Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan

Batik sebagai kekayaan tradisi Indonesia sebaiknya mampu bersaing di pasarregional dan nasional. Untuk itu, dibutuhkan berbagai inovasi pengembangan.Inovasi itu tidak hanya sebatas pemasaran, tetapi juga peningkatan pasar IKM(Industri Kecil dan Menengah) batik itu sendiri. Perkembangan persaingan pa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MARDIANA, Christin
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33654
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33654
record_format oai_dc
spelling isilib-336542017-04-28T14:03:18Z Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan MARDIANA, Christin IKM Batik Pemasaran Tatakelola Seni PPS ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33654 - TES/MTS/Mar/s/2016 Batik sebagai kekayaan tradisi Indonesia sebaiknya mampu bersaing di pasarregional dan nasional. Untuk itu, dibutuhkan berbagai inovasi pengembangan.Inovasi itu tidak hanya sebatas pemasaran, tetapi juga peningkatan pasar IKM(Industri Kecil dan Menengah) batik itu sendiri. Perkembangan persaingan pasaryang ketat sudah mempengaruhi kehidupan perekonomian regional maupunnasional. Di Pamekasan, produk IKM yang bernilai ekonomi kreatif yaitu batikPamekasan, Madura sebaiknya dikembangkan agar kompetitif di persaingan pasarregional dan nasional saat ini.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan pemasaran yang ada dandapat ditingkatkan di Kabupaten Pamekasan sesuai dengan riset dan analisis pasaryang dilakukan, menganalisa faktor lingkungan eksternal dan internal yangdihadapi oleh sentra IKM batik di Desa Klampar, Kecamatan Proppo KabupatenPamekasan. Analisis pasar perlu dilakukan dengan meninjau jenis pasarproduknya, motif dan perilaku, segmen pasar dan penentu sasaran pasarnya.Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik wawancaramendalam dan observasi, yang didukung dengan data kuantitatif secara spesifiksebagai studi awal analisis dalam penelitian ini akan menjelaskan jenis produk,ciri khas produk, proses produksi, harga produk, distribusi produk, cara /sistempemasaran dan segmentasi pasar serta proses produksi.Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi bagi pemerintah DaerahPamekasan untuk mengembangkan pemasaran batik Madura di Pamekasan untukdijadikan komoditi industri yang dapat menunjang potensi Madura sebagaikawasan pariwisata dan pengembangan produk branding di Kabupaten/KotaPamekasan. Yogyakarta xiv, 176 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. TES/MTS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic IKM Batik
Pemasaran
Tatakelola Seni
TES/MTS
spellingShingle IKM Batik
Pemasaran
Tatakelola Seni
TES/MTS
MARDIANA, Christin
Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
description Batik sebagai kekayaan tradisi Indonesia sebaiknya mampu bersaing di pasarregional dan nasional. Untuk itu, dibutuhkan berbagai inovasi pengembangan.Inovasi itu tidak hanya sebatas pemasaran, tetapi juga peningkatan pasar IKM(Industri Kecil dan Menengah) batik itu sendiri. Perkembangan persaingan pasaryang ketat sudah mempengaruhi kehidupan perekonomian regional maupunnasional. Di Pamekasan, produk IKM yang bernilai ekonomi kreatif yaitu batikPamekasan, Madura sebaiknya dikembangkan agar kompetitif di persaingan pasarregional dan nasional saat ini.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kegiatan pemasaran yang ada dandapat ditingkatkan di Kabupaten Pamekasan sesuai dengan riset dan analisis pasaryang dilakukan, menganalisa faktor lingkungan eksternal dan internal yangdihadapi oleh sentra IKM batik di Desa Klampar, Kecamatan Proppo KabupatenPamekasan. Analisis pasar perlu dilakukan dengan meninjau jenis pasarproduknya, motif dan perilaku, segmen pasar dan penentu sasaran pasarnya.Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik wawancaramendalam dan observasi, yang didukung dengan data kuantitatif secara spesifiksebagai studi awal analisis dalam penelitian ini akan menjelaskan jenis produk,ciri khas produk, proses produksi, harga produk, distribusi produk, cara /sistempemasaran dan segmentasi pasar serta proses produksi.Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi bagi pemerintah DaerahPamekasan untuk mengembangkan pemasaran batik Madura di Pamekasan untukdijadikan komoditi industri yang dapat menunjang potensi Madura sebagaikawasan pariwisata dan pengembangan produk branding di Kabupaten/KotaPamekasan.
format Tugas Akhir
author MARDIANA, Christin
author_facet MARDIANA, Christin
author_sort MARDIANA, Christin
title Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
title_short Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
title_full Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
title_fullStr Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
title_full_unstemmed Strategi Pengembangan Pemasaran Produk IKM Batik Pamekasan Madura Studi Pada Sentra Batik Di Desa Klampar Kecamatan Proppo, Pamekasan
title_sort strategi pengembangan pemasaran produk ikm batik pamekasan madura studi pada sentra batik di desa klampar kecamatan proppo, pamekasan
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33654
_version_ 1741199985794351104