Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang
Setiap seniman memiliki cara yang berbeda dalam memproyeksikan ide mengenai ketelanjangan. Figur wanita telanjang ditemukan dalam karya relief Harijadi berjudul “Untung Rugi Di Lereng Merapi” (1964-1965). Karya tersebut merupakan pesanan (commission art) Soekarno sebagai elemen hias di lobby Royal A...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33935 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-33935 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-339352017-06-21T12:09:52Z Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang SARAEL, Christofel telanjang Relief ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33935 SP/Sar/r/2016 Setiap seniman memiliki cara yang berbeda dalam memproyeksikan ide mengenai ketelanjangan. Figur wanita telanjang ditemukan dalam karya relief Harijadi berjudul “Untung Rugi Di Lereng Merapi” (1964-1965). Karya tersebut merupakan pesanan (commission art) Soekarno sebagai elemen hias di lobby Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Studi ini bertujuan untuk mempelajari bentuk dan menggali makna (interpretasi) figur wanita telanjang dalam karya relief tersebut dengan pendekatan sejarah seni memakai teori ikonografi dan ikonologi Erwin Panofsky. Figur wanita dalam relief ini ditampilkan dengan bentuk tubuh (anatomi) yang ideal menandakan kesehatan. Melalui perwujudannya tersirat gairah/hasrat yang sensual. Kebugaran tubuh menunjukkan kemampuan reproduksi seksual (prokreasi) sebagai simbol dari daya hidup yang tinggi. Yogyakarta xii, 71 hal. : il. ; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
telanjang Relief NONE |
spellingShingle |
telanjang Relief NONE SARAEL, Christofel Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang |
description |
Setiap seniman memiliki cara yang berbeda dalam memproyeksikan ide mengenai ketelanjangan. Figur wanita telanjang ditemukan dalam karya relief Harijadi berjudul “Untung Rugi Di Lereng Merapi” (1964-1965). Karya tersebut merupakan pesanan (commission art) Soekarno sebagai elemen hias di lobby Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Studi ini bertujuan untuk mempelajari bentuk dan menggali makna (interpretasi) figur wanita telanjang dalam karya relief tersebut dengan pendekatan sejarah seni memakai teori ikonografi dan ikonologi Erwin Panofsky. Figur wanita dalam relief ini ditampilkan dengan bentuk tubuh (anatomi) yang ideal menandakan kesehatan. Melalui perwujudannya tersirat gairah/hasrat yang sensual. Kebugaran tubuh menunjukkan kemampuan reproduksi seksual (prokreasi) sebagai simbol dari daya hidup yang tinggi. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SARAEL, Christofel |
author_facet |
SARAEL, Christofel |
author_sort |
SARAEL, Christofel |
title |
Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang |
title_short |
Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang |
title_full |
Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang |
title_fullStr |
Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang |
title_full_unstemmed |
Relief “Untung Rugi Di Lereng Merapi” Karya Harijadi Studi Figur Wanita Telanjang |
title_sort |
relief “untung rugi di lereng merapi” karya harijadi studi figur wanita telanjang |
publisher |
ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33935 |
_version_ |
1741200040549941248 |