Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Permainan Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta

Permainan tradisional merupakan budaya yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta selain tarian, dan nyanyian. Permainan tradisional juga sebagai identitas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Pada era sekarang sudah jarang ditemui anakanak bermain permainan tradisional. Dibandingkan dengan permainan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: R. Fanny Printi Ardi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Pascasarjana ISI Yk 2015
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30049
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Permainan tradisional merupakan budaya yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta selain tarian, dan nyanyian. Permainan tradisional juga sebagai identitas yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Pada era sekarang sudah jarang ditemui anakanak bermain permainan tradisional. Dibandingkan dengan permainan seperti playstation, game tablet dan online game, permainan tradisional memiliki banyak manfaat, mulai dari sisi psikologi, sosiologi, sportifitas, kesehatan, dan masih banyak lainnya. Sangat disayangkan apabila warisan budaya yang baik untuk kepentingan perkembangan anak-anak di masa depan ditinggalkan. Maka, diperlukan suatu perancangan iklan layanan masyarakat permainan tradisional di D.I. Yogyakarta. Metode penciptaaan menggunakan pendekatan design thinking. Metode ini merupakan metode untuk bisa mendekatkan target audien dengan designer. Analisis didalamnya menggunakan beberapa metode analisa, seperti 5W+1H untuk membedah permasalahan, metode costumer journey untuk menentukan media yang tepat untuk target audien. Pemetaan ide penciptaan menggunakan mindmapping dan konsep berpikir triadik yang dikenalkan oleh Drs. Isd. Sumbo Tinarbuko, M.Sn. “Anak Hilang” sebagai ide penciptaan, dan menjadi acuan untuk perancangan iklan layanan masyarakat. Pendekatan psikologis dan sosiologis digunakan sebagai media komunikasi penyampai pesan terhadap target audien. Isu Angeline si “anak hilang” cukup menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia, dan isu tersebut diangkat sebagai tema penciptaan iklan layanan masyarakat ini. Antusiasme yang hebat pada isu tersebut yang ingin coba diadopsi untuk perancangan ini .Visualisasivisualisasi tentang anak hilang selalu diketengahkan dalam proses komunikasi visual. Perancangan iklan layanan masyarakat ini memiliki nilai kebaruan berupa komunikasi visual yang menggunakan isu-isu terkini dalam menyampaikan pesannya, sehingga dapat dijadikan acuan bagi perancang grafis dalam menciptakan desain komunikasi visual yang baru dan unik. Diharapkan karya-karya yang diciptakan bukan hanya sekedar menjadi apresiasi melainkan mampu membuka cara pandang baru dalam mewujudkan karya desain komuniksi visual lainnya