Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta
Karya Tugas Akhir ini terinspirasi oleh kekaguman penulis terhadap keindahan bentuk visual kupu-kupu dan keunikan bentuk motif batik Paras Gempal yang dituangkan dalam busana batik pesta sebagai media berkarya. Motif batik Paras Gempal adalah salah satu dari sekian banyak motif batik khas Banyuwangi...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
Prodi D-3 Batik dan Fashion Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta
2016
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34677 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-34677 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-346772017-08-03T15:13:44Z Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta ANISA, Fidya Batik Busana Pesta Kupu-kupu Prodi D-3 Batik dan Fashion Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta 2016 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34677 D3/KBF/Ani/2016 Karya Tugas Akhir ini terinspirasi oleh kekaguman penulis terhadap keindahan bentuk visual kupu-kupu dan keunikan bentuk motif batik Paras Gempal yang dituangkan dalam busana batik pesta sebagai media berkarya. Motif batik Paras Gempal adalah salah satu dari sekian banyak motif batik khas Banyuwangi yang memiliki makna yaitu kerukunan terhadap sesama. Kupu-kupu yang dimunculkan dalam karya ini adalah Graphium doson dan Graphium agamemnon. Dalam memvisualisasikan gagasan dalam Tugas Akhir ini menggunakan beberapa metode pendekatan yaitu pendekatan estetis dan ergonomis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka yaitu mengumpulkan data-data yang berhuungan dengan materi yang diangkat malalui buku, majalah, jurnal, artikel atau internet. Metode penciptaan karya ini mengacu pada teori Gustami SP dalam menciptakan karya seni kriya yang dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, tahap eksplorasi yaitu tahap menggali sumber ide dengan langkah identifikasi dan perumusan masalah. Kedua, tahap perancangan yang mengasilkan sketsa alternatif dan ditetapkan sebagai desain terbaik untuk diwujudkan. Ketiga, tahap perwujudan yaitu tahap pembuatan karya dengan acuan desain terpilih. Teknik perwujudan yang diterapkan dalam keseluruhan karya yaitu batik tulis dan kombinasi batik cap menggunakan kain dolby dan kain viscose sebagai bahan utama. Pewarnaan batik dengan proses colet/kuas serta proses jahit mesin untuk pengerjaan busananya. Hasil yang dicapai dalam penciptaan karya ini yaitu delapan karya busana batik pesta yang mempunyai ciri khas warna hijau dan biru dipadu dengan warna hitam yang dihasilkan oleh pewarna remasol dengan penerapan motif batik dari visualisasi kupu-kupu dikombinasi dengan motif batik Paras Gempal dalam tiap busananya. Yogyakarta xiv, 99 hlm., xxiv: ilus; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Batik Busana Pesta Kupu-kupu NONE |
spellingShingle |
Batik Busana Pesta Kupu-kupu NONE ANISA, Fidya Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta |
description |
Karya Tugas Akhir ini terinspirasi oleh kekaguman penulis terhadap keindahan bentuk visual kupu-kupu dan keunikan bentuk motif batik Paras Gempal yang dituangkan dalam busana batik pesta sebagai media berkarya. Motif batik Paras Gempal adalah salah satu dari sekian banyak motif batik khas Banyuwangi yang memiliki makna yaitu kerukunan terhadap sesama. Kupu-kupu yang dimunculkan dalam karya ini adalah Graphium doson dan Graphium agamemnon. Dalam memvisualisasikan gagasan dalam Tugas Akhir ini menggunakan beberapa metode pendekatan yaitu pendekatan estetis dan ergonomis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka yaitu mengumpulkan data-data yang berhuungan dengan materi yang diangkat malalui buku, majalah, jurnal, artikel atau internet. Metode penciptaan karya ini mengacu pada teori Gustami SP dalam menciptakan karya seni kriya yang dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, tahap eksplorasi yaitu tahap menggali sumber ide dengan langkah identifikasi dan perumusan masalah. Kedua, tahap perancangan yang mengasilkan sketsa alternatif dan ditetapkan sebagai desain terbaik untuk diwujudkan. Ketiga, tahap perwujudan yaitu tahap pembuatan karya dengan acuan desain terpilih. Teknik perwujudan yang diterapkan dalam keseluruhan karya yaitu batik tulis dan kombinasi batik cap menggunakan kain dolby dan kain viscose sebagai bahan utama. Pewarnaan batik dengan proses colet/kuas serta proses jahit mesin untuk pengerjaan busananya. Hasil yang dicapai dalam penciptaan karya ini yaitu delapan karya busana batik pesta yang mempunyai ciri khas warna hijau dan biru dipadu dengan warna hitam yang dihasilkan oleh pewarna remasol dengan penerapan motif batik dari visualisasi kupu-kupu dikombinasi dengan motif batik Paras Gempal dalam tiap busananya. |
format |
Tugas Akhir |
author |
ANISA, Fidya |
author_facet |
ANISA, Fidya |
author_sort |
ANISA, Fidya |
title |
Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta |
title_short |
Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta |
title_full |
Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta |
title_fullStr |
Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta |
title_full_unstemmed |
Visualisasi Kupu-Kupu Dan Motif Batik Paras Gempal Pada Busana Batik Pesta |
title_sort |
visualisasi kupu-kupu dan motif batik paras gempal pada busana batik pesta |
publisher |
Prodi D-3 Batik dan Fashion Jurusan Kriya FSR ISI Yogyakarta |
publishDate |
2016 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34677 |
_version_ |
1741200182747332608 |