Perancangan Visual Corporate Identity Musick Bus Record Store

Corporate identity adalah identitas atau “brand” sebuah perusahaan, yang terdiri dari identitas visual (nama, logo, merek dagang, tipografi, ilustrasi, warna, dsb). Corporate identity adalah upaya aktif untuk membangun sebuah citra dalam perusahaan. Salah satu contoh perusahaan yang memerlukan corpo...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Andi Mohammad Fath
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29928
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Corporate identity adalah identitas atau “brand” sebuah perusahaan, yang terdiri dari identitas visual (nama, logo, merek dagang, tipografi, ilustrasi, warna, dsb). Corporate identity adalah upaya aktif untuk membangun sebuah citra dalam perusahaan. Salah satu contoh perusahaan yang memerlukan corporate identity sebagai pembangun image perusahaan adalah Musick Bus Record Store. Hal ini akan menciptakan kesan atau nuansa yang menjadi pembeda Musick Bus Record Store berbeda dengan konsep mobile store yang sudah ada. Eksistensi corporate identity dari perusahaan dianggap belum mampu mempresentasikan visi dan misi perusahaan. Bentuk visual identitas perusahaan kurang mencerminkan image yang hendak disampaikan. Oleh karena itu untuk menghadapi permasalahan tersebut dan membentuk visual masyarakat luas terhadap keberadaan Musick Bus Segara diperlukan sebuah sistem grafis yang menggambarkan identitas perusahaan melalui pembentukan corporate identity. Melalui metode penelitian, dan data-data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, kepustakaan dan dokumentasi Musick Bus. Teori yang digunakan dalam kasus ini adalah teori Semiotik. Kemudian diolah melalui analisis SWOT yaitu Strenght (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang) dan Threat (Ancaman). Konsep dasar yang digunakan untuk membangun corporate identity Musick Bus adalah “Toko Musik Bergerak”. Media yang tepat dan sesuai yaitu Logo, Stationery, Folder, Cutting Stiker, Shoping Bag, Price Tag, Iklan Majalah, Seragam Kerja, Billboard dan Katalog