Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika

Keberadaan musik sangat erat hubungannya dengan desain grafis,beberapa produk hasil desain grafis yang umumnya digunakan sebagai mediapendukung karya musik antara lain cover album, label CD, dan berbagai macammerchandise yang diproduksi sebagai media pendukung promosinya. Semiotikaadalah band indie...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FARADHIGA, Aryadwipa Angesti
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
DK
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34178
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-34178
record_format oai_dc
spelling isilib-341782017-07-11T15:17:17Z Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika FARADHIGA, Aryadwipa Angesti identitas visual post-rock semiotika band Album gelombang darat Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34178 DK/Far/p/2017 Keberadaan musik sangat erat hubungannya dengan desain grafis,beberapa produk hasil desain grafis yang umumnya digunakan sebagai mediapendukung karya musik antara lain cover album, label CD, dan berbagai macammerchandise yang diproduksi sebagai media pendukung promosinya. Semiotikaadalah band indie ber-genre post-rock/instrumental asal kota Jambi yangterbentuk pada tahun 2014 dan untuk pertama kalinya merilis album pada tahun2015, album yang diberi judul Ruang tersebut dirilis di enam kota besar di pulauJawa. Sukses meraih apresiasi dari masyarakat, Semiotika segera merencanakanuntuk menyusun materi dan konsep album kedua sebagai upaya meningkatkanimage dan untuk pencapaian yang lebih baik lagi.Karya Tugas Akhir Desain dengan judul “Perancangan Komunikasi VisualAlbum Gelombang Darat Band Semiotika” bertujuan untuk menciptakan identitasvisual yang berkarakter pada perancangan grafis albumnya. Metode pengumpulandata yang digunakan dalam perancangan adalah studi literatur pustaka maupunyang bersumber dari internet, wawancara dengan narasumber terkait, dankuesioner. Analisis data menggunakan pendekatan 5W+1H untuk menentukantujuan perancangan, target audiens, dan metode pemecahan masalah.Perancangan album kedua yang diberi judul Gelombang Daratmenerapkan teori dan konsep gaya desain Art Deco sebagai gaya ilustrasi, layout,dan tipografi, serta menentukan color identity yang diaplikasikan di setiap media.Media promosi yang digunakan meliputi media-media komunikasi visual yangberkaitan dengan musik seperti rilisan fisik, merchandise, dan media sosial.Ilustrasi dan layout dikerjakan melalui tahap sketsa penjaringan ide berdasarkanreferensi berupa data visual, yang kemudian diolah secara digital. Menurutbeberapa narasumber, hasil akhir dari perancangan dinilai cukup menciptakankeserasian antara gaya desain dengan karakter musik dan filosofi dari bandSemiotika.Kata kunci: Semiotika band, post-rock, album, identitas visual Yogyakarta xvi+150 hal.;ilus.;bib.;lamp.;30 cm DK http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic identitas visual
post-rock
semiotika band
Album gelombang darat
Komunikasi Visual
DK
spellingShingle identitas visual
post-rock
semiotika band
Album gelombang darat
Komunikasi Visual
DK
FARADHIGA, Aryadwipa Angesti
Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika
description Keberadaan musik sangat erat hubungannya dengan desain grafis,beberapa produk hasil desain grafis yang umumnya digunakan sebagai mediapendukung karya musik antara lain cover album, label CD, dan berbagai macammerchandise yang diproduksi sebagai media pendukung promosinya. Semiotikaadalah band indie ber-genre post-rock/instrumental asal kota Jambi yangterbentuk pada tahun 2014 dan untuk pertama kalinya merilis album pada tahun2015, album yang diberi judul Ruang tersebut dirilis di enam kota besar di pulauJawa. Sukses meraih apresiasi dari masyarakat, Semiotika segera merencanakanuntuk menyusun materi dan konsep album kedua sebagai upaya meningkatkanimage dan untuk pencapaian yang lebih baik lagi.Karya Tugas Akhir Desain dengan judul “Perancangan Komunikasi VisualAlbum Gelombang Darat Band Semiotika” bertujuan untuk menciptakan identitasvisual yang berkarakter pada perancangan grafis albumnya. Metode pengumpulandata yang digunakan dalam perancangan adalah studi literatur pustaka maupunyang bersumber dari internet, wawancara dengan narasumber terkait, dankuesioner. Analisis data menggunakan pendekatan 5W+1H untuk menentukantujuan perancangan, target audiens, dan metode pemecahan masalah.Perancangan album kedua yang diberi judul Gelombang Daratmenerapkan teori dan konsep gaya desain Art Deco sebagai gaya ilustrasi, layout,dan tipografi, serta menentukan color identity yang diaplikasikan di setiap media.Media promosi yang digunakan meliputi media-media komunikasi visual yangberkaitan dengan musik seperti rilisan fisik, merchandise, dan media sosial.Ilustrasi dan layout dikerjakan melalui tahap sketsa penjaringan ide berdasarkanreferensi berupa data visual, yang kemudian diolah secara digital. Menurutbeberapa narasumber, hasil akhir dari perancangan dinilai cukup menciptakankeserasian antara gaya desain dengan karakter musik dan filosofi dari bandSemiotika.Kata kunci: Semiotika band, post-rock, album, identitas visual
format Tugas Akhir
author FARADHIGA, Aryadwipa Angesti
author_facet FARADHIGA, Aryadwipa Angesti
author_sort FARADHIGA, Aryadwipa Angesti
title Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika
title_short Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika
title_full Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Album Gelombang Darat Band Semiotika
title_sort perancangan komunikasi visual album gelombang darat band semiotika
publisher FSR ISI Yogyakarta
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34178
_version_ 1741200087921459200