Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”

Wayang Kampung Sebelah (WKS) merupakan salah satu kelompok pertunjukan seni wayang kulit genre baru yang fenomenal di masyarakat sekarang ini serta digemari oleh banyak kalangan. Sepak terjangnya dalam pertunjukan seni wayang yang inovatif dan kreatif berimplikasi pada metode pemasaran yang dikemban...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33731
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33731
record_format oai_dc
spelling isilib-337312017-05-26T14:32:04Z Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah” SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo Dalang Tatakelola Seni Strategi Pemasaran PPS ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33731 - TES/MTS/Sit/s/2016 Wayang Kampung Sebelah (WKS) merupakan salah satu kelompok pertunjukan seni wayang kulit genre baru yang fenomenal di masyarakat sekarang ini serta digemari oleh banyak kalangan. Sepak terjangnya dalam pertunjukan seni wayang yang inovatif dan kreatif berimplikasi pada metode pemasaran yang dikembangkannya sehingga mampu menarik perhatian masyarakat terhadap karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan WKS digemari banyak kalangan, metode pemasaran yang digunakan oleh WKS serta tantangan yang dihadapi WKS dalam membuat inovasi pertunjukan wayang. Teori yang melandasi penelitian ini mengacu pada konsep segmentasi yang meliputi segmentation, targeting dan positioning (STP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan teori strategi pemasaran dengan pendekatan studi kasus tipe instrumen tunggal menggunakan 3 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalang WKS dalam bercerita dan berkomunikasi dengan penonton susah ditiru karena merupakan talenta yang dimiliki oleh seseorang secara individual sehingga menarik penonton larut dalam cerita yang disampaikan. Strategi pemasaran WKS pada tahap segmentation dilakukan secara geographis dengan mempromosikan pertunjukan terhadap masyarakat desa, yang dalam perkembangannya semua kalangan usia dan pendidikan akhirnya menjadi penonton pertunjukan kelompok ini. Pada tahap targeting WKS tidak memilih secara khusus konsumen yang menjadi target pemasarannya dikarenakan pedoman yang dipegang oleh WKS, yaitu bahwa wayang harus bisa dinikmati oleh semua kalangan. Sedangkan pada tahap positioning, WKS telah berhasil memposisikan diri sebagai kelompok wayang yang unik dan susah ditiru oleh kelompok wayang lainnya meski ide pertunjukannya banyak mengacu pada gaya pertunjukan wayang tradisional yang telah lama ditinggalkan. WKS menerapkan empat tingkatan harga di dalam upaya memasarkan karya mereka yang meliputi serangan desa, serangan pentas bersubsidi, komersial publik dan komersial profesional. Tantangan dalam berkarya lebih banyak berasal dari faktor internal, yaitu mempertahankan semangat berkarya kelompok. sedangkan dari faktor eksternal tidak ada hambatan yang berarti namun dibutuhkan waktu cukup lama bagi WKS untuk dapat diterima oleh kalangan intelektual (akademis). Yogyakarta xii, 66 hal.: ilus., lamp.; 30 cm. TES/MTS http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Dalang
Tatakelola Seni
Strategi Pemasaran
TES/MTS
spellingShingle Dalang
Tatakelola Seni
Strategi Pemasaran
TES/MTS
SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo
Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”
description Wayang Kampung Sebelah (WKS) merupakan salah satu kelompok pertunjukan seni wayang kulit genre baru yang fenomenal di masyarakat sekarang ini serta digemari oleh banyak kalangan. Sepak terjangnya dalam pertunjukan seni wayang yang inovatif dan kreatif berimplikasi pada metode pemasaran yang dikembangkannya sehingga mampu menarik perhatian masyarakat terhadap karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan WKS digemari banyak kalangan, metode pemasaran yang digunakan oleh WKS serta tantangan yang dihadapi WKS dalam membuat inovasi pertunjukan wayang. Teori yang melandasi penelitian ini mengacu pada konsep segmentasi yang meliputi segmentation, targeting dan positioning (STP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis data dilakukan berdasarkan teori strategi pemasaran dengan pendekatan studi kasus tipe instrumen tunggal menggunakan 3 narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalang WKS dalam bercerita dan berkomunikasi dengan penonton susah ditiru karena merupakan talenta yang dimiliki oleh seseorang secara individual sehingga menarik penonton larut dalam cerita yang disampaikan. Strategi pemasaran WKS pada tahap segmentation dilakukan secara geographis dengan mempromosikan pertunjukan terhadap masyarakat desa, yang dalam perkembangannya semua kalangan usia dan pendidikan akhirnya menjadi penonton pertunjukan kelompok ini. Pada tahap targeting WKS tidak memilih secara khusus konsumen yang menjadi target pemasarannya dikarenakan pedoman yang dipegang oleh WKS, yaitu bahwa wayang harus bisa dinikmati oleh semua kalangan. Sedangkan pada tahap positioning, WKS telah berhasil memposisikan diri sebagai kelompok wayang yang unik dan susah ditiru oleh kelompok wayang lainnya meski ide pertunjukannya banyak mengacu pada gaya pertunjukan wayang tradisional yang telah lama ditinggalkan. WKS menerapkan empat tingkatan harga di dalam upaya memasarkan karya mereka yang meliputi serangan desa, serangan pentas bersubsidi, komersial publik dan komersial profesional. Tantangan dalam berkarya lebih banyak berasal dari faktor internal, yaitu mempertahankan semangat berkarya kelompok. sedangkan dari faktor eksternal tidak ada hambatan yang berarti namun dibutuhkan waktu cukup lama bagi WKS untuk dapat diterima oleh kalangan intelektual (akademis).
format Tugas Akhir
author SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo
author_facet SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo
author_sort SITUMORANG, Setyabudhi Rahardjo
title Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”
title_short Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”
title_full Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”
title_fullStr Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”
title_full_unstemmed Strategi Pemasaran “Wayang Kampung Sebelah”
title_sort strategi pemasaran “wayang kampung sebelah”
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33731
_version_ 1741200000320274432