Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang menciptakan solusi atas sebuah masalah melalui sebuah karya desain yang mengandung unsur verbal, estetika visual dan komunikasi. Desain komunikasi visual melibatkan berbagai macam lintas bidang ilmu dan terus berkembang mengikuti perubahan pola piker masyara...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRIANA, Syarifah
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2015
Subjects:
DKV
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34699
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-34699
record_format oai_dc
spelling isilib-346992017-08-09T10:35:20Z Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta FITRIANA, Syarifah Social Campaign Communication DKV City Gardening Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34699 TES/DK/Fit/p/2015 Desain komunikasi visual adalah ilmu yang menciptakan solusi atas sebuah masalah melalui sebuah karya desain yang mengandung unsur verbal, estetika visual dan komunikasi. Desain komunikasi visual melibatkan berbagai macam lintas bidang ilmu dan terus berkembang mengikuti perubahan pola piker masyarakat dan teknologi begitu pula dengan media yang dihasilkan semakin beragamtergantungpadakebutuhan media yang diperlukan. Kampanye social sebagai bagian dari DKV merupakan periklanan non komersial yang memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat. Kampanye social menciptakan serangkaian media komunikasi visual yang bertujuan mengajak audience untuk melakukan aksi tertentu.Rumah Kebun adalah program kampanye urban farming mengajak masyarakat kota di Yogyakarta untuk berkebun di rumah sebagai salah satu solusi kegiatan rekreatif yang menyenangkan. Manfaat utama dari berkebun di kota adalah mendapatkan sayur segar juga sehat. Teori utama dari permasalahan adalah rekreasi kreatif, gaya hidup masyarakat perkotaan, ketahanan pangan dan studi social masyarakat Yogyakarta dan metode communication design, principles, methods and practice diterapkan dalam proses perancangan ini.Tema utama kampanye adalah Ayo nandur nambah sedulur sebagai hasil observasi masyarakat Yogyakarta yang memandang luhur sebuah ikatan persaudaraan. Media utama penyampaian pesan adalah video motion graphic dan didukung dengan media konvensional yang lain. Dengan menggunakan gaya flat design dan warna-warna cerah untuk memunculkan semangat dan kehangatan.Dengan menggunakan gaya flat designyang memberikan unsur modern, kampanye berusaha mengangkat kelas berkebun sebagai sebuah bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang selama ini identik dengan pekerjaan masyarakat desa. Yogyakarta xi, 154 hlm.: ilus; lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
language Indonesian
topic Social Campaign
Communication
DKV
City
Gardening
NONE
spellingShingle Social Campaign
Communication
DKV
City
Gardening
NONE
FITRIANA, Syarifah
Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
description Desain komunikasi visual adalah ilmu yang menciptakan solusi atas sebuah masalah melalui sebuah karya desain yang mengandung unsur verbal, estetika visual dan komunikasi. Desain komunikasi visual melibatkan berbagai macam lintas bidang ilmu dan terus berkembang mengikuti perubahan pola piker masyarakat dan teknologi begitu pula dengan media yang dihasilkan semakin beragamtergantungpadakebutuhan media yang diperlukan. Kampanye social sebagai bagian dari DKV merupakan periklanan non komersial yang memecahkan masalah-masalah sosial yang berkembang di masyarakat. Kampanye social menciptakan serangkaian media komunikasi visual yang bertujuan mengajak audience untuk melakukan aksi tertentu.Rumah Kebun adalah program kampanye urban farming mengajak masyarakat kota di Yogyakarta untuk berkebun di rumah sebagai salah satu solusi kegiatan rekreatif yang menyenangkan. Manfaat utama dari berkebun di kota adalah mendapatkan sayur segar juga sehat. Teori utama dari permasalahan adalah rekreasi kreatif, gaya hidup masyarakat perkotaan, ketahanan pangan dan studi social masyarakat Yogyakarta dan metode communication design, principles, methods and practice diterapkan dalam proses perancangan ini.Tema utama kampanye adalah Ayo nandur nambah sedulur sebagai hasil observasi masyarakat Yogyakarta yang memandang luhur sebuah ikatan persaudaraan. Media utama penyampaian pesan adalah video motion graphic dan didukung dengan media konvensional yang lain. Dengan menggunakan gaya flat design dan warna-warna cerah untuk memunculkan semangat dan kehangatan.Dengan menggunakan gaya flat designyang memberikan unsur modern, kampanye berusaha mengangkat kelas berkebun sebagai sebuah bagian dari gaya hidup masyarakat perkotaan yang selama ini identik dengan pekerjaan masyarakat desa.
format Tugas Akhir
author FITRIANA, Syarifah
author_facet FITRIANA, Syarifah
author_sort FITRIANA, Syarifah
title Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
title_short Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
title_full Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
title_fullStr Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
title_full_unstemmed Perancangan Komunikasi Visual Kampanye Rumah Kebun Di Kota Yogyakarta
title_sort perancangan komunikasi visual kampanye rumah kebun di kota yogyakarta
publisher Program Penciptaan dan Pengkajian PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2015
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34699
_version_ 1741200186940588032