Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang menciptakan solusi atas sebuah masalah melalui sebuah karya desain yang mengandung unsur verbal, estetika visual dan komunikasi. Desain komunikasi visual melibatkan berbagai macam lintas bidang ilmu dan terus berkembang mengikuti perubahan pola piker masyara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRIANA, Syarifah
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2015
Subjects:
DKV
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34699
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Desain komunikasi visual adalah ilmu yang menciptakan solusi atas sebuah masalah melalui sebuah karya desain yang mengandung unsur verbal, estetika visual dan komunikasi. Desain komunikasi visual melibatkan berbagai macam lintas bidang ilmu dan terus berkembang mengikuti perubahan pola piker masyarakat dan teknologi begitu pula dengan media yang dihasilkan semakin beragamtergantungpadakebutuhan media yang diperlukan. Kampanye social sebagai bagian dari DKV merupakan periklanan non komersial yang memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat. Kampanye social menciptakan serangkaian media komunikasi visual yang bertujuan mengajak audience untuk melakukan aksi tertentu.Rumah Kebun adalah program kampanye urban farming mengajak masyarakat kota di Yogyakarta untuk berkebun di rumah sebagai salah satu solusi kegiatan rekreatif yang menyenangkan. Manfaat utama dari berkebun di kota adalah mendapatkan sayur segar juga sehat. Teori utama dari permasalahan adalah rekreasi kreatif, gaya hidup masyarakat perkotaan, ketahanan pangan dan studi social masyarakat Yogyakarta dan metode communication design, principles, methods and practice diterapkan dalam proses perancangan ini.Tema utama kampanye adalah Ayo nandur nambah sedulur sebagai hasil observasi masyarakat Yogyakarta yang memandang luhur sebuah ikatan persaudaraan. Media utama penyampaian pesan adalah video motion graphic dan didukung dengan media konvensional yang lain. Dengan menggunakan gaya flat design dan warna-warna cerah untuk memunculkan semangat dan kehangatan.Dengan menggunakan gaya flat designyang memberikan unsur modern, kampanye berusaha mengangkat kelas berkebun sebagai sebuah bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang selama ini identik dengan pekerjaan masyarakat desa.