Alep Ing Ngeruji

Alep ing Ngeruji merupakan judul dari garapan penata. Alep Ing Ngerujijika diartikan secara definitif menjadi nilai keindahan dalam bentuk tanganngeruji. Ngeruji itu sendiri merupakan suatu gerak tangan tari klasik gayaYogyakarta yang telah menginspirasi dan menyulut hasrat penciptaan penata.Nilai-n...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HAPSARI, Asri Dwi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29251
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Alep ing Ngeruji merupakan judul dari garapan penata. Alep Ing Ngerujijika diartikan secara definitif menjadi nilai keindahan dalam bentuk tanganngeruji. Ngeruji itu sendiri merupakan suatu gerak tangan tari klasik gayaYogyakarta yang telah menginspirasi dan menyulut hasrat penciptaan penata.Nilai-nilai yang penata dapatkan ketika menilik ngeruji dari objek menjadisubjek justru di luar pemikiran awal. Ngeruji secara maknawi menyeret beberapanilai yang cenderung oposisioner atau singkatnya kontradiktif. Sebut saja bentuklentik sekaligus kokoh, kelembutan sekaligus ketegasan, hal yang mikro jugamakro menjiwai garapan tersebut. Ngeruji dalam karya ini tidak lagi dibahasakan(sebatas) pergelangan tangan, tetapi tubuh yang ngeruji.Garapan Tugas Akhir ini adalah transformasi koreografi III yang pernahpenata gagas sebelumnya. Namun demikian, tidak berarti bahwa penata hanya‘mengemas ulang’ garapan sebelumnya. Pemetaannya juga berlainan, dalam artibahwa garapan kali ini merupakan metamorfosis gagasan sebelumnya (Baca:koreografi III). Gagasan, artikulasi bentuk garapan, dan komposisi tarinya sangatberseberangan. Pada koreografi III yang telah lalu, penata murni berbicara ngerujisebagai ngeruji, sedangkan dalam Tugas akhir ini, segala sisinya diformat ulang.Dimensi ide, komposisi tari, dan maknanya sarat dengan ‘pembaharuan’. Padadasaran awal ngeruji direpresentasikan sebagaimana khalayak memahaminya(fokus eksplorasi terpusat pada pergelangan tangan) sedangkan dalam garapanTugas Akhir kali ini penata membesarkan fokus, barangkali juga mewadahipembesaran makna (?), dengan jalan tubuh menjadi fokus eksplorasi gunamembahasakan ngeruji itu sendiri dalam kecenderungan simbolikrepresentasional.