Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.

Materi gambar maupun ilustrasi yang terdapat pada buku pelajaran Sekolah Dasar membuka kemungkinan-kemungkinan untuk diolah dengan pendekatan kreatif sebagai penciptaan karya seni lukis. Bahan visual yang bersumber dari materi buku pelajaran mendorong penulis untuk mengolah kembali dalam bentuk–bent...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Arief Budiyarta
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30032
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-30032
record_format oai_dc
spelling isilib-300322016-08-24T10:16:44Z Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis. Arief Budiyarta sekolah dasar siswa Pendidikan Pembelajaran SENI LUKIS cat air Drawing pen Pensil Cat poster Fakultas Seni Rupa ISI 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30032 SL/Bud/m/2015 Materi gambar maupun ilustrasi yang terdapat pada buku pelajaran Sekolah Dasar membuka kemungkinan-kemungkinan untuk diolah dengan pendekatan kreatif sebagai penciptaan karya seni lukis. Bahan visual yang bersumber dari materi buku pelajaran mendorong penulis untuk mengolah kembali dalam bentuk–bentuk rupa yang unik dengan tidak mengubah substansi konsep mata pelajaran yang disampaikan. Penulis mengangkat materi dari buku pelajaran Sekolah Dasar, untuk kemudian dijadikan sumber dan acuan. Mengolah persepsi dan cara melihat gambar–gambar dari buku pelajaran sebagai strategi berkarya dengan mentransformasikan materi gambar dari buku pelajaran untuk diwujudkan dalam berbagai macam bentuk pendekatan gaya dan medium seni lukis. Konsep pewujudan penulis berawal dari sebuah buku tentang pedoman pembuatan alat-alat peraga pendidikan untuk Sekolah Dasar. Pada pengerjaan karya Tugas Akhir ini, proses penciptaan karya seni melalui beberapa tahapan yaitu observasi buku-buku materi pelajaran sekolah dasar dengan membaca dan mengamati bentuk-bentuk visual pada buku pelajaran, sampai dengan proses merancang untuk selanjutnya diterapkan pada karya seni lukis. Karya-karya penulis menitik beratkan pada ungkapan ekspresi berupa penafsiran materi pelajaran dalam pendekatan berbagai gaya, sampai pada tahap pengolahan materi buku sekolah dasar dengan medium yang berbeda-beda menyesuaikan karakteristik objek yang akan dibuat. Aspek positif dan negatif selama pengerjaan serta menyelesaikan tulisan maupun karya Tugas Akhir menjadi pengalaman berharga. Pengalaman positif berupa pengetahuan teori dan praktek dalam seni rupa selama menempuh pendidikan akademik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Aspek positif, penulis mendapatkan bimbingan dari dosen berupa penalaran melihat konsep kreatif penciptaan dari perspektif mahasiswa seni lukis. Membimbing penulis dalam melihat suatu konsep penciptaan karya seni agar masuk pada tema persoalan yang akan dibuat, serta bimbingan untuk penggunaan sistematika penulisan laporan baik dari segi etika penulisan maupun kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai untuk penulisan karya ilmiah. Aspek negatif atau hambatan selama pengerjaan baik tulisan maupun karya adalah kurangnya kesadaran penulis untuk aktif melakukan proses bimbingan, dan pewujudan karya tidak dilakukan secara maksimal mengingat masa studi penulis mengikuti kuliah sudah masuk pada batas akhir masa perkuliahan Yogyakarta xiv, 99 hlm.: ilus.; lamp.; 30 cm S1/SL http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic sekolah dasar
siswa
Pendidikan
Pembelajaran
SENI LUKIS
cat air
Drawing pen
Pensil
Cat poster
S1/SL
spellingShingle sekolah dasar
siswa
Pendidikan
Pembelajaran
SENI LUKIS
cat air
Drawing pen
Pensil
Cat poster
S1/SL
Arief Budiyarta
Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.
description Materi gambar maupun ilustrasi yang terdapat pada buku pelajaran Sekolah Dasar membuka kemungkinan-kemungkinan untuk diolah dengan pendekatan kreatif sebagai penciptaan karya seni lukis. Bahan visual yang bersumber dari materi buku pelajaran mendorong penulis untuk mengolah kembali dalam bentuk–bentuk rupa yang unik dengan tidak mengubah substansi konsep mata pelajaran yang disampaikan. Penulis mengangkat materi dari buku pelajaran Sekolah Dasar, untuk kemudian dijadikan sumber dan acuan. Mengolah persepsi dan cara melihat gambar–gambar dari buku pelajaran sebagai strategi berkarya dengan mentransformasikan materi gambar dari buku pelajaran untuk diwujudkan dalam berbagai macam bentuk pendekatan gaya dan medium seni lukis. Konsep pewujudan penulis berawal dari sebuah buku tentang pedoman pembuatan alat-alat peraga pendidikan untuk Sekolah Dasar. Pada pengerjaan karya Tugas Akhir ini, proses penciptaan karya seni melalui beberapa tahapan yaitu observasi buku-buku materi pelajaran sekolah dasar dengan membaca dan mengamati bentuk-bentuk visual pada buku pelajaran, sampai dengan proses merancang untuk selanjutnya diterapkan pada karya seni lukis. Karya-karya penulis menitik beratkan pada ungkapan ekspresi berupa penafsiran materi pelajaran dalam pendekatan berbagai gaya, sampai pada tahap pengolahan materi buku sekolah dasar dengan medium yang berbeda-beda menyesuaikan karakteristik objek yang akan dibuat. Aspek positif dan negatif selama pengerjaan serta menyelesaikan tulisan maupun karya Tugas Akhir menjadi pengalaman berharga. Pengalaman positif berupa pengetahuan teori dan praktek dalam seni rupa selama menempuh pendidikan akademik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Aspek positif, penulis mendapatkan bimbingan dari dosen berupa penalaran melihat konsep kreatif penciptaan dari perspektif mahasiswa seni lukis. Membimbing penulis dalam melihat suatu konsep penciptaan karya seni agar masuk pada tema persoalan yang akan dibuat, serta bimbingan untuk penggunaan sistematika penulisan laporan baik dari segi etika penulisan maupun kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang sesuai untuk penulisan karya ilmiah. Aspek negatif atau hambatan selama pengerjaan baik tulisan maupun karya adalah kurangnya kesadaran penulis untuk aktif melakukan proses bimbingan, dan pewujudan karya tidak dilakukan secara maksimal mengingat masa studi penulis mengikuti kuliah sudah masuk pada batas akhir masa perkuliahan
format Tugas Akhir
author Arief Budiyarta
author_facet Arief Budiyarta
author_sort Arief Budiyarta
title Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.
title_short Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.
title_full Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.
title_fullStr Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.
title_full_unstemmed Materi Sekolah Dasar Sebagai Ide Penciptaan Seni Lukis.
title_sort materi sekolah dasar sebagai ide penciptaan seni lukis.
publisher Fakultas Seni Rupa ISI
publishDate 2015
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30032
_version_ 1741199759550447616