Kajian Poster Anti Tank Project Tahun 2008-2015

Poster adalah salah satu output ilmu Desain Komunikasi Visual yang sejak lama di percaya sebagai media komunikasi. Poster biasanya berisi pengumuman atau iklan, bertujuan untuk menyebarkan informasi baik komersial ataupun non komersial. Kini di era demokrasi poster pun menjadi ajang untuk menyampaik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATAMA, Hendy Murti Sagita
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33746
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Poster adalah salah satu output ilmu Desain Komunikasi Visual yang sejak lama di percaya sebagai media komunikasi. Poster biasanya berisi pengumuman atau iklan, bertujuan untuk menyebarkan informasi baik komersial ataupun non komersial. Kini di era demokrasi poster pun menjadi ajang untuk menyampaikan pendapat, baik kelompok ataupun individu. Penelitian ini akan mengkaji poster yang telah dibuat oleh Anti Tank Project, yaitu sebuah gerakan yang muncul di Yogyakarta dengan poster-poster sosial politik. Karya-karya Anti Tank Project dapat ditemui di ruas-ruas jalan di Yogyakarta dan memiliki ciri khas tersendiri sehingga karyanya mudah dikenali. Pengkajian ini di lakukan untuk mengetahui simbol-simbol dan makna di balik poster –poster Anti Tank Project. Dengan analisis Semiotika Charles Sanders Peirce, semiotika model ikon, indeks, simbol memperdalam pemahaman makna-makna yang terkandung di dalam poster-poster Anti Tnak Project. Poster-poster Anti Tank Project menggunakan teknik blok vector dengan gaya stensil dan sedikit pengaruh pop art. Gaya penulisan headline yang lugas namun menariknya Anti Tank mengemasnya secara ironi, parody ataupun plesetan, yang membuat kesan kekauan politik atau disiplin politik bisa di terima oleh komunikan remaja sebagai pembangkit perhatian dan kesadaran terhadap kejadian ataupun kebijakan Pemerintah Indonesia.