Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita

Penelitian ini merupakan studi eksplorasi segmentasi demografis, motivasi, dan psikografis atau gaya hidup pada 332 penonton pertunjukan teater Indonesia Kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik demografis dan motivasi dari seluruh responden, menemukan segmen yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: CHANDRA, Elia Yovan
Format: Tugas Akhir
Published: PPS ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34734
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
Description
Summary:Penelitian ini merupakan studi eksplorasi segmentasi demografis, motivasi, dan psikografis atau gaya hidup pada 332 penonton pertunjukan teater Indonesia Kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik demografis dan motivasi dari seluruh responden, menemukan segmen yang memiliki keterkaitan erat dengan frekuensi kehadiran tertentu, dan kemudian mengembangkannya dengan mengeksplorasi psikografis pada setiap segmen tersebut. Melalui teknik Exhaustive CHAID (Chi-squared Automatic Interaction Detection), dihasilkan empat segmen dengan variabel demografis yang menjadi pembaginya adalah profesi dan gender. Hasil segmentasi demografis tersebut kemudian dikembangkan lagi dengan psikografis menggunakan analisis ANOVA satu jalur terhadap gaya hidup (aktivitas, minat, dan opini) keempat segmen tersebut. Penelitian ini menemukan empat segmen dengan gaya hidup masingmasing sebagai berikut: segmen ‘Penikmat’ yang menjadi penikmat tontonan dengan keinginan besar untuk mendapat wawasan dan hiburan melalui aktivitas menonton pertunjukan, segmen ‘Wanita aspirasional’ yang memiliki aspirasi tinggi terhadap perkembangan industri kreatif dan kesenian nusantara, segmen ‘Pria berdaya beli rendah’ yang pengeluarannya hanya untuk tiket pertunjukan dan tidak memiliki keinginan yang kuat untuk membeli produk, cenderamata ataupun tiket terusan Indonesia Kita, serta segmen ‘Mudah puas’ yang cenderung mudah merasa puas terhadap pertunjukan Indonesia Kita yang mereka tonton.