Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta

Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yangpenting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaanyang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaanTaman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi,bersantai da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIFQI, Muhammad
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
DK/
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29225
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-29225
record_format oai_dc
spelling isilib-292252016-02-03T07:54:56Z Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta RIFQI, Muhammad Sosial kampanye Ruang Terbuka Hijau Taman Kota FSR ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29225 DK/Rif/p/2014 Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yangpenting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaanyang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaanTaman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi,bersantai dan berinteraksi sosial menikmati udara segar yang menjadikan kotalebih manusiawi. Jakarta memiliki beberapa Taman Kota sebagai Ruang TerbukaHijau (RTH) di antaranya Taman Suropati, Taman Menteng, Taman SituLembang, Taman Medan Merdeka dan Taman Langsat. Sayangnya tidak semuaTaman Kota di Jakarta diketahui oleh masyarakat luas, masyarakat kota lebihterbiasa bermain atau bertemu teman, keluarga, dan relasi bisnis di mal karenadianggap lebih menawarkan banyak hal dari pada Taman Kota. Kurangnyaketertarikan terhadap Taman Kota ini menyebabkan kurangnya kepedulianmasyarakat kota terhadap Taman Kota. Jika suatu saat ada taman tergusur ataudialih fungsikan, maka tidak heran jika tidak ada reaksi keras dari masyarakatpadahal Taman Kota seharusnya memiliki hubungan erat secara emosional denganmasyarakat di sekitarnya.Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba memberi alternatif solusimelalui media kreatif guna meningkatkan ketertarikan dan kesadaran masyarakatkota terhadap Taman Kota. Perancangan ini menggunakan analisis 5W + 1H(What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam melalui metode analisisTarget Audiance yang terdiri dari Personifikasi Target Audiance, ConsumerInsight, Consumer Insight dan pada strategi media menggunakan metode AISAS(Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk mewujudkan impact yang positifpada Perancangan Kampanye Sosial ini.Konsep Perancangan Kampanye Sosial ini disesuaikan dengankarakteristik Target Audiance. Dalam hal ini comsumer insight TargetAudiance benar-benar didalami agar insight utama yang menjadi acuankonsep kreatif dan strategi media tepat sasaran.Perkembangan ilmu Disain Komunikasi Visual (DKV) tidak lepasdari pengaruh kebutuhan dan life style masyarakat disekitarnya. Olehkarena itu seorang Desainer Komunikasi Visual harus memiliki kepekaanterhadap lingkungan sekitar dan up to date dengan perkembanganteknologi sehingga dapat memberi alternatif solusi kreatif bagi setiappermasalahan komersial maupun sosial. Yogyakarta, FSR ISI Yogyakarta xvi, 130 hlm.: ilus.; 30 cm DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Sosial
kampanye
Ruang Terbuka Hijau
Taman Kota
DK/
spellingShingle Sosial
kampanye
Ruang Terbuka Hijau
Taman Kota
DK/
RIFQI, Muhammad
Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
description Taman Kota merupakan bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) yangpenting bagi sebuah kota karena merupakan penyeimbang ekosistem perkotaanyang penuh polusi. Selain fungsinya sebagai penyeimbang ekosistem perkotaanTaman Kota juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perkotaan guna berekreasi,bersantai dan berinteraksi sosial menikmati udara segar yang menjadikan kotalebih manusiawi. Jakarta memiliki beberapa Taman Kota sebagai Ruang TerbukaHijau (RTH) di antaranya Taman Suropati, Taman Menteng, Taman SituLembang, Taman Medan Merdeka dan Taman Langsat. Sayangnya tidak semuaTaman Kota di Jakarta diketahui oleh masyarakat luas, masyarakat kota lebihterbiasa bermain atau bertemu teman, keluarga, dan relasi bisnis di mal karenadianggap lebih menawarkan banyak hal dari pada Taman Kota. Kurangnyaketertarikan terhadap Taman Kota ini menyebabkan kurangnya kepedulianmasyarakat kota terhadap Taman Kota. Jika suatu saat ada taman tergusur ataudialih fungsikan, maka tidak heran jika tidak ada reaksi keras dari masyarakatpadahal Taman Kota seharusnya memiliki hubungan erat secara emosional denganmasyarakat di sekitarnya.Perancangan Kampanye Sosial ini mencoba memberi alternatif solusimelalui media kreatif guna meningkatkan ketertarikan dan kesadaran masyarakatkota terhadap Taman Kota. Perancangan ini menggunakan analisis 5W + 1H(What, Who, Why, Where, When dan How) yang diperdalam melalui metode analisisTarget Audiance yang terdiri dari Personifikasi Target Audiance, ConsumerInsight, Consumer Insight dan pada strategi media menggunakan metode AISAS(Attention, Interest, Search, Action, Share) untuk mewujudkan impact yang positifpada Perancangan Kampanye Sosial ini.Konsep Perancangan Kampanye Sosial ini disesuaikan dengankarakteristik Target Audiance. Dalam hal ini comsumer insight TargetAudiance benar-benar didalami agar insight utama yang menjadi acuankonsep kreatif dan strategi media tepat sasaran.Perkembangan ilmu Disain Komunikasi Visual (DKV) tidak lepasdari pengaruh kebutuhan dan life style masyarakat disekitarnya. Olehkarena itu seorang Desainer Komunikasi Visual harus memiliki kepekaanterhadap lingkungan sekitar dan up to date dengan perkembanganteknologi sehingga dapat memberi alternatif solusi kreatif bagi setiappermasalahan komersial maupun sosial.
format Tugas Akhir
author RIFQI, Muhammad
author_facet RIFQI, Muhammad
author_sort RIFQI, Muhammad
title Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
title_short Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
title_full Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
title_fullStr Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
title_full_unstemmed Perancangan Kampanye Sosial Pelestarian Taman Kota di Jakarta
title_sort perancangan kampanye sosial pelestarian taman kota di jakarta
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29225
_version_ 1741199608639389697