Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi

Kebanyakan kecelakaan yang terjadi dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,yaitu kelalaian pengendara, tidak konsentrasinya pengendara saat berkendara, danmelakukan hal yang tidak wajar saat berkendara. Untuk meminimalkan terjadinyakecelakaan yang menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak lagi,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KINASIH, Afusa Nidya
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Media Rekam 2017
Subjects:
FT
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33207
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33207
record_format oai_dc
spelling isilib-332072017-03-08T13:49:32Z Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi KINASIH, Afusa Nidya persepsi iklan layanan masyarakat fotografi Fakultas Seni Media Rekam 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33207 - FT/Kin/a/2017 Kebanyakan kecelakaan yang terjadi dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,yaitu kelalaian pengendara, tidak konsentrasinya pengendara saat berkendara, danmelakukan hal yang tidak wajar saat berkendara. Untuk meminimalkan terjadinyakecelakaan yang menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak lagi, salah satulangkah konkret yang dilakukan pihak Kepolisian adalah dengan dibuatnya iklansebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan emosi pemirsa terhadap fotoiklan layanan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, untukkemudian dianalisis menggunakan teori kritik seni, persepsi, dan emosi. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa semakin artistik dan semakin menarik fotoyang dibuat, maka pesan yang disampaikan fotografer dapat terbaca dengan jelas.Jenis visual yang yang memperlihatkan dampak langsung akibat kurangnyakesadaran saat berkendara akan membuat responden lebih berhati-hati saatberkendara. Selain itu, ketiga foto yang disajikan dapat menyentuh emosiresponden. Hal ini dapat dikatakan bahwa pesan dan informasi yang dibuat olehfotografer dapat tersampaikan dengan baik. Yogyakarta xv, 123 hal.: ilus.; 30 cm. FT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic persepsi
iklan layanan masyarakat
fotografi
FT
spellingShingle persepsi
iklan layanan masyarakat
fotografi
FT
KINASIH, Afusa Nidya
Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi
description Kebanyakan kecelakaan yang terjadi dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor,yaitu kelalaian pengendara, tidak konsentrasinya pengendara saat berkendara, danmelakukan hal yang tidak wajar saat berkendara. Untuk meminimalkan terjadinyakecelakaan yang menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak lagi, salah satulangkah konkret yang dilakukan pihak Kepolisian adalah dengan dibuatnya iklansebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan emosi pemirsa terhadap fotoiklan layanan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif.Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, untukkemudian dianalisis menggunakan teori kritik seni, persepsi, dan emosi. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa semakin artistik dan semakin menarik fotoyang dibuat, maka pesan yang disampaikan fotografer dapat terbaca dengan jelas.Jenis visual yang yang memperlihatkan dampak langsung akibat kurangnyakesadaran saat berkendara akan membuat responden lebih berhati-hati saatberkendara. Selain itu, ketiga foto yang disajikan dapat menyentuh emosiresponden. Hal ini dapat dikatakan bahwa pesan dan informasi yang dibuat olehfotografer dapat tersampaikan dengan baik.
format Tugas Akhir
author KINASIH, Afusa Nidya
author_facet KINASIH, Afusa Nidya
author_sort KINASIH, Afusa Nidya
title Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi
title_short Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi
title_full Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi
title_fullStr Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi
title_full_unstemmed Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi
title_sort aspek persepsi dan emosi pada foto iklan layanan masyarakat “safety riding”: kajian fotografi dengan perspektif psikologi
publisher Fakultas Seni Media Rekam
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33207
_version_ 1741199900597551105