Respons Siswa Terhadap Pembelajaran Ekstrakurikuler Seni Musik Kelas Iv Sd N Krapyak Sedayu Tahun Ajaran 2014/2015(Studi Kasus)
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan sarana bagi siswa untuk mengembangkan kreatifitas dan bakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dalam pembelajarane kstrakuikuler seni musik di SDN Krapyak Sedayu dan mengetahui respons anak tentang metode pembelajarannya. Penelitian ini men...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2015
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30082 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kegiatan ekstrakurikuler merupakan sarana bagi siswa untuk mengembangkan kreatifitas dan bakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dalam pembelajarane kstrakuikuler seni musik di SDN Krapyak Sedayu dan mengetahui respons anak tentang metode pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan teknik probability sampling dalam memilih sampel yang berjumlah 13 siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala anak untuk mengikuti ekstrakurikuler adalah tidak dibolehkannya mengikuti lebih dari satu macam dan kurangnya fasilitas yang memadai. Berdasarkan pertanyaan pada wawancara yang diberikan menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler seni musik di SDN Krapyak Sedayu mayoritas jawaban bahwa, siswa merasa senang dengan metode Carl Orff karena menekankan aspek kreativitas dan improfisasi dan teknik drill yang diterapkan pada proses pembelajaran |
---|