Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang
Dalam pembelajaran musik diperlukan metode yang tepat untuk mendukung proses belajar mengajar. Metode Suzuki adalah metode pembelajaran dengan pendekatan bahasa ibu atau bisa disebut ”mother tongue”. Menurut Suzuki pembelajaran bahasa ibu adalah proses belajar musik pada anak dengan pendekatan kasih...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2015
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29899 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-29899 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-298992016-08-12T15:37:07Z Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang Fajar Dewi Haryanti Kursus Musik Purnomo Semarang biola mother tongue Metode Suzuki Musik Pembelajaran Metode FSP ISI Yogyakarta 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29899 MS/Har/p/2015 Dalam pembelajaran musik diperlukan metode yang tepat untuk mendukung proses belajar mengajar. Metode Suzuki adalah metode pembelajaran dengan pendekatan bahasa ibu atau bisa disebut ”mother tongue”. Menurut Suzuki pembelajaran bahasa ibu adalah proses belajar musik pada anak dengan pendekatan kasih sayang dan cinta kasih, seperti seorang ibu mengajarkan bahasa kepada anaknya. Dalam pembelajaran biola, pengajar menerapkan Metode Suzuki yang mencakup tentang anatomi memegang biola, cara menggesek, dan memainkan lagu. Penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode Suzuki pada proses pembelajaran biola di Kursus Musik Purnomo Semarang. Penelitian ini menerapkan Metode Suzuki pada kursus musik Purnomo dan bagaimana meningkatkan peminat untuk belajar biola serta aktualisasi kualitas pembelajaran pada intrumen biola. Diharapkan dengan diterapkannya Metode Suzuki dapat menambah peminat yang ingin belajar instrumen biola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif – action research. Data yang diperoleh diinterpretasikan berdasarkan kerangka teori yang sudah dibahas di dalam penelitian. Penelitian ini menyatakan bahwa Metode Suzuki tidak bisa diterapkan di Sekolah Musik Purnomo sehingga kurang terjadi peningkatan kualitas pembelajaran serta tidak mampu meningkatkan peminat instrumen biola Yogyakarta xiv, 64 hlm,; ilus., lamp., 30 cm S1/MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Kursus Musik Purnomo Semarang biola mother tongue Metode Suzuki Musik Pembelajaran Metode S1/MS |
spellingShingle |
Kursus Musik Purnomo Semarang biola mother tongue Metode Suzuki Musik Pembelajaran Metode S1/MS Fajar Dewi Haryanti Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang |
description |
Dalam pembelajaran musik diperlukan metode yang tepat untuk mendukung proses belajar mengajar. Metode Suzuki adalah metode pembelajaran dengan pendekatan bahasa ibu atau bisa disebut ”mother tongue”. Menurut Suzuki pembelajaran bahasa ibu adalah proses belajar musik pada anak dengan pendekatan kasih sayang dan cinta kasih, seperti seorang ibu mengajarkan bahasa kepada anaknya. Dalam pembelajaran biola, pengajar menerapkan Metode Suzuki yang mencakup tentang anatomi memegang biola, cara menggesek, dan memainkan lagu. Penelitian ini membahas tentang “Penerapan metode Suzuki pada proses pembelajaran biola di Kursus Musik Purnomo Semarang. Penelitian ini menerapkan Metode Suzuki pada kursus musik Purnomo dan bagaimana meningkatkan peminat untuk belajar biola serta aktualisasi kualitas pembelajaran pada intrumen biola. Diharapkan dengan diterapkannya Metode Suzuki dapat menambah peminat yang ingin belajar instrumen biola. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif – action research. Data yang diperoleh diinterpretasikan berdasarkan kerangka teori yang sudah dibahas di dalam penelitian. Penelitian ini menyatakan bahwa Metode Suzuki tidak bisa diterapkan di Sekolah Musik Purnomo sehingga kurang terjadi peningkatan kualitas pembelajaran serta tidak mampu meningkatkan peminat instrumen biola |
format |
Tugas Akhir |
author |
Fajar Dewi Haryanti |
author_facet |
Fajar Dewi Haryanti |
author_sort |
Fajar Dewi Haryanti |
title |
Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang |
title_short |
Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang |
title_full |
Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang |
title_fullStr |
Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang |
title_full_unstemmed |
Penerapan Metode Suzuki Pada Proses Pembelajaran Biola Di Sekolah Musik Purnomo Semarang |
title_sort |
penerapan metode suzuki pada proses pembelajaran biola di sekolah musik purnomo semarang |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2015 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29899 |
_version_ |
1741199733910667264 |