Analisis Improvisasi Bass Christian Mcbride Pada Lagu “Day By Day” Karya Weston-Strodahl Pada Acara The Mid Atlantic Jazz Festival Rockville, Marryland, Amerika Serikat

Musik memiliki banyak genre dan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya kehidupan manusia. Salah satunya genre yang paling terkenal ialah musik jazz. Musik jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 yang berakar dari musik Afrika dan Eropa. Perkembangan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HARAHAP, Muhammad Sutan Mulia
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSP ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33562
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Musik memiliki banyak genre dan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya kehidupan manusia. Salah satunya genre yang paling terkenal ialah musik jazz. Musik jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 yang berakar dari musik Afrika dan Eropa. Perkembangan musik jazz bisa dikatakan lebih cepat , artinya dalam kurun waktu hanya beberapa dekade telah melahirkan beberapa aliran yang cukup signifikan perbedaanya. Dapat dikatakan hampir setiap dekade memunculkan aliran baru dengan gaya dan tokohnya masing-masing. Dalam karya tulis ini akan dibahas tentang analisis improvisasi Christian Mcbride pada lagu “day by day” karya Weston-Strodahl. Lagu ini dibawakan dalam resital bass yang berjudul “A Wait a Minute” pada tanggal 18 Mei 2016 pukul 20.00 WIB di gedung Auditorium Musik Institut Seni Yogyakarta. Setelah melalui peneletian dengan menggunakan metode kualitatif, improvisasi Chirstian McBride pada lagu “day by day” banyak menarik hal untuk diteliti, yaitu meliputi analisis bentuk lagu asli lagu day by day , progresi akor, improvisasi, penggunaan macam tangga nada seperti G Ionian, E minor pentatonik, E minor harmonis. Hasil penelitian pada improvisasi Christian McBride adalah banyaknya pengulangan motif, pemakaian tangga nada , passing note, dan pengembangan motif dengan jarak half whole yaitu ½ - 1 – ½ - 1 – ½ -1 – ½ - 1- ½.