Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes
Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar te...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yk.
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29123 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-29123 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-291232015-11-02T09:40:02Z Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes FANGGIDAE, Stormy Elia Video Game desain komunikasi visual Concept Art Book FSR ISI Yk. 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29123 DK/Fan/p/2014 Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. Video game adalah salah satu media terbaik yang dipilih oleh Telasoft sebagai developer game internasional untuk dapat mengenalkan budaya dan sejarah Sumba pada pemain game dalam dan luar negeri, karena mudah digemari dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Concept art book Marapu: War of Tribes adalah kumpulan dari proses perancangan video game berjenis Role Playing Game untuk Personal Computer yang berisi konten budaya marapu, yang adalah kearifan lokal dari Sumba Timur, NTT yang diadaptasi dalam bentuk senjata, motif pakaian, makhluk dalam legenda Sumba, arsitektural dan lingkungan Sumba. Perancangan dimulai dengan pengumpulan data dan teori terkait dengan perancangan, meliputi teori concept art book, data tentang Sumba dan marapu, teori gaya dan teknik ilustrasi, teori tentang game, teori tentang buku, dan teori tentang cerita rakyat yang diperoleh melalui studi pustaka. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik SWOT yang menganalisa permasalahan dengan meninjau Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (ancaman). Concept art book ini mengangkat karakter dari cerita rakyat, mitos, dongeng dan legenda yang ada di Sumba, dan mengadaptasi elemen-elemen ini dengan menarik, sesuai dengan selera target usia 15 tahun keatas dan berintegrasi dengan teori dan data yang sudah dikumpulkan. Yogyakarta xxvii, 268 hlm.: ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Video Game desain komunikasi visual Concept Art Book NONE |
spellingShingle |
Video Game desain komunikasi visual Concept Art Book NONE FANGGIDAE, Stormy Elia Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes |
description |
Globalisasi membawa banyak perubahan bagi bangsa Indonesia, khususnya bagi generasi muda. Dengan banyaknya kebudayaan asing yang masuk, muda-mudi sangat mudah berpaling kepada hal-hal yang baru dan modern, sehingga kebudayaan Indonesia sendiri memudar. Budaya Indonesia haruslah dilestarikan, agar tetap dapat dinikmati oleh generasi selanjutnya. Video game adalah salah satu media terbaik yang dipilih oleh Telasoft sebagai developer game internasional untuk dapat mengenalkan budaya dan sejarah Sumba pada pemain game dalam dan luar negeri, karena mudah digemari dan dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Concept art book Marapu: War of Tribes adalah kumpulan dari proses perancangan video game berjenis Role Playing Game untuk Personal Computer yang berisi konten budaya marapu, yang adalah kearifan lokal dari Sumba Timur, NTT yang diadaptasi dalam bentuk senjata, motif pakaian, makhluk dalam legenda Sumba, arsitektural dan lingkungan Sumba. Perancangan dimulai dengan pengumpulan data dan teori terkait dengan perancangan, meliputi teori concept art book, data tentang Sumba dan marapu, teori gaya dan teknik ilustrasi, teori tentang game, teori tentang buku, dan teori tentang cerita rakyat yang diperoleh melalui studi pustaka. data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik SWOT yang menganalisa permasalahan dengan meninjau Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (kesempatan) dan Threat (ancaman). Concept art book ini mengangkat karakter dari cerita rakyat, mitos, dongeng dan legenda yang ada di Sumba, dan mengadaptasi elemen-elemen ini dengan menarik, sesuai dengan selera target usia 15 tahun keatas dan berintegrasi dengan teori dan data yang sudah dikumpulkan. |
format |
Tugas Akhir |
author |
FANGGIDAE, Stormy Elia |
author_facet |
FANGGIDAE, Stormy Elia |
author_sort |
FANGGIDAE, Stormy Elia |
title |
Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes |
title_short |
Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes |
title_full |
Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes |
title_fullStr |
Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes |
title_full_unstemmed |
Perancangan Concept Art Book untuk Role Playing Game: War of Tribes |
title_sort |
perancangan concept art book untuk role playing game: war of tribes |
publisher |
FSR ISI Yk. |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29123 |
_version_ |
1741199589890850816 |