Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking

Ide perancangan ini berawal dari kegelisahan dalam mengamati ruang-ruangdengan kurangnya pemenuhan kebutuhan manusia didalamnya. Kebutuhan tersebutmeliputi sarana untuk mempermudah manusia melakukan kegiatan. Selama inipemenuhan kebutuhan manusia, sebagian besar dilakukan dengan orangberpenghasilan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: BASTIANI, Mega Sheli
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: PPS ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34309
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-34309
record_format oai_dc
spelling isilib-343092017-07-14T08:30:54Z Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking BASTIANI, Mega Sheli metode design thinking Kunci Cultural Studies Center perancangan interior PPS ISI Yogyakarta 2017 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34309 TES/DI/Bas/p/2017 Ide perancangan ini berawal dari kegelisahan dalam mengamati ruang-ruangdengan kurangnya pemenuhan kebutuhan manusia didalamnya. Kebutuhan tersebutmeliputi sarana untuk mempermudah manusia melakukan kegiatan. Selama inipemenuhan kebutuhan manusia, sebagian besar dilakukan dengan orangberpenghasilan besar, seperti pembangunan hotel, apartemen, restauran, tempathiburan, mall-mall besar, dsb. Sementara ruang-ruang non-profit lain minim terjamahakan pemenuhan kebutuhan manusia tersebut. Ketertarikan perancang inilah yangmendasari perancangan pada ‘ruang alternatif’ Kunci Cultural Studies Center.Kunci, menjadi objek unik bagi perancang karena merupakan lembaga nonprofitjuga sebagai ruang alternatif kajian budaya di Indonesia. Kegiatan sepertiworkshop, diskusi berkala, ruang penelitian, penerbitan buku, dll menjadi agendarutin di tempat ini. Background manusia yang beragam, datang silih berganti ataumenetap sementara, menambah rasa penasaran untuk mempelajari kebutuhan manusiadidalamnya. Kebutuhan manusia itu berada dalam perancangan ulang interior KunciCultural Studies Center dengan menggunakan metode Design Thinking.Metode design thinking merupakan pendekatan seorang designer dalammenilai kebutuhan manusia dengan empati dan intuitif, yang disebut human-centereddesign. Pendekatan ini melibatkan serangkaian tahapan yang akan membantu dalammencari solusi dari permasalahan yang ada. Proses tahapan-tahapan tersebutmerupakan hasil pemikiran divergent (berlainan, berbeda, bebas, liar) dan convergent(memusat, penyempitan, menuju pada satu titik yang sama). Diharapkan denganmenggunakan penerapan metode design thinking ini dapat memberi peluang untukmenemukan solusi yang tepat pada perancangan ulang Kunci Cultural StudiesCenter.Kata Kunci: Desain Interior, Design Thinking, Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta xviii+114 hal.;ilus.;bib.;lamp.;30 cm TES/DI http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic metode design thinking
Kunci Cultural Studies Center
perancangan interior
TES/DI
spellingShingle metode design thinking
Kunci Cultural Studies Center
perancangan interior
TES/DI
BASTIANI, Mega Sheli
Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking
description Ide perancangan ini berawal dari kegelisahan dalam mengamati ruang-ruangdengan kurangnya pemenuhan kebutuhan manusia didalamnya. Kebutuhan tersebutmeliputi sarana untuk mempermudah manusia melakukan kegiatan. Selama inipemenuhan kebutuhan manusia, sebagian besar dilakukan dengan orangberpenghasilan besar, seperti pembangunan hotel, apartemen, restauran, tempathiburan, mall-mall besar, dsb. Sementara ruang-ruang non-profit lain minim terjamahakan pemenuhan kebutuhan manusia tersebut. Ketertarikan perancang inilah yangmendasari perancangan pada ‘ruang alternatif’ Kunci Cultural Studies Center.Kunci, menjadi objek unik bagi perancang karena merupakan lembaga nonprofitjuga sebagai ruang alternatif kajian budaya di Indonesia. Kegiatan sepertiworkshop, diskusi berkala, ruang penelitian, penerbitan buku, dll menjadi agendarutin di tempat ini. Background manusia yang beragam, datang silih berganti ataumenetap sementara, menambah rasa penasaran untuk mempelajari kebutuhan manusiadidalamnya. Kebutuhan manusia itu berada dalam perancangan ulang interior KunciCultural Studies Center dengan menggunakan metode Design Thinking.Metode design thinking merupakan pendekatan seorang designer dalammenilai kebutuhan manusia dengan empati dan intuitif, yang disebut human-centereddesign. Pendekatan ini melibatkan serangkaian tahapan yang akan membantu dalammencari solusi dari permasalahan yang ada. Proses tahapan-tahapan tersebutmerupakan hasil pemikiran divergent (berlainan, berbeda, bebas, liar) dan convergent(memusat, penyempitan, menuju pada satu titik yang sama). Diharapkan denganmenggunakan penerapan metode design thinking ini dapat memberi peluang untukmenemukan solusi yang tepat pada perancangan ulang Kunci Cultural StudiesCenter.Kata Kunci: Desain Interior, Design Thinking, Kunci Cultural Studies Center
format Tugas Akhir
author BASTIANI, Mega Sheli
author_facet BASTIANI, Mega Sheli
author_sort BASTIANI, Mega Sheli
title Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking
title_short Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking
title_full Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking
title_fullStr Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking
title_full_unstemmed Perancangan Ulang Interior Kunci Cultural Studies Center Yogyakarta dengan Metode Design Thinking
title_sort perancangan ulang interior kunci cultural studies center yogyakarta dengan metode design thinking
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2017
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34309
_version_ 1741200113025417217