Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta

Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karaktersiswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudahsepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzukimerupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikemba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAYOGO, Satriya Hadi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33354
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karaktersiswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudahsepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzukimerupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikembangkan oleh seorang ahlipendidikan musik Jepang yang bernama Shinichi Suzuki. Metode ini sangat populer danmudah diterapkan. Oleh karena itu, metode ini digunakan untuk pembelajaran ekstrakulikulerbiola di SD Teruna Bangsa. Guru memilih menerapkan Metode Suzuki karena metode inimudah dipahami dan dilaksanakan. Pembelajaran biola bagi anak-anak ekstrakurikuler bioladi SD Teruna Bangsa Yogyakarta menggunakan repetoar lagu anak Indonesia untukmemperkaya materi dalam Metode Suzuki tersebut. Untuk lagu anak Indonesia dipilihsebagai media, karena sudah sangat dekat dengan anak-anak Indonesia yaitu Lagu Kasih Ibu.Melalui lagu-lagu anak tersebut anak akan belajar untuk mengenal dan meresapkan dalamhati sehingga akan terbawa dalam semangatnya. ketertarikan siswa tersebut akanmenumbuhkan minat dan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan mediapembelajaran tersebut kiranya dapat ditunjang dengan penggunaan metode pembelajaranyang tepat dan bervariasi, sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti prosespembelajaran yang sedang berlangsung. Diharapkan dapat menarik minat anak-anak untukbelajar biola dan berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar biola. Siswayang belajar menggunakan Metode Suzuki juga cepat dalam menerima dan memahami materiyang diberikan oleh guru.