Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes

Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar te...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FANGGIDAE, Stormy Elia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yk. 2014
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29123
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-29123
record_format oai_dc
spelling isilib-291232015-11-02T09:40:02Z Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes FANGGIDAE, Stormy Elia Video Game desain komunikasi visual Concept Art Book FSR ISI Yk. 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29123 DK/Fan/p/2014 Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. Video game adalah salah satu media terbaik yang dipilih oleh Telasoft sebagai developer game internasional untuk dapat mengenalkan budaya dan sejarah Sumba pada pemain game dalam dan luar negeri, karena mudah digemari dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Concept art book Marapu: War of Tribes adalah kumpulan dari proses perancangan video game berjenis Role Playing Game untuk Personal Computer yang berisi konten budaya marapu, yang adalah kearifan lokal dari Sumba Timur, NTT yang diadaptasi dalam bentuk senjata, motif pakaian, makhluk dalam legenda Sumba, arsitektural dan lingkungan Sumba. Perancangan dimulai dengan pengumpulan data dan teori terkait dengan perancangan, meliputi teori concept art book, data tentang Sumba dan marapu, teori gaya dan teknik ilustrasi, teori tentang game, teori tentang buku, dan teori tentang cerita rakyat yang diperoleh melalui studi pustaka. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik SWOT yang menganalisa permasalahan dengan meninjau Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (ancaman). Concept art book ini mengangkat karakter dari cerita rakyat, mitos, dongeng dan legenda yang ada di Sumba, dan mengadaptasi elemen-elemen ini dengan menarik, sesuai dengan selera target usia 15 tahun keatas dan berintegrasi dengan teori dan data yang sudah dikumpulkan. Yogyakarta xxvii, 268 hlm.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Video Game
desain komunikasi visual
Concept Art Book
NONE
spellingShingle Video Game
desain komunikasi visual
Concept Art Book
NONE
FANGGIDAE, Stormy Elia
Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
description Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. Video game adalah salah satu media terbaik yang dipilih oleh Telasoft sebagai developer game internasional untuk dapat mengenalkan budaya dan sejarah Sumba pada pemain game dalam dan luar negeri, karena mudah digemari dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Concept art book Marapu: War of Tribes adalah kumpulan dari proses perancangan video game berjenis Role Playing Game untuk Personal Computer yang berisi konten budaya marapu, yang adalah kearifan lokal dari Sumba Timur, NTT yang diadaptasi dalam bentuk senjata, motif pakaian, makhluk dalam legenda Sumba, arsitektural dan lingkungan Sumba. Perancangan dimulai dengan pengumpulan data dan teori terkait dengan perancangan, meliputi teori concept art book, data tentang Sumba dan marapu, teori gaya dan teknik ilustrasi, teori tentang game, teori tentang buku, dan teori tentang cerita rakyat yang diperoleh melalui studi pustaka. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik SWOT yang menganalisa permasalahan dengan meninjau Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (ancaman). Concept art book ini mengangkat karakter dari cerita rakyat, mitos, dongeng dan legenda yang ada di Sumba, dan mengadaptasi elemen-elemen ini dengan menarik, sesuai dengan selera target usia 15 tahun keatas dan berintegrasi dengan teori dan data yang sudah dikumpulkan.
format Tugas Akhir
author FANGGIDAE, Stormy Elia
author_facet FANGGIDAE, Stormy Elia
author_sort FANGGIDAE, Stormy Elia
title Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
title_short Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
title_full Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
title_fullStr Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
title_full_unstemmed Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
title_sort perancangan concept art book untuk role playing game: war of tribes
publisher FSR ISI Yk.
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29123
_version_ 1741199589890850816