Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna

lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogy...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUJARTOYO
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33429
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33429
record_format oai_dc
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Bisma Gugur
sanggit
PD/Suj
spellingShingle Bisma Gugur
sanggit
PD/Suj
SUJARTOYO
Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna
description lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Data pendukung diperoleh dari rekaman pertunjukan wayang kulit yang berbentuk audio visual, naskah pakeliran jangkep, dan balungan lakon.Data pendukung yang berujud audio visual adalah lakon Palasara Krama sajian Ki Hadi Sugito.Data naskah pakeliran jangkep adalah lakon Sentanu Banjut versi Ki Timbul Hadiprayitna yang dibawakan oleh Ki Margiyono.Data balungan lakon meliputi lakonPalasara Krama, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, Rubuhan (Duryudana Gugur), Jumenengan Parikesit, dan Jumenengan Abiyasa.Balungan lakon ini diperoleh dari wawancara dengan para Narasumber yaitu Ki Margiyono, Ki Suka Cerma Manggala, Ki Suwondo Hadiprayitna. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Data pendukung diperoleh dari rekaman pertunjukan wayang kulit yang berbentuk audio visual, naskah pakeliran jangkep, dan balungan lakon.Data pendukung yang berujud audio visual adalah lakon Palasara Krama sajian Ki Hadi Sugito.Data naskah pakeliran jangkep adalah lakon Sentanu Banjut versi Ki Timbul Hadiprayitna yang dibawakan oleh Ki Margiyono.Data balungan lakon meliputi lakonPalasara Krama, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, Rubuhan (Duryudana Gugur), Jumenengan Parikesit, dan Jumenengan Abiyasa.Balungan lakon ini diperoleh dari wawancara dengan para Narasumber yaitu Ki Margiyono, Ki Suka Cerma Manggala, Ki Suwondo Hadiprayitna. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Data pendukung diperoleh dari rekaman pertunjukan wayang kulit yang berbentuk audio visual, naskah pakeliran jangkep, dan balungan lakon.Data pendukung yang berujud audio visual adalah lakon Palasara Krama sajian Ki Hadi Sugito.Data naskah pakeliran jangkep adalah lakon Sentanu Banjut versi Ki Timbul Hadiprayitna yang dibawakan oleh Ki Margiyono.Data balungan lakon meliputi lakonPalasara Krama, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, Rubuhan (Duryudana Gugur), Jumenengan Parikesit, dan Jumenengan Abiyasa.Balungan lakon ini diperoleh dari wawancara dengan para Narasumber yaitu Ki Margiyono, Ki Suka Cerma Manggala, Ki Suwondo Hadiprayitna. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dugaan awal bahwa sanggit lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna berkaitan dengan lakon-lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur.
format Tugas Akhir
author SUJARTOYO
author_facet SUJARTOYO
author_sort SUJARTOYO
title Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna
title_short Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna
title_full Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna
title_fullStr Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna
title_full_unstemmed Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna
title_sort sanggit lakon bisma gugur sajian ki timbul hadiprayitna
publisher Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33429
_version_ 1741199943085850624
spelling isilib-334292017-03-29T09:53:42Z Sanggit Lakon Bisma gugur Sajian Ki Timbul Hadiprayitna SUJARTOYO Bisma Gugur sanggit Jurusan Pedalangan FSP ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33429 PD/Suj/s/2016 lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Data pendukung diperoleh dari rekaman pertunjukan wayang kulit yang berbentuk audio visual, naskah pakeliran jangkep, dan balungan lakon.Data pendukung yang berujud audio visual adalah lakon Palasara Krama sajian Ki Hadi Sugito.Data naskah pakeliran jangkep adalah lakon Sentanu Banjut versi Ki Timbul Hadiprayitna yang dibawakan oleh Ki Margiyono.Data balungan lakon meliputi lakonPalasara Krama, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, Rubuhan (Duryudana Gugur), Jumenengan Parikesit, dan Jumenengan Abiyasa.Balungan lakon ini diperoleh dari wawancara dengan para Narasumber yaitu Ki Margiyono, Ki Suka Cerma Manggala, Ki Suwondo Hadiprayitna. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Data pendukung diperoleh dari rekaman pertunjukan wayang kulit yang berbentuk audio visual, naskah pakeliran jangkep, dan balungan lakon.Data pendukung yang berujud audio visual adalah lakon Palasara Krama sajian Ki Hadi Sugito.Data naskah pakeliran jangkep adalah lakon Sentanu Banjut versi Ki Timbul Hadiprayitna yang dibawakan oleh Ki Margiyono.Data balungan lakon meliputi lakonPalasara Krama, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, Rubuhan (Duryudana Gugur), Jumenengan Parikesit, dan Jumenengan Abiyasa.Balungan lakon ini diperoleh dari wawancara dengan para Narasumber yaitu Ki Margiyono, Ki Suka Cerma Manggala, Ki Suwondo Hadiprayitna. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Data pendukung diperoleh dari rekaman pertunjukan wayang kulit yang berbentuk audio visual, naskah pakeliran jangkep, dan balungan lakon.Data pendukung yang berujud audio visual adalah lakon Palasara Krama sajian Ki Hadi Sugito.Data naskah pakeliran jangkep adalah lakon Sentanu Banjut versi Ki Timbul Hadiprayitna yang dibawakan oleh Ki Margiyono.Data balungan lakon meliputi lakonPalasara Krama, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, Rubuhan (Duryudana Gugur), Jumenengan Parikesit, dan Jumenengan Abiyasa.Balungan lakon ini diperoleh dari wawancara dengan para Narasumber yaitu Ki Margiyono, Ki Suka Cerma Manggala, Ki Suwondo Hadiprayitna. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dugaan awal bahwa sanggit lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna berkaitan dengan lakon-lakon wayang yang lain. Hal ini dapat ditempuh dengan cara memahami dan mengidentifikasi adegan pada lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna. Data utama penelitian ini berupa rekaman audio visual berbentuk pita kaset yang diperoleh dari koleksi rekaman pertunjukan wayang kulit purwa RRI Yogyakarta.Adapun rekaman ini merupakan hasil dari pertunjukan wayang kulit semalam suntuk yang disajikan Ki Timbul Hadiprayitna pada bulan Agustus 1973 di gedung Istora Senayan Jakarta. Analisis dilakukan dengan mencari hubungan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada lakon Bisma Gugur dengan lakon-lakon wayang yang lain yang merupakan tradisi pedalangan Yogyakarta. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa, lakon Bisma Gugur sajian Ki Timbul Hadiprayitna merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon terdahulu. Hal ini dibuktikan dalam penelitian ini bahwa lakon Bisma Gugur menjadi muara lakon-lakon seperti lakon Palasara Krama, Sentanu Banjut, Pandhawa Kumpul, Pandhawa Dadu, Babat Alas Mrentani, Kresna Gugah, dan Jumenengan Abiyasa.Sedangkan lakon Rubuhan (Duryudana Gugur) dan Jumenengan Parikesit merupakan lakon yang berkaitan dengan lakon Bisma Gugur. Yogyakarta xiii, 142 hlm: 30 cm PD/Suj http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png