Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar

Meningkatnya minat orang-orang untuk mengunjungi suatu tempat wisata belakang ini menjadi sebuah peluanguntuk mengembangkan suatu daerah untuk dapat memajukan sector pariwisatanya. Mengingat kemajuan teknologi dan maraknya penggunaan sosial media, menjadikan tren berfoto dan membagikannya ke sosial...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WICAKSONO, Rahardhian Galang
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
DK
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33707
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33707
record_format oai_dc
spelling isilib-337072017-05-18T15:03:03Z Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar WICAKSONO, Rahardhian Galang identitas visual Ambarawa promosi pariwisata City Branding FSR ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33707 - DK/Wic/p/2016 Meningkatnya minat orang-orang untuk mengunjungi suatu tempat wisata belakang ini menjadi sebuah peluanguntuk mengembangkan suatu daerah untuk dapat memajukan sector pariwisatanya. Mengingat kemajuan teknologi dan maraknya penggunaan sosial media, menjadikan tren berfoto dan membagikannya ke sosial media sebagai ajang eksistensi meningkat tajam.Perkembangan jaman tersebut kemudian menjadi salah satu alas an kota Ambarawa ingin mengembangkan kotanya menjadi salah satu destinasi wisata. Didukung letaknya yang strategis, yakni persimpangan jalur Yogya-Semarang dan Solo Semarang yang sering disebut Kawasan Joglo Semar, ditambah potensi objek wisata yang cukup menarik untuk ditawarkan ,menjadikan pemerintah daerahnya berfikir untuk mulai mempromosikan Ambarawa dengan berbagai jalan. Namun, ada beberapa langkah yang ditempuh masih dirasakurang efektif untuk mempromosikanya. Kekurangan yang dimiliki oleh kota Ambarawa ialah belum adanya identitas atau brand yang memayunginya, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang jelas yang seharunya dimiliki ketika hendak melakukan sebuah promosi.Hal tersebutlah yang kemudian melatarbelakangi penulis untuk mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand ataui dentitas visual yang jelas bagi Ambarawa. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. Metode perancangannya sendiridi mulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus yang ada di Ambarawa, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Ambarawa. Yogyakarta xvii, 100 hal.: ilus.: lamp.; 30 cm DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic identitas visual
Ambarawa
promosi
pariwisata
City Branding
DK
spellingShingle identitas visual
Ambarawa
promosi
pariwisata
City Branding
DK
WICAKSONO, Rahardhian Galang
Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar
description Meningkatnya minat orang-orang untuk mengunjungi suatu tempat wisata belakang ini menjadi sebuah peluanguntuk mengembangkan suatu daerah untuk dapat memajukan sector pariwisatanya. Mengingat kemajuan teknologi dan maraknya penggunaan sosial media, menjadikan tren berfoto dan membagikannya ke sosial media sebagai ajang eksistensi meningkat tajam.Perkembangan jaman tersebut kemudian menjadi salah satu alas an kota Ambarawa ingin mengembangkan kotanya menjadi salah satu destinasi wisata. Didukung letaknya yang strategis, yakni persimpangan jalur Yogya-Semarang dan Solo Semarang yang sering disebut Kawasan Joglo Semar, ditambah potensi objek wisata yang cukup menarik untuk ditawarkan ,menjadikan pemerintah daerahnya berfikir untuk mulai mempromosikan Ambarawa dengan berbagai jalan. Namun, ada beberapa langkah yang ditempuh masih dirasakurang efektif untuk mempromosikanya. Kekurangan yang dimiliki oleh kota Ambarawa ialah belum adanya identitas atau brand yang memayunginya, sehingga belum ada arahan, atau identitas visual yang jelas yang seharunya dimiliki ketika hendak melakukan sebuah promosi.Hal tersebutlah yang kemudian melatarbelakangi penulis untuk mengupayakan sebuah rancangan yang menarik sebagai wujud perancangan brand ataui dentitas visual yang jelas bagi Ambarawa. Dalam hal ini, perancangan diwujudkan dalam Perancangan City Branding. Metode perancangannya sendiridi mulai dari tahap pengumpulan data, melakukan studi visual dan studi kasus yang ada di Ambarawa, yang kemudian barulah dibuat konsep dan diwujudkan menjadi sebuah rancangan identitas visual beserta promosi yang jelas bagi Ambarawa.
format Tugas Akhir
author WICAKSONO, Rahardhian Galang
author_facet WICAKSONO, Rahardhian Galang
author_sort WICAKSONO, Rahardhian Galang
title Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar
title_short Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar
title_full Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar
title_fullStr Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar
title_full_unstemmed Perancangan City Branding Kota Ambarawa sebagai Pembentuk Identitas Kawasan Penyangga Joglosemar
title_sort perancangan city branding kota ambarawa sebagai pembentuk identitas kawasan penyangga joglosemar
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33707
_version_ 1741199995864875008