Pengaruh Tayangan Lokasi Film Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Dalam "Film-Induced Tourism"

Bidang pariwisata berkembang dari bentuk-bentuk wisata konvensional kepada bentuk-bentuk wisata baru. Wisata film menawarkan kunjungan ke lokasilokasi pembuatan film sebagai destinasi wisata. Wisata film sering disebut pula dengan film-induced tourism. Wisata film memanfaatkan potensi alam yang tamp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fransiskus Xaverius Yatno Karyadi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yk 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29575
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Bidang pariwisata berkembang dari bentuk-bentuk wisata konvensional kepada bentuk-bentuk wisata baru. Wisata film menawarkan kunjungan ke lokasilokasi pembuatan film sebagai destinasi wisata. Wisata film sering disebut pula dengan film-induced tourism. Wisata film memanfaatkan potensi alam yang tampak pada layar, budaya di lokasi pembuatan film dan pengalaman para bintang film saat berada di lokasi-lokasi pembuatan film. Studi ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh tayangan lokasi film terhadap minat kunjungan wisatawan. Pengaruh tersebut diungkap berdasar ketertarikan pada lokasi film dan ekspektasi manfaat wisata film. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan penelitian kuantitatif deskriptif dengan berlandaskan pada teori perilaku. Penelitian menemukan bahwa tayangan lokasi film memiliki pengaruh positif terhadap minat kunjungan wisatawan.