Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis)
Maskulinitas dan hegemoni patriarki adalah permasalahan universal yang masih harus banyak dikaji. Selama ini penelitian persoalan gender masih lebih banyak fokus pada feminisme. Menurut penulis kasus- kasus seperti kekerasan dalam rumah tangga, perkosaan, prostitusi, perampokan dengan kekerasan, pem...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Program Pascasarjana ISI Yk
2015
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30045 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-30045 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-300452016-08-24T12:25:54Z Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) Deni Rahman Parodi screenshot film Film hegemoni patriarki Maskulinitas intaglio Estetika apropriasi Grafis Program Pascasarjana ISI Yk 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30045 TES/SG/Rah/r/2015 Maskulinitas dan hegemoni patriarki adalah permasalahan universal yang masih harus banyak dikaji. Selama ini penelitian persoalan gender masih lebih banyak fokus pada feminisme. Menurut penulis kasus- kasus seperti kekerasan dalam rumah tangga, perkosaan, prostitusi, perampokan dengan kekerasan, pembunuhan, penyalahgunaan narkotika bahkan korupsi, sangat besar kemungkinan penyebabnya adalah karena betapa kuatnya pengaruh konsep maskulinitas yang ada dalam masyarakat.Film menjadi agen penting sebagai media yang mengkonstruksi presepsi maskulinitas. Film merupakan media komunikasi massa paling efektif, karena meliputi suara, visual, dan gerak. Film mampu mencuri perhatian orang dalam jumlah yang sangat besar, dengan muatan pesan yang ditujukan untuk mempengaruhi tindakan dan cara berfikir mereka. Film The Godfather dan The Wolf of Wall Street adalah contoh dari sekian banyak film-film Hollywood yang menonjolkan maskulinitas. Dua film tersebut penulis pilih karena dirasa sangat kontekstual dengan fenomena maskulinitas yang kini ada di masyarakat Indonesia terutama masyarakat di lingkungan tempat tinggal penulis. Melalui karya seni cetak grafis intaglio dengan laser engraving, yang kini sedang menjadi konsentrasi penulis dalam berkarya, penulis mencoba untuk mereduksi citraan maskulinitas dalam adeganadegan film The Godfather dan The Wolf of Wall Street yang diambil melalui screenshot. Apropriasi dengan estetika parodi menjadi strategi penciptaan karya yang penulis pilih untuk menghadirkan karya yang merupakan distorsi atas citraan maskulinitas Yogyakarta xi, 88 hlm.: ilus.; lamp.; 30 cm TES/SG/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Parodi screenshot film Film hegemoni patriarki Maskulinitas intaglio Estetika apropriasi Grafis TES/SG/ |
spellingShingle |
Parodi screenshot film Film hegemoni patriarki Maskulinitas intaglio Estetika apropriasi Grafis TES/SG/ Deni Rahman Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) |
description |
Maskulinitas dan hegemoni patriarki adalah permasalahan universal yang masih harus banyak dikaji. Selama ini penelitian persoalan gender masih lebih banyak fokus pada feminisme. Menurut penulis kasus- kasus seperti kekerasan dalam rumah tangga, perkosaan, prostitusi, perampokan dengan kekerasan, pembunuhan, penyalahgunaan narkotika bahkan korupsi, sangat besar kemungkinan penyebabnya adalah karena betapa kuatnya pengaruh konsep maskulinitas yang ada dalam masyarakat.Film menjadi agen penting sebagai media yang mengkonstruksi presepsi maskulinitas. Film merupakan media komunikasi massa paling efektif, karena meliputi suara, visual, dan gerak. Film mampu mencuri perhatian orang dalam jumlah yang sangat besar, dengan muatan pesan yang ditujukan untuk mempengaruhi tindakan dan cara berfikir mereka. Film The Godfather dan The Wolf of Wall Street adalah contoh dari sekian banyak film-film Hollywood yang menonjolkan maskulinitas. Dua film tersebut penulis pilih karena dirasa sangat kontekstual dengan fenomena maskulinitas yang kini ada di masyarakat Indonesia terutama masyarakat di lingkungan tempat tinggal penulis. Melalui karya seni cetak grafis intaglio dengan laser engraving, yang kini sedang menjadi konsentrasi penulis dalam berkarya, penulis mencoba untuk mereduksi citraan maskulinitas dalam adeganadegan film The Godfather dan The Wolf of Wall Street yang diambil melalui screenshot. Apropriasi dengan estetika parodi menjadi strategi penciptaan karya yang penulis pilih untuk menghadirkan karya yang merupakan distorsi atas citraan maskulinitas |
format |
Tugas Akhir |
author |
Deni Rahman |
author_facet |
Deni Rahman |
author_sort |
Deni Rahman |
title |
Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) |
title_short |
Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) |
title_full |
Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) |
title_fullStr |
Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) |
title_full_unstemmed |
Reduksi Maskulinitas Dalam Adegan Film The Godfather Dan The Wolf Of Wall Street (Apropriasi Screenshot Film Dalam Penciptaan Karya Seni Cetak Grafis) |
title_sort |
reduksi maskulinitas dalam adegan film the godfather dan the wolf of wall street (apropriasi screenshot film dalam penciptaan karya seni cetak grafis) |
publisher |
Program Pascasarjana ISI Yk |
publishDate |
2015 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30045 |
_version_ |
1741199762026135552 |