Perancangan Unconventional Media Promosi Mini Album "Rubah Di Selatan”

Rubah di Selatan merupakan sebuah nama band yang memiliki keunikan dalam karya maupun format instrumennya. Band yang mengusung aliran ethnic folk ini menggabungkan antara instrumen musik tradisi dan modern, juga menggabungkan antara nuansa musik timur dan barat. Karya yang berlatar belakang kearifan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: APRILIAWAN, Gilang Wahyu
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33745
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Rubah di Selatan merupakan sebuah nama band yang memiliki keunikan dalam karya maupun format instrumennya. Band yang mengusung aliran ethnic folk ini menggabungkan antara instrumen musik tradisi dan modern, juga menggabungkan antara nuansa musik timur dan barat. Karya yang berlatar belakang kearifan lokal, budaya, serta tradisi yang dekat dengan masyarakat, dituangkannya kedalam karya dengan rasa modern serta emosi yang kuat sehingga mampu memberikan kesan seakan melayang bagi para pendengarnya. Dengan value Rubah di Selatan yang dituangkannya kedalam 5 buah lagu yang pada nantinya akan dibuat sebuah mini album sebagai wadah karya yang Rubah di Selatan ciptakan. Namun mengingat Rubah di Selatan merupakan band yang terbilang baru, dan mengusung musik yang cenderung unik dan tidak banyak orang yang mengetahui, maka dibutuhkan suatu perancangan promosi untuk dapat menyampaikan pesan dan value yang dimiliki oleh Rubah di Selatan kepada target audiens. Dengan adanya promosi ini diharapkan mampu memperkenalkan melalui “sentuhan” berbeda agar dapat menciptakan suatu awareness dan meningkatkan keingintahuan akan Rubah di Selatan. Melalui sebuah media baru dalam beriklan yaitu unconventional media atau media di luar media konvensional, diharapkan mampu untuk memunculkan pesan yang ingin disampaikan oleh Rubah di Selatan kepada target audiensnya melalui strategi pendekatan yang sesuai dengan behaviour dari target audiens. Dengan merespon singgungan media target audiens yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan Rubah di Selatan, melalui sebuah ambient media yang merupakan bagian dari unconventional media, diharapkan mampu memaksimalkan proses komunikasi antara Rubah di Selatan dan target audiens. Sehingga melalui perancangan ini dapat menjadi sebuah solusi promosi memperkenalkan band baru dan musiknya yang unik agar dapat mencapai target terciptanya awareness dan keingintahuan target audiens kepada Rubah di Selatan. Serta memunculkan value yang dimiliki Rubah di Selatan dalam musiknya melalui media yang terlihat mata atau visual.