Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo

Museum Huta Bolon adalah sebuah perkampungan di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir yang memiliki perpaduan potensi alam dan budaya sehingga dibuka menjadi museum umum. Penurunan tingkat kunjungan wisatawan dalam empat tahun terakhir berdampak pada pengelolaan museum tersebut. Diperlukan strategi...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SIRAIT, Markus B. T.
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yk. 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33997
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-33997
record_format oai_dc
spelling isilib-339972017-07-05T14:30:08Z Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo SIRAIT, Markus B. T. Strategi Pengembangan Formulasi Tata Kelola Seni PPS ISI Yk. 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33997 - TES/MTS/Sir/f/2017 Museum Huta Bolon adalah sebuah perkampungan di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir yang memiliki perpaduan potensi alam dan budaya sehingga dibuka menjadi museum umum. Penurunan tingkat kunjungan wisatawan dalam empat tahun terakhir berdampak pada pengelolaan museum tersebut. Diperlukan strategi pengembangan sebagai upaya mengalokasikan sumber daya dan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan performa dan produktifitas pengelolaannya untuk dapat kembali menarik minat kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal dalam upaya pengembangan museum, kemudian merumuskan formulasi strategi pengembangan Museum Huta Bolon. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan analisis SWOT. Temuan dalam penelitian ini menghasilkan (1) Berdasarkan Matriks IFAS, pengelola Museum Huta Bolon Simanindo kurang merespon faktor internal (2,374), sementara berdasarkan Matriks EFAS, pengelola Museum Huta Bolon Simanindo merespon faktor eksternal dengan baik (2,659). (2) Posisi pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo melalui Matriks IE menunjukkan Hold and Maintain (Jaga dan Pertahankan) karena berada pada posisi V. Strategi yang dapat dipakai adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. (3) Berdasarkan kuadran analisis SWOT, pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo menunjukkan posisi pada kuadran I (0,94; 0,46) sehingga diperlukan pemilihan strategi berupa pengembangan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi vertikal (depan / belakang), integrasi horizontal, diversifikasi konsentrik. (4) Berdasarkan Matriks SWOT, pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo menunjukkan bahwa pemilihan strategi berupa penggunaan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman (ST). (5) Strategi besar (grand strategy) pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo mengarah pada peningkatan yang mencakup enam sektor pengembangan meliputi Pemasaran, Produksi, Keuangan, R & D (Research & Development), SDM dan CSR (Corporate Social Responsibility). Yogyakarta xvi, 120 hal.; Ilus., lamp.; 30 cm. NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Strategi Pengembangan
Formulasi
Tata Kelola Seni
NONE
spellingShingle Strategi Pengembangan
Formulasi
Tata Kelola Seni
NONE
SIRAIT, Markus B. T.
Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo
description Museum Huta Bolon adalah sebuah perkampungan di Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir yang memiliki perpaduan potensi alam dan budaya sehingga dibuka menjadi museum umum. Penurunan tingkat kunjungan wisatawan dalam empat tahun terakhir berdampak pada pengelolaan museum tersebut. Diperlukan strategi pengembangan sebagai upaya mengalokasikan sumber daya dan potensi yang dimiliki dalam meningkatkan performa dan produktifitas pengelolaannya untuk dapat kembali menarik minat kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal dalam upaya pengembangan museum, kemudian merumuskan formulasi strategi pengembangan Museum Huta Bolon. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis menggunakan analisis SWOT. Temuan dalam penelitian ini menghasilkan (1) Berdasarkan Matriks IFAS, pengelola Museum Huta Bolon Simanindo kurang merespon faktor internal (2,374), sementara berdasarkan Matriks EFAS, pengelola Museum Huta Bolon Simanindo merespon faktor eksternal dengan baik (2,659). (2) Posisi pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo melalui Matriks IE menunjukkan Hold and Maintain (Jaga dan Pertahankan) karena berada pada posisi V. Strategi yang dapat dipakai adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. (3) Berdasarkan kuadran analisis SWOT, pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo menunjukkan posisi pada kuadran I (0,94; 0,46) sehingga diperlukan pemilihan strategi berupa pengembangan pasar, penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi vertikal (depan / belakang), integrasi horizontal, diversifikasi konsentrik. (4) Berdasarkan Matriks SWOT, pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo menunjukkan bahwa pemilihan strategi berupa penggunaan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman (ST). (5) Strategi besar (grand strategy) pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo mengarah pada peningkatan yang mencakup enam sektor pengembangan meliputi Pemasaran, Produksi, Keuangan, R & D (Research & Development), SDM dan CSR (Corporate Social Responsibility).
format Tugas Akhir
author SIRAIT, Markus B. T.
author_facet SIRAIT, Markus B. T.
author_sort SIRAIT, Markus B. T.
title Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo
title_short Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo
title_full Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo
title_fullStr Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo
title_full_unstemmed Formulasi Strategi Pengembangan Museum Huta Bolon Simanindo
title_sort formulasi strategi pengembangan museum huta bolon simanindo
publisher PPS ISI Yk.
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=33997
_version_ 1741200053104541696