Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan
Kebutuhan akan produk popok sekali pakai semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut berdampak pada pencemaran lingkungan dengan adanya penumpukan jumlah sampah bekas pakai. Sampah tersebut merupakan jenis sampah produk yang sulit terurai oleh mikroorganisme sehingga jika dibiarkan akan semakin men...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Partitur/Praktek Musik |
Language: | Indonesian |
Published: |
Fakultas Seni Rupa ISI
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33185 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-33185 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-331852017-03-07T10:24:02Z Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan RAHAYU, Yayu Ramah Lingkungan popok solusi cloth diaper Perancangan Fakultas Seni Rupa ISI 2016 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33185 DK/Rah/p/2016 Kebutuhan akan produk popok sekali pakai semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut berdampak pada pencemaran lingkungan dengan adanya penumpukan jumlah sampah bekas pakai. Sampah tersebut merupakan jenis sampah produk yang sulit terurai oleh mikroorganisme sehingga jika dibiarkan akan semakin menumpuk. Perancangan ini dibuat sebagai solusi untuk mengurangi dampak sampah popok sekali pakai dengan mengarahkan target audience beralih menggunakan cloth diaper atau clodi sebagai solusi popok ramah lingkungan. Melalui gerakan kampanye “Clodi Yuk” membidik masyarakat dengan lingkup yang terkecil di sebuah desa sebagai sample perancangan. Sample desa yang menjadi objek penelitian secara geografis dan demografis merupakan desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Melalui penyebaran kuesioner kepada target audience menunjukan bahwa di desa tersebut masih kurangnya kesadaran warga dalam pembuangan sampah bekas pakai terutama sampah popok sekali pakai. Komunikasi dari gerakan ini menggunakan bahasa keseharian yang ringan agar lebih mudah difahami dan pesan sampai kepada target sasaran yang dituju. Komunikasi yang disampaikan melalui manfaat yang dapat ditimbulkan dari penggunaan clodi ini dari segi lingkungan, segi keuangan, segi fashion dan kreasi. Tema utama berawal dari Target yang dituju yaitu ibu rumah tangga yang memiliki anak. Komunikasi terdekat antara ibu dan anak pada masa balita yaitu bermain dan belajar. Maka tema utama dari perancangan yaitu “Clodi Multi Kreasi” clodi yang hanya berfungsi sebagai popok dapat menjadi sarana bermain anak. “Clodi Multi Kreasi” ini dapat menarik perhatian dan menarik minat para ibu untuk mengenal hingga sampai pada tujuan utama menggunakan Yogyakarta xix, 139 hal.: ilus., lamp., 30 cm S1/DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Ramah Lingkungan popok solusi cloth diaper Perancangan S1/DK |
spellingShingle |
Ramah Lingkungan popok solusi cloth diaper Perancangan S1/DK RAHAYU, Yayu Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan |
description |
Kebutuhan akan produk popok sekali pakai semakin hari semakin meningkat. Hal tersebut berdampak pada pencemaran lingkungan dengan adanya penumpukan jumlah sampah bekas pakai. Sampah tersebut merupakan jenis sampah produk yang sulit terurai oleh mikroorganisme sehingga jika dibiarkan akan semakin menumpuk. Perancangan ini dibuat sebagai solusi untuk mengurangi dampak sampah popok sekali pakai dengan mengarahkan target audience beralih menggunakan cloth diaper atau clodi sebagai solusi popok ramah lingkungan. Melalui gerakan kampanye “Clodi Yuk” membidik masyarakat dengan lingkup yang terkecil di sebuah desa sebagai sample perancangan. Sample desa yang menjadi objek penelitian secara geografis dan demografis merupakan desa Tawangbanteng Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya. Melalui penyebaran kuesioner kepada target audience menunjukan bahwa di desa tersebut masih kurangnya kesadaran warga dalam pembuangan sampah bekas pakai terutama sampah popok sekali pakai. Komunikasi dari gerakan ini menggunakan bahasa keseharian yang ringan agar lebih mudah difahami dan pesan sampai kepada target sasaran yang dituju. Komunikasi yang disampaikan melalui manfaat yang dapat ditimbulkan dari penggunaan clodi ini dari segi lingkungan, segi keuangan, segi fashion dan kreasi. Tema utama berawal dari Target yang dituju yaitu ibu rumah tangga yang memiliki anak. Komunikasi terdekat antara ibu dan anak pada masa balita yaitu bermain dan belajar. Maka tema utama dari perancangan yaitu “Clodi Multi Kreasi” clodi yang hanya berfungsi sebagai popok dapat menjadi sarana bermain anak. “Clodi Multi Kreasi” ini dapat menarik perhatian dan menarik minat para ibu untuk mengenal hingga sampai pada tujuan utama menggunakan |
format |
Partitur/Praktek Musik |
author |
RAHAYU, Yayu |
author_facet |
RAHAYU, Yayu |
author_sort |
RAHAYU, Yayu |
title |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan |
title_short |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan |
title_full |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan |
title_fullStr |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan |
title_full_unstemmed |
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Penggunaan Cloth Diaper Sebagai Solusi Popok Ramah Lingkungan |
title_sort |
perancangan komunikasi visual kampanye penggunaan cloth diaper sebagai solusi popok ramah lingkungan |
publisher |
Fakultas Seni Rupa ISI |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33185 |
_version_ |
1741199896692654080 |