Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat "Sudah Bersih?"

Perancangan "Video Iklan Layanan Masyarakat- Sudah Bersih?" inidibuat untuk memacu kesadaran masyarakat agar membuang sampah padatempatnya. Menurut berbagai sumber yang ada Indonesia menjadi negara terkotorke-7 di dunia, tentu ini bukan menjadi sebuah kebanggaan melainkan sebuahtamparan ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUSPITO, Basilios Pris Januar
Format: Tugas Akhir
Language:Indonesian
Published: FSR ISI Yogyakarta 2017
Subjects:
DK
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34720
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Perancangan "Video Iklan Layanan Masyarakat- Sudah Bersih?" inidibuat untuk memacu kesadaran masyarakat agar membuang sampah padatempatnya. Menurut berbagai sumber yang ada Indonesia menjadi negara terkotorke-7 di dunia, tentu ini bukan menjadi sebuah kebanggaan melainkan sebuahtamparan keras. Penyebab utamanya adalah perilaku NIMBY oleh masyarakaturban. NIMBY (Not In My Back Yard), adalah fenomena dimana orang peduliakan kebersihan lingkungan tetapi hanya sebatas di lingkungan rumahnya saja,kebersihan di tempat lain cenderung untuk tidak mau tahu karena merasa itubukan tanggung jawabnya. Sehingga permasalahan utamanya adalah soal mental.Menurut data dari Kantor Perpustakaan Nasional daya baca masyarakatIndonesia termasuk rendah, 10% masyarakat berumur sepuluh tahun kebawahgemar membaca tetapi sembilan puluh persen di atas sepuluh tahun gemarmenonton televisi. Dari data inilah video dipilih untuk dijadikan media iklanlayanan masyarakat, merujuk dari data yang sudah ada jika memberikanhimbauan dalam bentuk teks tidak akan bekerja secara efektif karena daya bacamasyarakat Indonesia rendah.Konten yang akan ditampilkan dalam video tentu tidak secara gamblangmenampilkan tentang sampah, tetapi akan ditampilkan dengan bentuk dramaromantis.Masyarakat Indonesia masih menjadikan tontonan drama-romantis inimenjadi tontonan favorit mereka ini bisa ditemukan pada jumlah penonton filmdrama-romantis selama sepuluh tahun terakhir selalu menunjukkan angka yangbesar. Sehingga dirasa video iklan layanan masyarakat ini nanti bisa menjadi iklanyang mengedukasi, menghibur dan tentunya mempersuasi masyarakat untukmembuang sampah pada tempatnya.Kata kunci : Video, mental, sampah.