Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yangpenting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaanyang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaanTaman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi,bersantai da...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSR ISI Yogyakarta
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29225 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-29225 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-292252016-02-03T07:54:56Z Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta RIFQI, Muhammad Sosial kampanye Ruang Terbuka Hijau Taman Kota FSR ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29225 DK/Rif/p/2014 Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yangpenting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaanyang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaanTaman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi,bersantai dan berinteraksi sosial menikmati udara segar yang menjadikan kotalebih manusiawi. Jakarta memiliki beberapa Taman Kota sebagai Ruang TerbukaHijau (RTH) di antaranya Taman Suropati, Taman Menteng, Taman SituLembang, Taman Medan Merdeka dan Taman Langsat. Sayangnya tidak semuaTaman Kota di Jakarta diketahui oleh masyarakat luas, masyarakat kota lebihterbiasa bermain atau bertemu teman, keluarga, dan relasi bisnis di mal karenadianggap lebih menawarkan banyak hal dari pada Taman Kota. Kurangnyaketertarikan terhadap Taman Kota ini menyebabkan kurangnya kepedulianmasyarakat kota terhadap Taman Kota. Jika suatu saat ada taman tergusur ataudialih fungsikan, maka tidak heran jika tidak ada reaksi keras dari masyarakatpadahal Taman Kota seharusnya memiliki hubungan erat secara emosional denganmasyarakat di sekitarnya.Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba memberi alternatif solusimelalui media kreatif guna meningkatkan ketertarikan dan kesadaran masyarakatkota terhadap Taman Kota. Perancangan ini menggunakan analisis 5W + 1H(What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam melalui metode analisisTarget Audiance yang terdiri dari Personifikasi Target Audiance, ConsumerInsight, Consumer Insight dan pada strategi media menggunakan metode AISAS(Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk mewujudkan impact yang positifpada Perancangan Kampanye Sosial ini.Konsep Perancangan Kampanye Sosial ini disesuaikan dengankarakteristik Target Audiance. Dalam hal ini comsumer insight TargetAudiance benar-benar didalami agar insight utama yang menjadi acuankonsep kreatif dan strategi media tepat sasaran.Perkembangan ilmu Disain Komunikasi Visual (DKV) tidak lepasdari pengaruh kebutuhan dan life style masyarakat disekitarnya. Olehkarena itu seorang Desainer Komunikasi Visual harus memiliki kepekaanterhadap lingkungan sekitar dan up to date dengan perkembanganteknologi sehingga dapat memberi alternatif solusi kreatif bagi setiappermasalahan komersial maupun sosial. Yogyakarta, FSR ISI Yogyakarta xvi, 130 hlm.: ilus.; 30 cm DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Sosial kampanye Ruang Terbuka Hijau Taman Kota DK/ |
spellingShingle |
Sosial kampanye Ruang Terbuka Hijau Taman Kota DK/ RIFQI, Muhammad Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta |
description |
Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yangpenting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaanyang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaanTaman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi,bersantai dan berinteraksi sosial menikmati udara segar yang menjadikan kotalebih manusiawi. Jakarta memiliki beberapa Taman Kota sebagai Ruang TerbukaHijau (RTH) di antaranya Taman Suropati, Taman Menteng, Taman SituLembang, Taman Medan Merdeka dan Taman Langsat. Sayangnya tidak semuaTaman Kota di Jakarta diketahui oleh masyarakat luas, masyarakat kota lebihterbiasa bermain atau bertemu teman, keluarga, dan relasi bisnis di mal karenadianggap lebih menawarkan banyak hal dari pada Taman Kota. Kurangnyaketertarikan terhadap Taman Kota ini menyebabkan kurangnya kepedulianmasyarakat kota terhadap Taman Kota. Jika suatu saat ada taman tergusur ataudialih fungsikan, maka tidak heran jika tidak ada reaksi keras dari masyarakatpadahal Taman Kota seharusnya memiliki hubungan erat secara emosional denganmasyarakat di sekitarnya.Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba memberi alternatif solusimelalui media kreatif guna meningkatkan ketertarikan dan kesadaran masyarakatkota terhadap Taman Kota. Perancangan ini menggunakan analisis 5W + 1H(What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam melalui metode analisisTarget Audiance yang terdiri dari Personifikasi Target Audiance, ConsumerInsight, Consumer Insight dan pada strategi media menggunakan metode AISAS(Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk mewujudkan impact yang positifpada Perancangan Kampanye Sosial ini.Konsep Perancangan Kampanye Sosial ini disesuaikan dengankarakteristik Target Audiance. Dalam hal ini comsumer insight TargetAudiance benar-benar didalami agar insight utama yang menjadi acuankonsep kreatif dan strategi media tepat sasaran.Perkembangan ilmu Disain Komunikasi Visual (DKV) tidak lepasdari pengaruh kebutuhan dan life style masyarakat disekitarnya. Olehkarena itu seorang Desainer Komunikasi Visual harus memiliki kepekaanterhadap lingkungan sekitar dan up to date dengan perkembanganteknologi sehingga dapat memberi alternatif solusi kreatif bagi setiappermasalahan komersial maupun sosial. |
format |
Tugas Akhir |
author |
RIFQI, Muhammad |
author_facet |
RIFQI, Muhammad |
author_sort |
RIFQI, Muhammad |
title |
Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta |
title_short |
Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta |
title_full |
Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta |
title_fullStr |
Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta |
title_full_unstemmed |
Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta |
title_sort |
perancangan kampanye sosial pelestarian taman kota di jakarta |
publisher |
FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29225 |
_version_ |
1741199608639389697 |