Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta

Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karaktersiswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudahsepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzukimerupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikemba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAYOGO, Satriya Hadi
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
MS
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33354
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33354
record_format oai_dc
spelling isilib-333542017-03-20T14:15:18Z Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta PRAYOGO, Satriya Hadi Pembelajaran Metode Suzuki Seni Musik FSP ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33354 - MS/Pra/p/2016 Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karaktersiswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudahsepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzukimerupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikembangkan oleh seorang ahlipendidikan musik Jepang yang bernama Shinichi Suzuki. Metode ini sangat populer danmudah diterapkan. Oleh karena itu, metode ini digunakan untuk pembelajaran ekstrakulikulerbiola di SD Teruna Bangsa. Guru memilih menerapkan Metode Suzuki karena metode inimudah dipahami dan dilaksanakan. Pembelajaran biola bagi anak-anak ekstrakurikuler bioladi SD Teruna Bangsa Yogyakarta menggunakan repetoar lagu anak Indonesia untukmemperkaya materi dalam Metode Suzuki tersebut. Untuk lagu anak Indonesia dipilihsebagai media, karena sudah sangat dekat dengan anak-anak Indonesia yaitu Lagu Kasih Ibu.Melalui lagu-lagu anak tersebut anak akan belajar untuk mengenal dan meresapkan dalamhati sehingga akan terbawa dalam semangatnya. ketertarikan siswa tersebut akanmenumbuhkan minat dan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan mediapembelajaran tersebut kiranya dapat ditunjang dengan penggunaan metode pembelajaranyang tepat dan bervariasi, sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti prosespembelajaran yang sedang berlangsung. Diharapkan dapat menarik minat anak-anak untukbelajar biola dan berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar biola. Siswayang belajar menggunakan Metode Suzuki juga cepat dalam menerima dan memahami materiyang diberikan oleh guru. Yogyakarta x, 55 hal.: ilus., not., lamp.; 30 cm. MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Pembelajaran
Metode Suzuki
Seni Musik
MS
spellingShingle Pembelajaran
Metode Suzuki
Seni Musik
MS
PRAYOGO, Satriya Hadi
Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
description Pendidikan musik dipercaya dapat digunakan untuk mendidik dan membentuk karaktersiswa. Melihat pentingnya pendidikan musik pada kehidupan manusia, maka sudahsepantasnya kalau siswa mendapatkan pendidikan musik yang baik dan benar. Metode Suzukimerupakan metode pembelajaran musik moderen yang dikembangkan oleh seorang ahlipendidikan musik Jepang yang bernama Shinichi Suzuki. Metode ini sangat populer danmudah diterapkan. Oleh karena itu, metode ini digunakan untuk pembelajaran ekstrakulikulerbiola di SD Teruna Bangsa. Guru memilih menerapkan Metode Suzuki karena metode inimudah dipahami dan dilaksanakan. Pembelajaran biola bagi anak-anak ekstrakurikuler bioladi SD Teruna Bangsa Yogyakarta menggunakan repetoar lagu anak Indonesia untukmemperkaya materi dalam Metode Suzuki tersebut. Untuk lagu anak Indonesia dipilihsebagai media, karena sudah sangat dekat dengan anak-anak Indonesia yaitu Lagu Kasih Ibu.Melalui lagu-lagu anak tersebut anak akan belajar untuk mengenal dan meresapkan dalamhati sehingga akan terbawa dalam semangatnya. ketertarikan siswa tersebut akanmenumbuhkan minat dan peran serta siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan mediapembelajaran tersebut kiranya dapat ditunjang dengan penggunaan metode pembelajaranyang tepat dan bervariasi, sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti prosespembelajaran yang sedang berlangsung. Diharapkan dapat menarik minat anak-anak untukbelajar biola dan berdampak pada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar biola. Siswayang belajar menggunakan Metode Suzuki juga cepat dalam menerima dan memahami materiyang diberikan oleh guru.
format Tugas Akhir
author PRAYOGO, Satriya Hadi
author_facet PRAYOGO, Satriya Hadi
author_sort PRAYOGO, Satriya Hadi
title Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
title_short Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
title_full Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
title_fullStr Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
title_full_unstemmed Pengembangan Lagu Kasih Ibu Dalam Kegiatan Pembelajaran Ekstrakurikuler Biola Berbasis Metode Suzuki Di Sekolah Dasar Teruna Bangsa Yogyakarta
title_sort pengembangan lagu kasih ibu dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler biola berbasis metode suzuki di sekolah dasar teruna bangsa yogyakarta
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33354
_version_ 1741199928813682689