Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas karpet piano dalam pembelajaran musik dan mengetahui proses pembelajaran musik dengan media karpet piano. Model pembelajaran ini dilakukan karena melihat adanya minat yang tumbuh dalam diri siswa untuk mempelajari musik namun terkendala dengan fasi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Hintari Garida
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29998
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-29998
record_format oai_dc
spelling isilib-299982016-08-22T13:18:17Z Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul. Hintari Garida cara alternatif Model Pembelajaran karpet piano materi musik sekolah SD Jurug tuts piano Musik Fakultas Seni Rupa ISI 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29998 MS/Wir/p/2015 Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas karpet piano dalam pembelajaran musik dan mengetahui proses pembelajaran musik dengan media karpet piano. Model pembelajaran ini dilakukan karena melihat adanya minat yang tumbuh dalam diri siswa untuk mempelajari musik namun terkendala dengan fasilitas. Diharapkan dengan adanya model pembelajaran ini dapat menjadi cara alternatif pada dunia musik pendidikan. Adanya minat tersebut terlihat dari kegembiraan dan keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan musik kreatif, yaitu pembelajaran musik menggunakan alat musik non konvensional, yang diadakan sebelumnya. Karpet piano digunakan sebagai alat peraga selama proses pembelajaran dimaksudkan agar siswa lebih cepat menghafal tuts piano sehingga tidak mengalami kesulitan pada saat bermain piano. Materi musik diajarkan dengan cara bermain, seperti menebak nilai nada, menempelkan notasi balok serta melompat dan menyanyi pada karpet piano. Subjek penelitian adalah sepuluh siswa kelas IA SD Jurug, Sewon, Bantul dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara terhadap wali kelas, para siswa, orang tua siswa, guru kesenian dan kepala sekolah SD Jurug. Kemampuan rata-rata untuk teori musik; permainan karpet; permainan piano di atas target yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karpet piano dapat digunakan dalam pengenalan musik secara berkelompok. Beberapa permainan yang dilibatkan dalam proses penjelasan materi musik baik teori maupun praktik juga memberi kemudahan dan kesenangan tesendiri bagi para siswa Yogyakarta x, 73 hlm.: ilus.; lamp.; 30 cm S1/MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic cara alternatif
Model Pembelajaran
karpet piano
materi musik
sekolah SD Jurug
tuts piano
Musik
S1/MS
spellingShingle cara alternatif
Model Pembelajaran
karpet piano
materi musik
sekolah SD Jurug
tuts piano
Musik
S1/MS
Hintari Garida
Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.
description Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas karpet piano dalam pembelajaran musik dan mengetahui proses pembelajaran musik dengan media karpet piano. Model pembelajaran ini dilakukan karena melihat adanya minat yang tumbuh dalam diri siswa untuk mempelajari musik namun terkendala dengan fasilitas. Diharapkan dengan adanya model pembelajaran ini dapat menjadi cara alternatif pada dunia musik pendidikan. Adanya minat tersebut terlihat dari kegembiraan dan keaktifan siswa ketika mengikuti kegiatan musik kreatif, yaitu pembelajaran musik menggunakan alat musik non konvensional, yang diadakan sebelumnya. Karpet piano digunakan sebagai alat peraga selama proses pembelajaran dimaksudkan agar siswa lebih cepat menghafal tuts piano sehingga tidak mengalami kesulitan pada saat bermain piano. Materi musik diajarkan dengan cara bermain, seperti menebak nilai nada, menempelkan notasi balok serta melompat dan menyanyi pada karpet piano. Subjek penelitian adalah sepuluh siswa kelas IA SD Jurug, Sewon, Bantul dengan metode penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus. Data penelitian ini diambil dari hasil wawancara terhadap wali kelas, para siswa, orang tua siswa, guru kesenian dan kepala sekolah SD Jurug. Kemampuan rata-rata untuk teori musik; permainan karpet; permainan piano di atas target yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karpet piano dapat digunakan dalam pengenalan musik secara berkelompok. Beberapa permainan yang dilibatkan dalam proses penjelasan materi musik baik teori maupun praktik juga memberi kemudahan dan kesenangan tesendiri bagi para siswa
format Tugas Akhir
author Hintari Garida
author_facet Hintari Garida
author_sort Hintari Garida
title Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.
title_short Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.
title_full Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.
title_fullStr Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.
title_full_unstemmed Model Pembelajaran Musik Dengan Media Karpet Piano Pada Anak SDN Jurug Sewon Bantul.
title_sort model pembelajaran musik dengan media karpet piano pada anak sdn jurug sewon bantul.
publisher Fakultas Seni Rupa ISI
publishDate 2015
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=29998
_version_ 1741199753146793984