PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016

Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnyamasih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasussetiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untukmenyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permas...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRATAMA, Dany Indrawan
Format: Tugas Akhir
Published: FSP ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33901
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33901
record_format oai_dc
spelling isilib-339012017-06-16T14:10:53Z PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 PRATAMA, Dany Indrawan Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda FSP ISI Yogyakarta 2016 Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33901 MS/Pra/p/2016 Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnyamasih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasussetiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untukmenyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permasalahanatau penyakit yang diderita. Jenis terapi di seluruh dunia berjumlah ratusan bahkanribuan dengan metode yang berbeda-beda pula. Salah satu terapi yang diterapkan untukpenyembuhan adalah menggunakan media musik. Berdasarkan observasi di beberapasekolah khusus autis, banyak yang sudah menerapkan metode tersebut, salah satunyadan yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu di Sekolah Permata AnandaYogyakarta. Fokus penelitian ini berkaitan dengan jenis terapi musik dan peran musikdalam terapi tersebut. Hasil pengamatan dan observasi partisipatif di lapanganmenunjukkan bahwa musik digunakan sebagai sarana memperkuat ingatan(reinforcement) melalui proses pengulangan lagu sederhana. Terapi musik yangditerapkan memberikan kesempatan kepada anak autis untuk lebih berani terbuka danpercaya diri dengan bernyanyi solo. Musik juga membantu meningkatkan kepekaanritmik melalui permainan gelas yang bersifat perkusif. Bentuk lagu sederhana, one partsong form dengan figur yang mudah ditiru atau diikuti memberikan peluang lebih besaruntuk memperkuat daya ingat, meningkatkan fokus dan membantu perkembanganbahasa. Yogyakarta, FSP ISI Yogyakarta ix, 75 hal., ilus., lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
topic Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda
NONE
spellingShingle Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda
NONE
PRATAMA, Dany Indrawan
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
description Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnyamasih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasussetiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untukmenyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permasalahanatau penyakit yang diderita. Jenis terapi di seluruh dunia berjumlah ratusan bahkanribuan dengan metode yang berbeda-beda pula. Salah satu terapi yang diterapkan untukpenyembuhan adalah menggunakan media musik. Berdasarkan observasi di beberapasekolah khusus autis, banyak yang sudah menerapkan metode tersebut, salah satunyadan yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu di Sekolah Permata AnandaYogyakarta. Fokus penelitian ini berkaitan dengan jenis terapi musik dan peran musikdalam terapi tersebut. Hasil pengamatan dan observasi partisipatif di lapanganmenunjukkan bahwa musik digunakan sebagai sarana memperkuat ingatan(reinforcement) melalui proses pengulangan lagu sederhana. Terapi musik yangditerapkan memberikan kesempatan kepada anak autis untuk lebih berani terbuka danpercaya diri dengan bernyanyi solo. Musik juga membantu meningkatkan kepekaanritmik melalui permainan gelas yang bersifat perkusif. Bentuk lagu sederhana, one partsong form dengan figur yang mudah ditiru atau diikuti memberikan peluang lebih besaruntuk memperkuat daya ingat, meningkatkan fokus dan membantu perkembanganbahasa.
format Tugas Akhir
author PRATAMA, Dany Indrawan
author_facet PRATAMA, Dany Indrawan
author_sort PRATAMA, Dany Indrawan
title PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
title_short PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
title_full PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
title_fullStr PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
title_full_unstemmed PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
title_sort penerapan musik dalam sesi terapi musik anak autisberat ringan di sekolah permata anandayogyakarta tahun 2016
publisher FSP ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33901
_version_ 1741200033505607681