Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta

Penelitian ini difokuskan pada struktur koreografi tari Tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tari Reog Dhodhog mulai dikenal oleh masyarakat di Yogyakarta sekitar tahun 1986, melalui karya tari yang disusun oleh Untung Muljono dan disajikan dalam ujian Tugas Akhir di Program Studi S1 Komposisi Tari, Fakultas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KUSUMANINGSIH, Siti Yuniana
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2014
Subjects:
isi
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30104
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-30104
record_format oai_dc
spelling isilib-301042016-08-30T08:30:44Z Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta KUSUMANINGSIH, Siti Yuniana Waktu Ruang Teknik Koreografi gaya Untung Muljono Reog Dhodhog akulturasi budaya rampak elemen gerak isi FSP ISI Yogyakarta 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30104 ST.PKJ/Kus/a/2014 Penelitian ini difokuskan pada struktur koreografi tari Tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tari Reog Dhodhog mulai dikenal oleh masyarakat di Yogyakarta sekitar tahun 1986, melalui karya tari yang disusun oleh Untung Muljono dan disajikan dalam ujian Tugas Akhir di Program Studi S1 Komposisi Tari, Fakultas Kesenian, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kesenian rakyat ini perngembangan dari Reog Kendang Tulungagung yang menggunakan kendang dhodhog, selain sebagai properti juga digunakan sebagai identitas, pengembangan gerak maupun iringan tarian tersebut. Tarian ini ditarikan oleh duabelas penari berpasangan yang terdiri dari enam penari putra dan enam penari putri. Penelitian kali ini penulis menggunakan pendekatan koreografi yang dikemukakan oleh Y. Sumandiyo Hadi, meliputi aspek bentuk, teknik, dan isi, serta elemen dasar koreografi yang terdiri dari gerak, ruang, dan waktu yang memunculkan sebuah gaya khas dalam tarian ini. Penggunaan pendekatan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui teks koreografi tari Reog Dhodhog Kasmaran secara keseluruhan. Motif gerak dengan pengembangan dan variasi gerak menggunakan properti kendang dhodhog yang dilakukan secara rampak. Desain pola lantai, motif gerak, iringan, serta elemen-elemen koreografi yang distrukturkan menjadi satu keutuhan bentuk koreografi tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tarian ini mempunyai gaya atau style yang berbeda dengan tari kerakyatan yang lain. Pola tabuhan serta akulturasi budaya membentuk menjadi garapan koreografi tari tradisi kerakyatan yang menggunakan kendang dhodhog sebagai ciri khasnya Yogyakarta xi, 129 hlm.: ilus.; lamp.; 30 cm S1/ST http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Waktu
Ruang
Teknik
Koreografi
gaya
Untung Muljono
Reog Dhodhog
akulturasi budaya
rampak
elemen gerak
isi
S1/ST
spellingShingle Waktu
Ruang
Teknik
Koreografi
gaya
Untung Muljono
Reog Dhodhog
akulturasi budaya
rampak
elemen gerak
isi
S1/ST
KUSUMANINGSIH, Siti Yuniana
Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
description Penelitian ini difokuskan pada struktur koreografi tari Tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tari Reog Dhodhog mulai dikenal oleh masyarakat di Yogyakarta sekitar tahun 1986, melalui karya tari yang disusun oleh Untung Muljono dan disajikan dalam ujian Tugas Akhir di Program Studi S1 Komposisi Tari, Fakultas Kesenian, Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Kesenian rakyat ini perngembangan dari Reog Kendang Tulungagung yang menggunakan kendang dhodhog, selain sebagai properti juga digunakan sebagai identitas, pengembangan gerak maupun iringan tarian tersebut. Tarian ini ditarikan oleh duabelas penari berpasangan yang terdiri dari enam penari putra dan enam penari putri. Penelitian kali ini penulis menggunakan pendekatan koreografi yang dikemukakan oleh Y. Sumandiyo Hadi, meliputi aspek bentuk, teknik, dan isi, serta elemen dasar koreografi yang terdiri dari gerak, ruang, dan waktu yang memunculkan sebuah gaya khas dalam tarian ini. Penggunaan pendekatan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui teks koreografi tari Reog Dhodhog Kasmaran secara keseluruhan. Motif gerak dengan pengembangan dan variasi gerak menggunakan properti kendang dhodhog yang dilakukan secara rampak. Desain pola lantai, motif gerak, iringan, serta elemen-elemen koreografi yang distrukturkan menjadi satu keutuhan bentuk koreografi tari Reog Dhodhog Kasmaran. Tarian ini mempunyai gaya atau style yang berbeda dengan tari kerakyatan yang lain. Pola tabuhan serta akulturasi budaya membentuk menjadi garapan koreografi tari tradisi kerakyatan yang menggunakan kendang dhodhog sebagai ciri khasnya
format Tugas Akhir
author KUSUMANINGSIH, Siti Yuniana
author_facet KUSUMANINGSIH, Siti Yuniana
author_sort KUSUMANINGSIH, Siti Yuniana
title Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
title_short Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
title_full Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
title_fullStr Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
title_full_unstemmed Analisis Koreografi Tari Reog Dhodhog Kasmaran Di Dusun Pedes Argomulyo Sedayu Bantul Yogyakarta
title_sort analisis koreografi tari reog dhodhog kasmaran di dusun pedes argomulyo sedayu bantul yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30104
_version_ 1741199773612900352