Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan di saat umat Islam dididik oleh Allah SWT agar menjadi orang yang bertakwa. Di dalam ibadah-ibadah Ramadhan terkandung nilai-nilai kebaikan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap umat Islam agar dapat menjalani kehidupan di dunia ini dengan baik. Bulan Ramadhan ad...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: TRINUGROHO, Adityas
Format: Buku Teks
Language:Indonesian
Published: ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33992
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33992
record_format oai_dc
spelling isilib-339922017-07-05T13:52:06Z Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan TRINUGROHO, Adityas Mendidik Anak Ramadhan Buku Ilustrasi ISI Yogyakarta 2016 id Buku Teks http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33992 DK/Tri/p/2016 Bulan Ramadhan adalah bulan di saat umat Islam dididik oleh Allah SWT agar menjadi orang yang bertakwa. Di dalam ibadah-ibadah Ramadhan terkandung nilai-nilai kebaikan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap umat Islam agar dapat menjalani kehidupan di dunia ini dengan baik. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mendidik anak. Di usia yang masih kecil, nilai-nilai kebaikan dalam ibadah-ibadah Ramadhan dapat tertanam dengan baik di dalam diri anak. Maka dari itu, momen bulan Ramadhan sebaiknya tidak disia-siakan oleh para orangtua untuk mendidik anak-anaknya. Mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan merupakan tugas yang berat bagi orangtua. Selain harus menyisihkan waktu dan tenaga, orangtua juga harus menambah ilmu dan wawasan mengenai ibadah-ibadah Ramadhan. Maka dirancanglah sebuah buku ilustrasi yang ringan dan menarik untuk memberikan informasi mengenai cara-cara mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan. Proses pencarian data mengenai ibadah-ibadah Ramadhan, mulai dari menyambut Ramadhan sampai dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri, didapatkan melalui buku dan internet. Metode analisis yang digunakan ada dua, metode 5W+1H (What, Why, Who, When, Where, dan How to) digunakan untuk menganalisis masalah, sedangkan metode SWOT digunakan untuk menganalisis media. Kemudian dibuatlah naskah dan ilustrasi, lalu disatukan menjadi sebuah buku ilustrasi dengan judul “Ramadhan Buah Hatiku”. Dengan ilustrasi yang lucu dan menarik diharapkan para orangtua akan membayangkan suasana menyenangkan ketika mendampingi anaknya beribadah di bulan Ramadhan. Dengan buku ilustrasi tersebut diharapkan para orangtua dapat mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dalam mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan, sehingga Ramadhan anak akan menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat. Yogyakarta xv, 132 hal. : il. ; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Mendidik Anak
Ramadhan
Buku Ilustrasi
NONE
spellingShingle Mendidik Anak
Ramadhan
Buku Ilustrasi
NONE
TRINUGROHO, Adityas
Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan
description Bulan Ramadhan adalah bulan di saat umat Islam dididik oleh Allah SWT agar menjadi orang yang bertakwa. Di dalam ibadah-ibadah Ramadhan terkandung nilai-nilai kebaikan yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap umat Islam agar dapat menjalani kehidupan di dunia ini dengan baik. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mendidik anak. Di usia yang masih kecil, nilai-nilai kebaikan dalam ibadah-ibadah Ramadhan dapat tertanam dengan baik di dalam diri anak. Maka dari itu, momen bulan Ramadhan sebaiknya tidak disia-siakan oleh para orangtua untuk mendidik anak-anaknya. Mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan merupakan tugas yang berat bagi orangtua. Selain harus menyisihkan waktu dan tenaga, orangtua juga harus menambah ilmu dan wawasan mengenai ibadah-ibadah Ramadhan. Maka dirancanglah sebuah buku ilustrasi yang ringan dan menarik untuk memberikan informasi mengenai cara-cara mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan. Proses pencarian data mengenai ibadah-ibadah Ramadhan, mulai dari menyambut Ramadhan sampai dengan merayakan Hari Raya Idul Fitri, didapatkan melalui buku dan internet. Metode analisis yang digunakan ada dua, metode 5W+1H (What, Why, Who, When, Where, dan How to) digunakan untuk menganalisis masalah, sedangkan metode SWOT digunakan untuk menganalisis media. Kemudian dibuatlah naskah dan ilustrasi, lalu disatukan menjadi sebuah buku ilustrasi dengan judul “Ramadhan Buah Hatiku”. Dengan ilustrasi yang lucu dan menarik diharapkan para orangtua akan membayangkan suasana menyenangkan ketika mendampingi anaknya beribadah di bulan Ramadhan. Dengan buku ilustrasi tersebut diharapkan para orangtua dapat mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dalam mendampingi anak beribadah di bulan Ramadhan, sehingga Ramadhan anak akan menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat.
format Buku Teks
author TRINUGROHO, Adityas
author_facet TRINUGROHO, Adityas
author_sort TRINUGROHO, Adityas
title Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan
title_short Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan
title_full Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan
title_fullStr Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan
title_full_unstemmed Perancangan Buku Ilustrasi Panduan Mendampingi Anak Beribadah Di Bulan Ramadhan
title_sort perancangan buku ilustrasi panduan mendampingi anak beribadah di bulan ramadhan
publisher ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33992
_version_ 1741200051536920576