Javanese gamelan and the west
Buku ini mengupas arsip sejarah dibidang seni karawitan dan menelusuri adaptasi budaya dalam seni gamelan sebagai hasil dari penjajahan Barat di Jawa abad kesembilan belas, yang menunjukkan bagaimana praktik musikal dan drama Barat dilakukan oleh para pemain Jawa yang menciptakan bentuk seni Jawa Ba...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Buku Teks |
Language: | English |
Published: |
University of Rochester Press
2013
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33672 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Buku ini mengupas arsip sejarah dibidang seni karawitan dan menelusuri adaptasi budaya dalam seni gamelan sebagai hasil dari penjajahan Barat di Jawa abad kesembilan belas, yang menunjukkan bagaimana praktik musikal dan drama Barat dilakukan oleh para pemain Jawa yang menciptakan bentuk seni Jawa Barat yang hibrida, Seperti dengan diperkenalkannya band-band kuningan di gendhing mares court music dan tanjidor Jawa Barat, dan idiom-teologi teater Barat dalam wayang wayang kontemporer. Buku ini juga meneliti penyajian gamelan Jawa ke Barat, yang merinci pertunjukan di World's Fairs and American academia dan mempertimbangkan pengaruhnya terhadap seni pertunjukan dan pertunjukan musik dan pertunjukan Barat. Hasil akhirnya adalah perlakuan komprehensif terhadap pembentukan gamelan Jawa modern dan melihat bagaimana bentuk seni mendramatisasi perubahan dan perkembangan budaya. Sumarsam adalah Profesor Musik Universitas Wesleyan. Dia adalah penulis Gamelan: Interaksi Budaya dan Pengembangan Musik di Jawa Tengah (University of Chicago Press, 1995) dan banyak artikel dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Sebagai musisi gamelan dan amatir dhalang (dalang) wayang wayang Jawa, dia melakukan, mengadakan workshop, dan kuliah di seluruh AS, Australia, Eropa, dan Asia. |
---|