Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita

Penelitian ini merupakan studi eksplorasi segmentasi demografis, motivasi, dan psikografis atau gaya hidup pada 332 penonton pertunjukan teater Indonesia Kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik demografis dan motivasi dari seluruh responden, menemukan segmen yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: CHANDRA, Elia Yovan
Format: Tugas Akhir
Published: PPS ISI Yogyakarta 2016
Subjects:
Online Access:http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34734
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
PINJAM
id isilib-34734
record_format oai_dc
spelling isilib-347342017-08-15T15:08:13Z Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita CHANDRA, Elia Yovan segmentasi demografis Indonesia Kita Seni Pertunjukan segmentasi gaya hidup PPS ISI Yogyakarta 2016 Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34734 TES/MTS/Jun/p/2016 Penelitian ini merupakan studi eksplorasi segmentasi demografis, motivasi, dan psikografis atau gaya hidup pada 332 penonton pertunjukan teater Indonesia Kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik demografis dan motivasi dari seluruh responden, menemukan segmen yang memiliki keterkaitan erat dengan frekuensi kehadiran tertentu, dan kemudian mengembangkannya dengan mengeksplorasi psikografis pada setiap segmen tersebut. Melalui teknik Exhaustive CHAID (Chi-squared Automatic Interaction Detection), dihasilkan empat segmen dengan variabel demografis yang menjadi pembaginya adalah profesi dan gender. Hasil segmentasi demografis tersebut kemudian dikembangkan lagi dengan psikografis menggunakan analisis ANOVA satu jalur terhadap gaya hidup (aktivitas, minat, dan opini) keempat segmen tersebut. Penelitian ini menemukan empat segmen dengan gaya hidup masingmasing sebagai berikut: segmen ‘Penikmat’ yang menjadi penikmat tontonan dengan keinginan besar untuk mendapat wawasan dan hiburan melalui aktivitas menonton pertunjukan, segmen ‘Wanita aspirasional’ yang memiliki aspirasi tinggi terhadap perkembangan industri kreatif dan kesenian nusantara, segmen ‘Pria berdaya beli rendah’ yang pengeluarannya hanya untuk tiket pertunjukan dan tidak memiliki keinginan yang kuat untuk membeli produk, cenderamata ataupun tiket terusan Indonesia Kita, serta segmen ‘Mudah puas’ yang cenderung mudah merasa puas terhadap pertunjukan Indonesia Kita yang mereka tonton. Yogyakarta xii, 243 hal.: lamp.; 30 cm NONE http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png
institution Institut Seni Indonesia Yogyakarta
collection Perpustakaan Yogyakarta
topic segmentasi demografis
Indonesia Kita
Seni Pertunjukan
segmentasi gaya hidup
NONE
spellingShingle segmentasi demografis
Indonesia Kita
Seni Pertunjukan
segmentasi gaya hidup
NONE
CHANDRA, Elia Yovan
Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita
description Penelitian ini merupakan studi eksplorasi segmentasi demografis, motivasi, dan psikografis atau gaya hidup pada 332 penonton pertunjukan teater Indonesia Kita. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai karakteristik demografis dan motivasi dari seluruh responden, menemukan segmen yang memiliki keterkaitan erat dengan frekuensi kehadiran tertentu, dan kemudian mengembangkannya dengan mengeksplorasi psikografis pada setiap segmen tersebut. Melalui teknik Exhaustive CHAID (Chi-squared Automatic Interaction Detection), dihasilkan empat segmen dengan variabel demografis yang menjadi pembaginya adalah profesi dan gender. Hasil segmentasi demografis tersebut kemudian dikembangkan lagi dengan psikografis menggunakan analisis ANOVA satu jalur terhadap gaya hidup (aktivitas, minat, dan opini) keempat segmen tersebut. Penelitian ini menemukan empat segmen dengan gaya hidup masingmasing sebagai berikut: segmen ‘Penikmat’ yang menjadi penikmat tontonan dengan keinginan besar untuk mendapat wawasan dan hiburan melalui aktivitas menonton pertunjukan, segmen ‘Wanita aspirasional’ yang memiliki aspirasi tinggi terhadap perkembangan industri kreatif dan kesenian nusantara, segmen ‘Pria berdaya beli rendah’ yang pengeluarannya hanya untuk tiket pertunjukan dan tidak memiliki keinginan yang kuat untuk membeli produk, cenderamata ataupun tiket terusan Indonesia Kita, serta segmen ‘Mudah puas’ yang cenderung mudah merasa puas terhadap pertunjukan Indonesia Kita yang mereka tonton.
format Tugas Akhir
author CHANDRA, Elia Yovan
author_facet CHANDRA, Elia Yovan
author_sort CHANDRA, Elia Yovan
title Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita
title_short Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita
title_full Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita
title_fullStr Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita
title_full_unstemmed Pengembangan Segmentasi Demografis dan Psikografis pada Penonton Pertunjukan Teater : studi pada teater Indonesia kita
title_sort pengembangan segmentasi demografis dan psikografis pada penonton pertunjukan teater : studi pada teater indonesia kita
publisher PPS ISI Yogyakarta
publishDate 2016
url http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34734
_version_ 1741200193387233280