Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun

Perkembangan teknologi terutama gadget sangatlah pesat dan cepat. Berbagai kalangan usia dapat menggunakan gadget untuk memperoleh segala informasi, apalagi dengan adanya internet yang dapat diakses melalui gadget tersebut. Termasuk kalangan remaja yang memiliki kisaran usia 11-16 tahun. Namun, perk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WICAKSONO, Antonius Dito
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Fakultas Seni Rupa ISI 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33434
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33434
record_format oai_dc
spelling isilib-334342017-03-29T13:08:12Z Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun WICAKSONO, Antonius Dito Teknologi iklan layanan masyarakat Kampanye sosial Fakultas Seni Rupa ISI 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33434 DK/Wic/p/2016 Perkembangan teknologi terutama gadget sangatlah pesat dan cepat. Berbagai kalangan usia dapat menggunakan gadget untuk memperoleh segala informasi, apalagi dengan adanya internet yang dapat diakses melalui gadget tersebut. Termasuk kalangan remaja yang memiliki kisaran usia 11-16 tahun. Namun, perkembangan itu tidak disertai dengan pemahaman orang tua tentang pengawasan yang baik pada penggunaan gadget anaknya terutama pada pengawasan konten-konten internet yang mengandung unsur pornografi dan kekerasan.Akibatnya banyak kasus sosial yang terjadi terutama di Indonesia akibat imbas dari kurangnya pengawasan orang tua pada penggunaan gadget anaknya tersebut.Perancangan kampanye sosial, merupakan salah satu cara untuk berperan aktif dalam membangun kesadaran orang tua dalam pengawasan pada penggunaan gadget anak mereka. Perancangan dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kepada target audience,baik melalui kuesioner maupun wawancara langsung agar pemilihan media penyampaian pesan dapat tepat sasaran. Dari hasil analisis yang dilakuan dipilihlah media penyampaian yang tepat berupa iklan layanan masyarakat berdurasi 30-50 detik yang kemudian menjadi media utama dalam penyampaian pesan. Iklan layanan masyarakat ini akan menyasar penayangan melalui giant screen di beberapa titik strategis di kota Yogyakarta, ini dirasa tepat karena giant screen memiliki daya tarik lebih dan dapat dilihat oleh khalayak luas. Selain itu pesan dapat tersampaikan melalui iklan dengan durasi singkat yang memanfaatkan waktu luang yang dimiliki audiencesaat bermobilitas. Melalui iklan layanan masyarakat ini, tujuan dari kampanye sosial dapat terkomunikasikan dengan baik dan mencakup banyak audience.Dengan gaya visual yang mengambil genre film drama yang memiliki ciri menunjukan kisah dengan seting kehidupan nyata, tujuan dari kampanye sosial untuk menumbuhkan kesadaran target audience dapat terwujud dengan baik Yogyakarta xii, 129 hal.: ilus., lamp., 30 cm S1/DK/ http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Teknologi
iklan layanan masyarakat
Kampanye sosial
S1/DK/
spellingShingle Teknologi
iklan layanan masyarakat
Kampanye sosial
S1/DK/
WICAKSONO, Antonius Dito
Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun
description Perkembangan teknologi terutama gadget sangatlah pesat dan cepat. Berbagai kalangan usia dapat menggunakan gadget untuk memperoleh segala informasi, apalagi dengan adanya internet yang dapat diakses melalui gadget tersebut. Termasuk kalangan remaja yang memiliki kisaran usia 11-16 tahun. Namun, perkembangan itu tidak disertai dengan pemahaman orang tua tentang pengawasan yang baik pada penggunaan gadget anaknya terutama pada pengawasan konten-konten internet yang mengandung unsur pornografi dan kekerasan.Akibatnya banyak kasus sosial yang terjadi terutama di Indonesia akibat imbas dari kurangnya pengawasan orang tua pada penggunaan gadget anaknya tersebut.Perancangan kampanye sosial, merupakan salah satu cara untuk berperan aktif dalam membangun kesadaran orang tua dalam pengawasan pada penggunaan gadget anak mereka. Perancangan dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kepada target audience,baik melalui kuesioner maupun wawancara langsung agar pemilihan media penyampaian pesan dapat tepat sasaran. Dari hasil analisis yang dilakuan dipilihlah media penyampaian yang tepat berupa iklan layanan masyarakat berdurasi 30-50 detik yang kemudian menjadi media utama dalam penyampaian pesan. Iklan layanan masyarakat ini akan menyasar penayangan melalui giant screen di beberapa titik strategis di kota Yogyakarta, ini dirasa tepat karena giant screen memiliki daya tarik lebih dan dapat dilihat oleh khalayak luas. Selain itu pesan dapat tersampaikan melalui iklan dengan durasi singkat yang memanfaatkan waktu luang yang dimiliki audiencesaat bermobilitas. Melalui iklan layanan masyarakat ini, tujuan dari kampanye sosial dapat terkomunikasikan dengan baik dan mencakup banyak audience.Dengan gaya visual yang mengambil genre film drama yang memiliki ciri menunjukan kisah dengan seting kehidupan nyata, tujuan dari kampanye sosial untuk menumbuhkan kesadaran target audience dapat terwujud dengan baik
format Tugas Akhir
author WICAKSONO, Antonius Dito
author_facet WICAKSONO, Antonius Dito
author_sort WICAKSONO, Antonius Dito
title Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun
title_short Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun
title_full Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun
title_fullStr Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun
title_full_unstemmed Perancangan Kampanye Sosial Bahaya Konten Internet Yang Mengandung Unsur Pornografi Dan Kekerasan Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 11 – 16 Tahun
title_sort perancangan kampanye sosial bahaya konten internet yang mengandung unsur pornografi dan kekerasan dalam penggunaan gadget pada anak usia 11 – 16 tahun
publisher Fakultas Seni Rupa ISI
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33434
_version_ 1741199944032714753