Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura

Perancangan typeface yang mengadaptasi karakter visual ragam hias motif sulur ukiran tradisional Sumenep pada dasarnya merupakan respon kreatif yang dilakukan dalam ranah Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat dengan mengenalkan intangible heritage berupa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NOORDYANTO, Naufan
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2014
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30167
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-30167
record_format oai_dc
spelling isilib-301672016-09-01T10:58:52Z Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura NOORDYANTO, Naufan Madura Sumenep ukir typoface typografi Fakultas Seni Rupa ISI 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30167 DK/Noo/p/2014 Perancangan typeface yang mengadaptasi karakter visual ragam hias motif sulur ukiran tradisional Sumenep pada dasarnya merupakan respon kreatif yang dilakukan dalam ranah Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat dengan mengenalkan intangible heritage berupa ragam hias ukir khas dari kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, yang kaya historis, filosofis, dan pengaruh dari berbagai kebudayaan masa lampau, namun selama ini sedikit diketahui. Pendekatan pemecahan masalah melalui eksplorasi Tipografi ini bermaksud membuat tradisi ornamentasi ukir tradisional Sumenep menjadi akrab di keseharian dalam medium yang berbeda, yaitu berupa perancangan typeface baru jenis display type dan text type hasil dari eksplorasi bentuk karakter motif ukir tersebut ke dalam anatomi bentuk huruf latin yang kemudian diberi nama Maduranesia Typeface. Eksplorasi Tipografi dipilih sebagai strategi solutif karena medium Tipografi sangat akrab dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari serta sifatnya yang aplikatif-implementatif sesuai dengan konsumsi masyarakat modern yang erat serta dekat dengan budaya komunikasi verbal dan visual saat ini, serta dapat dinikmati dalam jangka waktu yang tak terbatas. Dalam konteks yang lebih besar, Maduranesia Typeface dihadirkan dalam rangka menawarkan solusi alternatif untuk mengatasi krisis identitas budaya serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan pada budaya sendiri yang merepresentasikan muatan budaya seni ukir Sumenep sebagai bagian kekayaan budaya nasional yang mencerminkan kepribadian dan keluhuran budaya Indonesia, sekaligus memunculkan citra Sumenep (Madura) sebagai daerah penghasil ukiran di Indonesia yang bersaing. Sehingga unsur budaya yang ditunjukkan dan dipresentasikan dalam huruf dapat semakin populer, bahkan semakin mendapat pengakuan di mata dunia, dan identitas kebangsaan Indonesia tetap terjaga. Perancangan typeface bernuansa kearifan lokal ini bukan bermaksud mengedepankan rasa kedaerahan, namun sentuhan kearifan lokal (berbasis kekhasan daerah) justru digunakan untuk memunculkan kekuatan nusantara dalam mengekspresikan karakter bangsa melalui eksplorasi Tipografi. Hasil perancangan typeface dengan sentuhan lokal tersebut sekaligus diharapkan dapat memperkaya dan menginspirasi pengekplorasian aksara latin yang memunculkan kekuatan budaya Indonesia Yogyakarta xxxiv, 413 hlm,; ilus., lamp., 30 cm S1/DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Madura
Sumenep
ukir
typoface
typografi
S1/DK
spellingShingle Madura
Sumenep
ukir
typoface
typografi
S1/DK
NOORDYANTO, Naufan
Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura
description Perancangan typeface yang mengadaptasi karakter visual ragam hias motif sulur ukiran tradisional Sumenep pada dasarnya merupakan respon kreatif yang dilakukan dalam ranah Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk meningkatkan kesadaran (awareness) masyarakat dengan mengenalkan intangible heritage berupa ragam hias ukir khas dari kabupaten Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur, yang kaya historis, filosofis, dan pengaruh dari berbagai kebudayaan masa lampau, namun selama ini sedikit diketahui. Pendekatan pemecahan masalah melalui eksplorasi Tipografi ini bermaksud membuat tradisi ornamentasi ukir tradisional Sumenep menjadi akrab di keseharian dalam medium yang berbeda, yaitu berupa perancangan typeface baru jenis display type dan text type hasil dari eksplorasi bentuk karakter motif ukir tersebut ke dalam anatomi bentuk huruf latin yang kemudian diberi nama Maduranesia Typeface. Eksplorasi Tipografi dipilih sebagai strategi solutif karena medium Tipografi sangat akrab dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari serta sifatnya yang aplikatif-implementatif sesuai dengan konsumsi masyarakat modern yang erat serta dekat dengan budaya komunikasi verbal dan visual saat ini, serta dapat dinikmati dalam jangka waktu yang tak terbatas. Dalam konteks yang lebih besar, Maduranesia Typeface dihadirkan dalam rangka menawarkan solusi alternatif untuk mengatasi krisis identitas budaya serta menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan pada budaya sendiri yang merepresentasikan muatan budaya seni ukir Sumenep sebagai bagian kekayaan budaya nasional yang mencerminkan kepribadian dan keluhuran budaya Indonesia, sekaligus memunculkan citra Sumenep (Madura) sebagai daerah penghasil ukiran di Indonesia yang bersaing. Sehingga unsur budaya yang ditunjukkan dan dipresentasikan dalam huruf dapat semakin populer, bahkan semakin mendapat pengakuan di mata dunia, dan identitas kebangsaan Indonesia tetap terjaga. Perancangan typeface bernuansa kearifan lokal ini bukan bermaksud mengedepankan rasa kedaerahan, namun sentuhan kearifan lokal (berbasis kekhasan daerah) justru digunakan untuk memunculkan kekuatan nusantara dalam mengekspresikan karakter bangsa melalui eksplorasi Tipografi. Hasil perancangan typeface dengan sentuhan lokal tersebut sekaligus diharapkan dapat memperkaya dan menginspirasi pengekplorasian aksara latin yang memunculkan kekuatan budaya Indonesia
format Tugas Akhir
author NOORDYANTO, Naufan
author_facet NOORDYANTO, Naufan
author_sort NOORDYANTO, Naufan
title Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura
title_short Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura
title_full Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura
title_fullStr Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura
title_full_unstemmed Perancangan Maduranesia Typeface Terinspirasi Dari Ragam Hias Motif Sulur Pada Ukiran Tradisional Sumenep Madura
title_sort perancangan maduranesia typeface terinspirasi dari ragam hias motif sulur pada ukiran tradisional sumenep madura
publisher Fakultas Seni Rupa ISI
publishDate 2014
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=30167
_version_ 1741199785628532737