PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016
Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnyamasih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasussetiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untukmenyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33901 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-33901 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-339012017-06-16T14:10:53Z PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 PRATAMA, Dany Indrawan Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda FSP ISI Yogyakarta 2016 Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33901 MS/Pra/p/2016 Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnyamasih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasussetiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untukmenyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permasalahanatau penyakit yang diderita. Jenis terapi di seluruh dunia berjumlah ratusan bahkanribuan dengan metode yang berbeda-beda pula. Salah satu terapi yang diterapkan untukpenyembuhan adalah menggunakan media musik. Berdasarkan observasi di beberapasekolah khusus autis, banyak yang sudah menerapkan metode tersebut, salah satunyadan yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu di Sekolah Permata AnandaYogyakarta. Fokus penelitian ini berkaitan dengan jenis terapi musik dan peran musikdalam terapi tersebut. Hasil pengamatan dan observasi partisipatif di lapanganmenunjukkan bahwa musik digunakan sebagai sarana memperkuat ingatan(reinforcement) melalui proses pengulangan lagu sederhana. Terapi musik yangditerapkan memberikan kesempatan kepada anak autis untuk lebih berani terbuka danpercaya diri dengan bernyanyi solo. Musik juga membantu meningkatkan kepekaanritmik melalui permainan gelas yang bersifat perkusif. Bentuk lagu sederhana, one partsong form dengan figur yang mudah ditiru atau diikuti memberikan peluang lebih besaruntuk memperkuat daya ingat, meningkatkan fokus dan membantu perkembanganbahasa. Yogyakarta, FSP ISI Yogyakarta ix, 75 hal., ilus., lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
topic |
Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda NONE |
spellingShingle |
Terapi musik, Autisme, Sekolah Permata Ananda NONE PRATAMA, Dany Indrawan PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 |
description |
Gangguan autistik, merupakan suatu bentuk kelainan mental. Penyebabnyamasih belum diketemukan. Gangguan yang terjadi hingga mencapai 2 dari 5 kasussetiap 10.000 anak usia di bawah 12 tahun. Sementara ini obat yang dipakai untukmenyembuhkan adalah melalui proses terapi dengan tujuan mengurangi permasalahanatau penyakit yang diderita. Jenis terapi di seluruh dunia berjumlah ratusan bahkanribuan dengan metode yang berbeda-beda pula. Salah satu terapi yang diterapkan untukpenyembuhan adalah menggunakan media musik. Berdasarkan observasi di beberapasekolah khusus autis, banyak yang sudah menerapkan metode tersebut, salah satunyadan yang menjadi tempat penelitian penulis yaitu di Sekolah Permata AnandaYogyakarta. Fokus penelitian ini berkaitan dengan jenis terapi musik dan peran musikdalam terapi tersebut. Hasil pengamatan dan observasi partisipatif di lapanganmenunjukkan bahwa musik digunakan sebagai sarana memperkuat ingatan(reinforcement) melalui proses pengulangan lagu sederhana. Terapi musik yangditerapkan memberikan kesempatan kepada anak autis untuk lebih berani terbuka danpercaya diri dengan bernyanyi solo. Musik juga membantu meningkatkan kepekaanritmik melalui permainan gelas yang bersifat perkusif. Bentuk lagu sederhana, one partsong form dengan figur yang mudah ditiru atau diikuti memberikan peluang lebih besaruntuk memperkuat daya ingat, meningkatkan fokus dan membantu perkembanganbahasa. |
format |
Tugas Akhir |
author |
PRATAMA, Dany Indrawan |
author_facet |
PRATAMA, Dany Indrawan |
author_sort |
PRATAMA, Dany Indrawan |
title |
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 |
title_short |
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 |
title_full |
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 |
title_fullStr |
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 |
title_full_unstemmed |
PENERAPAN MUSIK DALAM SESI TERAPI MUSIK ANAK AUTISBERAT RINGAN DI SEKOLAH PERMATA ANANDAYOGYAKARTA TAHUN 2016 |
title_sort |
penerapan musik dalam sesi terapi musik anak autisberat ringan di sekolah permata anandayogyakarta tahun 2016 |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33901 |
_version_ |
1741200033505607681 |