Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memp...
Saved in:
| Main Author: | |
|---|---|
| Format: | Tugas Akhir |
| Language: | Indonesian |
| Published: |
Fakultas Seni Rupa ISI
2015
|
| Subjects: | |
| Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29941 |
| Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
| id |
isilib-29941 |
|---|---|
| record_format |
oai_dc |
| spelling |
isilib-299412016-08-16T09:51:28Z Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) Edythia Indrasswary Nabella semiotika Iklan Politik Superman Roland Barthes desain komunikasi visual Fakultas Seni Rupa ISI 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29941 DK/Nab/t/2015 Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memparodikan dirinya sebagai seorang Superman dalam sebuah APK (Alat Peraga Kampanye) dalam website nya www.egymassadiah.info. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna pesan yang terkandung dalam tanda visual iklan politik caleg Superman dengan menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis semiotik pemaknaan konotasi Roland Barthes untuk menganalisa makna pesan dalam tanda visual iklan politik Caleg Superman. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa konotasi yang menebal menjadi sebuah mitos dalam masyarakat, bahwa memilih seorang calon pemimpin tidak cukup hanya dilihat dari penampilan luar atau secara fisik saja. Juga bagi para calon pemimpin yang selalu mendistorsi realitas, melebih-lebihkan yang ada sehingga akan menimbulkan krisis identitas dari calon pemimpin itu sendiri. Karena segala sesuatu yang dilebih-lebihkan diawal, pada akhirnya hanya akan meninggalkan kekecewaan dan yang tersisa hanyalah fiksi Yogyakarta xiii, 101 hlm.: ilus.; lamp.; 30 cm S1/DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
| institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
| collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
| language |
Indonesian |
| topic |
semiotika Iklan Politik Superman Roland Barthes desain komunikasi visual S1/DK |
| spellingShingle |
semiotika Iklan Politik Superman Roland Barthes desain komunikasi visual S1/DK Edythia Indrasswary Nabella Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) |
| description |
Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memparodikan dirinya sebagai seorang Superman dalam sebuah APK (Alat Peraga Kampanye) dalam website nya www.egymassadiah.info. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna pesan yang terkandung dalam tanda visual iklan politik caleg Superman dengan menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis semiotik pemaknaan konotasi Roland Barthes untuk menganalisa makna pesan dalam tanda visual iklan politik Caleg Superman. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa konotasi yang menebal menjadi sebuah mitos dalam masyarakat, bahwa memilih seorang calon pemimpin tidak cukup hanya dilihat dari penampilan luar atau secara fisik saja. Juga bagi para calon pemimpin yang selalu mendistorsi realitas, melebih-lebihkan yang ada sehingga akan menimbulkan krisis identitas dari calon pemimpin itu sendiri. Karena segala sesuatu yang dilebih-lebihkan diawal, pada akhirnya hanya akan meninggalkan kekecewaan dan yang tersisa hanyalah fiksi |
| format |
Tugas Akhir |
| author |
Edythia Indrasswary Nabella |
| author_facet |
Edythia Indrasswary Nabella |
| author_sort |
Edythia Indrasswary Nabella |
| title |
Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) |
| title_short |
Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) |
| title_full |
Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) |
| title_fullStr |
Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) |
| title_full_unstemmed |
Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) |
| title_sort |
tinjauan semiotika komunikasi visual iklan caleg superman (studi kasus iklan politik caleg superman pada website caleg superman tahun 2014) |
| publisher |
Fakultas Seni Rupa ISI |
| publishDate |
2015 |
| url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29941 |
| _version_ |
1741199741966876672 |