Pembelajaran Instrumen Biola Di Perintisan Sekolah Musik Alam (Sulam)Yogyakarta

Pendidikan musik dirasa mendesak di masyarakat kita. Sementara pendidikan formal musik belum sepenuhnya mampu menampung keinginan berolah musik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu pendidikan nonformal yang ada di Yogyakarta adalah Sekolah Musik Alam. Sekolah Musik Alam adalah sala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TORUAN, Yohana Lumban
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33835
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Pendidikan musik dirasa mendesak di masyarakat kita. Sementara pendidikan formal musik belum sepenuhnya mampu menampung keinginan berolah musik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka salah satu pendidikan nonformal yang ada di Yogyakarta adalah Sekolah Musik Alam. Sekolah Musik Alam adalah salah satu tempat pendidikan non formal yang memberikan pembelajaran instrumen musik dan membimbing siswa untuk bermain musik sesuai dengan keahlian masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran biola dan kendala-kendala di Perintisan Sekolah Musik Alam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif, dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar di Sekolah Musik Alam. Hasil dalam penelitian ini mengetahui Sekolah Musik Alam ingin mengenalkan musik pada umumnya dan pada linkungan Sekolah Musik Alam. Kesimpulan dalam penelitian ini mengetahui bagaimana pembelajaran instrumen biola dari tahap pengenalan biola hingga tahap penutup dan kendalakendala apa yang yang terdapat pada saat pembelajaran biola dilaksanakan.