Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta
Di era globalisasi pada saat ini, pesatnya perkembangan musik tidak lepasdari keinginan masyarakat untuk belajar musik walaupun tidak harus menjadiseorang musisi, oleh karenanya Sekolah Musik Indonesia (SMI) pada tahun 2011membuka cabang di Kota Yogyakarta. SMI sendiri, memiliki programpembelajaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33358 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-33358 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-333582017-03-20T15:06:09Z Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta KALEDASA, Rona Putra Abad piano SMI Yogyakarta Seni Musik FSP ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33358 - MS/Kal/m/2016 Di era globalisasi pada saat ini, pesatnya perkembangan musik tidak lepasdari keinginan masyarakat untuk belajar musik walaupun tidak harus menjadiseorang musisi, oleh karenanya Sekolah Musik Indonesia (SMI) pada tahun 2011membuka cabang di Kota Yogyakarta. SMI sendiri, memiliki programpembelajaran dengan menggunakan sistem metode 3 in 1, sebuah sistempembelajaran yang menggabungkan musik dan teknologi dalam satu kesatuan,ketiga unsur tersebut adalah Private Class, Multimedia Teknologi Lab dan GroupClass. Instrumen yang diajarkan di SMI adalah Drum, Gitar, Piano, Bass, Violin,dan Vocal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitiananalisis deskriptif, langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkansumber acuan penelitian seperti, sumber pustaka, kemudian wawancara langsungterhadap narasumber untuk menggali lebih dalam tentang sistem 3 in 1 agar dapatmendukung penelitian ini, sehingga penulis dapat mendeskripsikan pembelajaranpiano tingkat pemula di SMI Yogyakarta, melalui metode tersebut.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, pembelajaran piano tingkatpemula di SMI Yogyakarta, merupakan pembelajaran tingkat dasar baik itu teorimusik, teknik piano, soflegio, ansambel dan penulisan notasi sebanyak 2 biramadengan menggunakan software Sibelius semua itu digabung menjadi satu dengansebutan 3 in 1. Teori dan praktek yang diajarkan sebatas pengenalan notasi, nilainada, tangganada C Mayor. Tingkat pemula ini merupakan tingkat yang harusdilalui siswa sebelum menuju grade 1. Yogyakarta xiv, 88 hal.: ilus., not., lamp.; 30 cm. MS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
piano SMI Yogyakarta Seni Musik MS |
spellingShingle |
piano SMI Yogyakarta Seni Musik MS KALEDASA, Rona Putra Abad Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
description |
Di era globalisasi pada saat ini, pesatnya perkembangan musik tidak lepasdari keinginan masyarakat untuk belajar musik walaupun tidak harus menjadiseorang musisi, oleh karenanya Sekolah Musik Indonesia (SMI) pada tahun 2011membuka cabang di Kota Yogyakarta. SMI sendiri, memiliki programpembelajaran dengan menggunakan sistem metode 3 in 1, sebuah sistempembelajaran yang menggabungkan musik dan teknologi dalam satu kesatuan,ketiga unsur tersebut adalah Private Class, Multimedia Teknologi Lab dan GroupClass. Instrumen yang diajarkan di SMI adalah Drum, Gitar, Piano, Bass, Violin,dan Vocal.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitiananalisis deskriptif, langkah pertama yang dilakukan adalah mengumpulkansumber acuan penelitian seperti, sumber pustaka, kemudian wawancara langsungterhadap narasumber untuk menggali lebih dalam tentang sistem 3 in 1 agar dapatmendukung penelitian ini, sehingga penulis dapat mendeskripsikan pembelajaranpiano tingkat pemula di SMI Yogyakarta, melalui metode tersebut.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, pembelajaran piano tingkatpemula di SMI Yogyakarta, merupakan pembelajaran tingkat dasar baik itu teorimusik, teknik piano, soflegio, ansambel dan penulisan notasi sebanyak 2 biramadengan menggunakan software Sibelius semua itu digabung menjadi satu dengansebutan 3 in 1. Teori dan praktek yang diajarkan sebatas pengenalan notasi, nilainada, tangganada C Mayor. Tingkat pemula ini merupakan tingkat yang harusdilalui siswa sebelum menuju grade 1. |
format |
Tugas Akhir |
author |
KALEDASA, Rona Putra Abad |
author_facet |
KALEDASA, Rona Putra Abad |
author_sort |
KALEDASA, Rona Putra Abad |
title |
Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
title_short |
Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
title_full |
Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
title_fullStr |
Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Model 3 In 1 Pada Pembelajaran Piano Bagi Siswa Tingkat Pemula Di Sekolah Musik Indonesia Yogyakarta |
title_sort |
model 3 in 1 pada pembelajaran piano bagi siswa tingkat pemula di sekolah musik indonesia yogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33358 |
_version_ |
1741199929579143168 |