Perancangan Web Series Video 360° sebagai Media Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta

Dikenal sebagai destinasi wisata, Yogyakarta seakan memiliki magnet tersendiriuntuk menarik wisatawan. Atraksi wisata di Yogyakarta tidak berhenti untukberkembang sejalan dengan perubahan jaman. Meskipun demikian, Yogyakartatidak pernah melepaskan perannya sebagai wajah kebudayaan Indonesia,khususny...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HABIBI, M. Yusuf
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
DK
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34192
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Dikenal sebagai destinasi wisata, Yogyakarta seakan memiliki magnet tersendiriuntuk menarik wisatawan. Atraksi wisata di Yogyakarta tidak berhenti untukberkembang sejalan dengan perubahan jaman. Meskipun demikian, Yogyakartatidak pernah melepaskan perannya sebagai wajah kebudayaan Indonesia,khususnya di Pulau Jawa. Untuk menarik wisatawan, promosi yang telahdigunakan berupa brosur, iklan TV, website dan kalender wisata merupakan halyang terlalu umum dan dirasa kurang mengikuti perkembangan jaman. Hadirnyateknologi Virtual Reality sebagai media baru, perancangan dan penggunaan video360° diharapkan dapat memberi variasi promosi pariwisata Yogyakarta. Video360° berfokus pada pengalaman buatan yang dapat dirasakan oleh penonton, haltersebut menjadi alasan mengapa pembuatan video ini adalah sebuah kebaruanbagi promosi pariwisata Yogyakarta. Dalam proses pengolahan data, perancanganvideo 360°Story menggunakan teknik analisis data SWOT. Teknik analisisSWOT digunakan karena sesuai dengan data-data yang dikumpulkan olehperancang yaitu, melihat kekuatan dan kesempatan antar variabel yang terlibatdalam perancangan ini. Hasil dari perancangan dan pembuatan video 360°Storyadalah pendistribusian video 360° pariwisata Yogyakarta secara viral, sehinggadapat memudahkan calon wisatawan untuk mencari tahu mengenai destinasiwisata di Yogyakarta.Kata kunci: Video 360, Virtual Reality, Pariwisata, Yogyakarta.