Beatbox Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Individual Ritmis Di Sekolah Musik Alam Yogyakarta
Dalam penelitian ini menjadi objek sebuah sanggar musik yang bernamaSekolah Musik Alam Yogyakarta (SULAM) yang berada di Jalan Siliran Lor 21,RT 12 RW 04, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Sekolah Musik Alammemiliki tiga kelas pembelajaran yang terdiri dari kelas gesek, kelas perkusi, dankelas gi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2017
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33271 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam penelitian ini menjadi objek sebuah sanggar musik yang bernamaSekolah Musik Alam Yogyakarta (SULAM) yang berada di Jalan Siliran Lor 21,RT 12 RW 04, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. Sekolah Musik Alammemiliki tiga kelas pembelajaran yang terdiri dari kelas gesek, kelas perkusi, dankelas gitar. Dalam penelitian ini melalui dua tahap, tahap pertama penelitiandimulai pada tanggal 13 Maret 2016 dengan tahapan pemahaman tentang imitasibunyi dan kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran dasar teknik beatbox dankemudian diakhir materi mengikuti Festival Musik Kreatif di Pascasarjana ISIYogyakarta. Pada tahap ke dua penelitian dilakukan pada tanggal 18 September2016 dengan subjek penelitian penggabungan beatbox dengan instrumen yangsudah mereka pelajari, dengan mengambil sampel pada kelas gesek dan kelasperkusi. Setelah melakukan penelitian ini melalui dua tahap ada hal yangberpengaruh ketika beatbox digabungkan dengan instrumen musik yang sudahdikuasai seorang anak. Pengaruhnya adalah dapat meningkatkan individual ritmisyang terdiri dari tiga hal, yaitu pemahaman ritmis, ketepatan ritmis, dan stabilitastempo. |
---|