Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)

Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Edythia Indrasswary Nabella
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29941
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-29941
record_format oai_dc
spelling isilib-299412016-08-16T09:51:28Z Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014) Edythia Indrasswary Nabella semiotika Iklan Politik Superman Roland Barthes desain komunikasi visual Fakultas Seni Rupa ISI 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29941 DK/Nab/t/2015 Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memparodikan dirinya sebagai seorang Superman dalam sebuah APK (Alat Peraga Kampanye) dalam website nya www.egymassadiah.info. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna pesan yang terkandung dalam tanda visual iklan politik caleg Superman dengan menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis semiotik pemaknaan konotasi Roland Barthes untuk menganalisa makna pesan dalam tanda visual iklan politik Caleg Superman. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa konotasi yang menebal menjadi sebuah mitos dalam masyarakat, bahwa memilih seorang calon pemimpin tidak cukup hanya dilihat dari penampilan luar atau secara fisik saja. Juga bagi para calon pemimpin yang selalu mendistorsi realitas, melebih-lebihkan yang ada sehingga akan menimbulkan krisis identitas dari calon pemimpin itu sendiri. Karena segala sesuatu yang dilebih-lebihkan diawal, pada akhirnya hanya akan meninggalkan kekecewaan dan yang tersisa hanyalah fiksi Yogyakarta xiii, 101 hlm.: ilus.; lamp.; 30 cm S1/DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic semiotika
Iklan Politik
Superman
Roland Barthes
desain komunikasi visual
S1/DK
spellingShingle semiotika
Iklan Politik
Superman
Roland Barthes
desain komunikasi visual
S1/DK
Edythia Indrasswary Nabella
Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
description Iklan politik merupakan bentuk promosi atas individu ataupun partai dengan membentuk image politik yang disengaja untuk mempersuasi persepsi masyarakat (publik) agar memilihnya dalam pemilu. Egy Massadiah, merupakan satu dari banyaknya calog legislatif yang berkampanye secara unik, yaitu dengan memparodikan dirinya sebagai seorang Superman dalam sebuah APK (Alat Peraga Kampanye) dalam website nya www.egymassadiah.info. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa makna pesan yang terkandung dalam tanda visual iklan politik caleg Superman dengan menggunakan teori Semiotika milik Roland Barthes. Metode penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan analisis semiotik pemaknaan konotasi Roland Barthes untuk menganalisa makna pesan dalam tanda visual iklan politik Caleg Superman. Hasil dari penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa konotasi yang menebal menjadi sebuah mitos dalam masyarakat, bahwa memilih seorang calon pemimpin tidak cukup hanya dilihat dari penampilan luar atau secara fisik saja. Juga bagi para calon pemimpin yang selalu mendistorsi realitas, melebih-lebihkan yang ada sehingga akan menimbulkan krisis identitas dari calon pemimpin itu sendiri. Karena segala sesuatu yang dilebih-lebihkan diawal, pada akhirnya hanya akan meninggalkan kekecewaan dan yang tersisa hanyalah fiksi
format Tugas Akhir
author Edythia Indrasswary Nabella
author_facet Edythia Indrasswary Nabella
author_sort Edythia Indrasswary Nabella
title Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
title_short Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
title_full Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
title_fullStr Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
title_full_unstemmed Tinjauan Semiotika Komunikasi Visual Iklan Caleg Superman (Studi Kasus Iklan Politik Caleg Superman Pada Website Caleg Superman Tahun 2014)
title_sort tinjauan semiotika komunikasi visual iklan caleg superman (studi kasus iklan politik caleg superman pada website caleg superman tahun 2014)
publisher Fakultas Seni Rupa ISI
publishDate 2015
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29941
_version_ 1741199741966876672