METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA
Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta pada tahun 2016 memilikikurang lebih 15 guru piano klasik dengan jumlah siswa piano klasik usia 7-10tahun kurang lebih 190 siswa. Jumlah yang sangat signifikan antara guru dansiswa maka terdapat kendala yang dialami oleh guru dalam mengajar. Metodeyang digunakan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Partitur/Praktek Musik |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33783 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-33783 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-337832017-06-06T09:16:16Z METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA ARUJA, Arumaya Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta, piano klasik FSP ISI Yogyakarta 2016 id Partitur/Praktek Musik http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33783 MS/Aru/m/2016 Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta pada tahun 2016 memilikikurang lebih 15 guru piano klasik dengan jumlah siswa piano klasik usia 7-10tahun kurang lebih 190 siswa. Jumlah yang sangat signifikan antara guru dansiswa maka terdapat kendala yang dialami oleh guru dalam mengajar. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode yangmenggunakan beberapa langkah yaitu melalui tahap pengumpulan data, observasi,pengumpulan data, wawancara, dan studi pustaka.Di Sekolah Musik Puwacaraka Yogyakarta menggunakan beberapametode pembelajaran piano klasik antara lain metode ceramah, metode pemberiantugas, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tanya jawab. Pada saatproses belajar mengajar di dalam kelas pada tingkat yang berbeda yaitu tingkatpemula B guru menggunakan metode tanya jawab, ceramah, demonstrasi, latihan,dan pemberian tugas. Pada tingkat 1A guru menggunakan metode ceramah,demonstrasi, pemberian tugas, dan latihan.Dalam proses pembelajaran tersebut terjadi beberapa kendala antara lainsiswa kurang latihan di rumah sehingga ketika pertemuan berikutnya siswa tidakdapat memainkan dengan lancar. Guru harus mengulang kembali materi tersebut.Siswa kurang mendapat dukungan dari orang tua untuk latihan di rumah. Solusiuntuk masalah tersebut yaitu guru dan orang tua hendaknya berkomunikasidengan baik agar orang tua tahu kekurangan siswa dan dapat memantau latihansiswa di rumah. Orang tua disarankan untuk selalu mengikuti perkembanganbelajar siswa dan mendukung siswa agar semangat untuk latihan. Yogyakarta ; FSP-ISI Yogyakart x, 57 hal., ilus., lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta, piano klasik NONE |
spellingShingle |
Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta, piano klasik NONE ARUJA, Arumaya METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA |
description |
Sekolah Musik Purwacaraka Yogyakarta pada tahun 2016 memilikikurang lebih 15 guru piano klasik dengan jumlah siswa piano klasik usia 7-10tahun kurang lebih 190 siswa. Jumlah yang sangat signifikan antara guru dansiswa maka terdapat kendala yang dialami oleh guru dalam mengajar. Metodeyang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode yangmenggunakan beberapa langkah yaitu melalui tahap pengumpulan data, observasi,pengumpulan data, wawancara, dan studi pustaka.Di Sekolah Musik Puwacaraka Yogyakarta menggunakan beberapametode pembelajaran piano klasik antara lain metode ceramah, metode pemberiantugas, metode demonstrasi, metode latihan, dan metode tanya jawab. Pada saatproses belajar mengajar di dalam kelas pada tingkat yang berbeda yaitu tingkatpemula B guru menggunakan metode tanya jawab, ceramah, demonstrasi, latihan,dan pemberian tugas. Pada tingkat 1A guru menggunakan metode ceramah,demonstrasi, pemberian tugas, dan latihan.Dalam proses pembelajaran tersebut terjadi beberapa kendala antara lainsiswa kurang latihan di rumah sehingga ketika pertemuan berikutnya siswa tidakdapat memainkan dengan lancar. Guru harus mengulang kembali materi tersebut.Siswa kurang mendapat dukungan dari orang tua untuk latihan di rumah. Solusiuntuk masalah tersebut yaitu guru dan orang tua hendaknya berkomunikasidengan baik agar orang tua tahu kekurangan siswa dan dapat memantau latihansiswa di rumah. Orang tua disarankan untuk selalu mengikuti perkembanganbelajar siswa dan mendukung siswa agar semangat untuk latihan. |
format |
Partitur/Praktek Musik |
author |
ARUJA, Arumaya |
author_facet |
ARUJA, Arumaya |
author_sort |
ARUJA, Arumaya |
title |
METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA |
title_short |
METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA |
title_full |
METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA |
title_fullStr |
METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA |
title_full_unstemmed |
METODE PEMBELAJARAN PIANO KLASIKPADA ANAK USIA 7-10 TAHUNDI SEKOLAH MUSIK PURWACARAKAYOGYAKARTA |
title_sort |
metode pembelajaran piano klasikpada anak usia 7-10 tahundi sekolah musik purwacarakayogyakarta |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33783 |
_version_ |
1741200009981853696 |