Musik Studio karena kemampuan dan rasa musikalitas setiap siswa yang berbeda-beda. Selain melihat kemampuan siswa yang berbeda-beda, kurikulum yang telah dirancang oleh lembaga Purwacaraka Musik Studio terlalu sulit bagi anak usia 7-10 tahun sehingga setiap siswa merasa berat menjalankan proses latihan. |
---|