Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas karpet piano dalam pembelajaran musik dan mengetahui proses pembelajaran musik dengan media karpet piano. Model pembelajaran ini dilakukan karena melihat adanya minat yang tumbuh dalam diri siswa untuk mempelajari musik namun terkendala dengan fasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hintari Garida
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29998
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas karpet piano dalam pembelajaran musik dan mengetahui proses pembelajaran musik dengan media karpet piano. Model pembelajaran ini dilakukan karena melihat adanya minat yang tumbuh dalam diri siswa untuk mempelajari musik namun terkendala dengan fasilitas. Diharapkan dengan adanya model pembelajaran ini dapat menjadi cara alternatif pada dunia musik pendidikan. Adanya minat tersebut terlihat dari kegembiraan dan keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan musik kreatif, yaitu pembelajaran musik menggunakan alat musik non konvensional, yang diadakan sebelumnya. Karpet piano digunakan sebagai alat peraga selama proses pembelajaran dimaksudkan agar siswa lebih cepat menghafal tuts piano sehingga tidak mengalami kesulitan pada saat bermain piano. Materi musik diajarkan dengan cara bermain, seperti menebak nilai nada, menempelkan notasi balok serta melompat dan menyanyi pada karpet piano. Subjek penelitian adalah sepuluh siswa kelas IA SD Jurug, Sewon, Bantul dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara terhadap wali kelas, para siswa, orang tua siswa, guru kesenian dan kepala sekolah SD Jurug. Kemampuan rata-rata untuk teori musik; permainan karpet; permainan piano di atas target yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karpet piano dapat digunakan dalam pengenalan musik secara berkelompok. Beberapa permainan yang dilibatkan dalam proses penjelasan materi musik baik teori maupun praktik juga memberi kemudahan dan kesenangan tesendiri bagi para siswa