Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta
Pewarisan karya seni dari suatu budaya merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena semua budaya perlu mempertahankan eksistensinya dengan menonjolkan identitasnya yang unik dalam pergaulan antarbudaya. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran dari Kraton Ngayogyakarta Hadining...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Sekolah Pasca-Sarjana UGM
2014
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34024 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-34024 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-340242017-07-07T09:21:55Z Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta SAEARANI, Muhammad Fazli Taib Bin Tari klasik gaya Yogyakarta pewarisan tari Institusi Pendidikan Tari Kraton Ngayogyakarta Sekolah Pasca-Sarjana UGM 2014 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34024 DIS/ST/Sae/p/2014 Pewarisan karya seni dari suatu budaya merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena semua budaya perlu mempertahankan eksistensinya dengan menonjolkan identitasnya yang unik dalam pergaulan antarbudaya. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, lembaga pendidikan formal, dan lembaga pendidikan nonformal dalam pewarisan tari klasik gaya Yogyakarta (TKGY). Disertasi ini menjawab pertanyaan penelitian yaitu mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh Kraton dan lembaga di luar Kraton dalam mewariskan TKGY serta alasan atas peran tersebut, metode pewarisan yang dilakukan oleh lembaga tersebut beserta ,alasannya, dan nilai estetik yang menjadi kontribusi lembaga tersebi.J.t dalam pewarisan TKGY. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, disertasi ini menggunakan pendekatan multidisiplin dari aspek sosiologi, etnokoreologi, antropologi, pendidikan dalam tari, maupun evolusioner.Metode yangdigunakanadalahmetodekualitatifmelaluiwawancaradan observasi dengan sejumlah narasumber dari lembaga-lembaga pendidikan tari formal dan nonformal yang terdapat di Daerah lstimewa Yogyakarta.Hasil penelitian ini dapat diidentiflkasi sejumlah peran yang bersifat mandiri dan juga kolaboratif antara ketiga jenis lembaga yang dikaji. Peran ini kemudian ditempatkan dalam kerangka teori pewarisan TKGY yang menjustifikasi mengapa Tari Klasik Gaya Yogyakarta dapat diwariskan dengan baik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari upaya ini, ditemukan bahwa setiap lembaga mengambil tempat dalam menopang lapisan-lapisan pewarisan (inti, praktis, filosofis, dan pengembangan) sehingga tidak teijadi masalah dalam eksistensi Tari Klasik Gaya Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil ini kemudian dapat dijadikan sebuah best practice bagi upaya pewarisan tari klasik di berbagai tempat lainnya di Nusantara.Kata Kunci: Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Institusi Pendidkan Tari Formal dan Nonformal, Organisasi Tari, Pewarisan Tari Klasik, Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Yogyakarta xxvi+422 hal.;bib.;lamp.;30 cm DIS/ST http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Tari klasik gaya Yogyakarta pewarisan tari Institusi Pendidikan Tari Kraton Ngayogyakarta DIS/ST |
spellingShingle |
Tari klasik gaya Yogyakarta pewarisan tari Institusi Pendidikan Tari Kraton Ngayogyakarta DIS/ST SAEARANI, Muhammad Fazli Taib Bin Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta |
description |
Pewarisan karya seni dari suatu budaya merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan karena semua budaya perlu mempertahankan eksistensinya dengan menonjolkan identitasnya yang unik dalam pergaulan antarbudaya. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, lembaga pendidikan formal, dan lembaga pendidikan nonformal dalam pewarisan tari klasik gaya Yogyakarta (TKGY). Disertasi ini menjawab pertanyaan penelitian yaitu mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh Kraton dan lembaga di luar Kraton dalam mewariskan TKGY serta alasan atas peran tersebut, metode pewarisan yang dilakukan oleh lembaga tersebut beserta ,alasannya, dan nilai estetik yang menjadi kontribusi lembaga tersebi.J.t dalam pewarisan TKGY. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, disertasi ini menggunakan pendekatan multidisiplin dari aspek sosiologi, etnokoreologi, antropologi, pendidikan dalam tari, maupun evolusioner.Metode yangdigunakanadalahmetodekualitatifmelaluiwawancaradan observasi dengan sejumlah narasumber dari lembaga-lembaga pendidikan tari formal dan nonformal yang terdapat di Daerah lstimewa Yogyakarta.Hasil penelitian ini dapat diidentiflkasi sejumlah peran yang bersifat mandiri dan juga kolaboratif antara ketiga jenis lembaga yang dikaji. Peran ini kemudian ditempatkan dalam kerangka teori pewarisan TKGY yang menjustifikasi mengapa Tari Klasik Gaya Yogyakarta dapat diwariskan dengan baik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari upaya ini, ditemukan bahwa setiap lembaga mengambil tempat dalam menopang lapisan-lapisan pewarisan (inti, praktis, filosofis, dan pengembangan) sehingga tidak teijadi masalah dalam eksistensi Tari Klasik Gaya Yogyakarta di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil ini kemudian dapat dijadikan sebuah best practice bagi upaya pewarisan tari klasik di berbagai tempat lainnya di Nusantara.Kata Kunci: Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Institusi Pendidkan Tari Formal dan Nonformal, Organisasi Tari, Pewarisan Tari Klasik, Tari Klasik Gaya Yogyakarta. |
format |
Tugas Akhir |
author |
SAEARANI, Muhammad Fazli Taib Bin |
author_facet |
SAEARANI, Muhammad Fazli Taib Bin |
author_sort |
SAEARANI, Muhammad Fazli Taib Bin |
title |
Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta |
title_short |
Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta |
title_full |
Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta |
title_fullStr |
Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta |
title_full_unstemmed |
Peran Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Institusi Pendidikan Tari dalam Proses Pewarisan Tari Klasik Gaya Yogyakarta |
title_sort |
peran kraton ngayogyakarta hadiningrat dan institusi pendidikan tari dalam proses pewarisan tari klasik gaya yogyakarta |
publisher |
Sekolah Pasca-Sarjana UGM |
publishDate |
2014 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34024 |
_version_ |
1741200058480590848 |