Wetan Nok!
‘Kekuatan’ pada diri wanita dilahirkan dari keberanian menata diri sendiri maupun diri lainnya, yang didasari oleh suatu proses kehidupan. Proses kehidupan yang telah dijalani, memunculkan kesadaran akan pentingya waktu yang membawa lika-liku, keberanian berdiri sama tinggi lewat ‘emansipasi’, keber...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Tugas Akhir |
Language: | Indonesian |
Published: |
FSP ISI Yogyakarta
2015
|
Subjects: | |
Online Access: | http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34850 |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
id |
isilib-34850 |
---|---|
record_format |
oai_dc |
spelling |
isilib-348502017-08-30T15:15:04Z Wetan Nok! PUTRI, Angeline Rizky Emawati Koreografi Kelompok Karya Tari kekuatan wanita FSP ISI Yogyakarta 2015 id Tugas Akhir http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34850 STPCT/Put/w/2015 ‘Kekuatan’ pada diri wanita dilahirkan dari keberanian menata diri sendiri maupun diri lainnya, yang didasari oleh suatu proses kehidupan. Proses kehidupan yang telah dijalani, memunculkan kesadaran akan pentingya waktu yang membawa lika-liku, keberanian berdiri sama tinggi lewat ‘emansipasi’, keberanian mengukir asa yang diwujudkan lewat keberanian ‘menata’ tubuh sebagai ‘alat’, dan nalar sebagai ‘mesin’ di dalamnya. Keberanian menata diri sendiri dan diri lain di sekelilingnya, serta kesadaran dan pemahaman akan pentingnya waktu, emansipasi, tubuh, asa serta nalar, melahirkan suatu konsepsi dan gagasan tentang ‘kekuatan’ yang hendak diaktualisasikan secara simbolis dan dinamis lewat bentuk gerak, teknik, serta ekspresi tubuh tari dalam satu karya berjudul “WETAN NOK”. Interpretasi ‘kekuatan’ pada diri wanita yang diasumsikan terbentuk oleh waktu, emansipasi, tubuh, asa, serta nalar, hendak diekspresikan dan diaktualisasikan secara simbolis dalam bentuk koreografi kelompok putri. Bentuk simbolis gagasan ‘kekuatan’, akan diekspresikan lewat gerak-gerak yang bercorak mengalun, pengolahan teknik keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan tubuh, yang diasumsikan merupakan esensi konsep gerak dan teknik dalam Yoga. Adapun teknik lainnya yang akan diimplementasikan sebagai penunjang simbolisasi bentuk ‘kekuatan’dalam karya ini, antara lain seperti teknik lifting, body extended, serta teknik ‘jatuh-bangun’ . Metode eksplorasi-improvisasi-komposisi yang direlasikan dengan metode merasakan, menghayati, mengimajinasikan, mengkhayalkan, serta memberi bentuk dalam karya ini, diimplementasikan guna memperoleh berbagai macam bentuk gerak, teknik, dan ekspresi tubuh tari sebagai bahan baku dalam koreografi Yogyakarta xxi, 215 hal.: ilus., lamp., 30 cm STPCT http://opac.isi.ac.id//images/default/image.png |
institution |
Institut Seni Indonesia Yogyakarta |
collection |
Perpustakaan Yogyakarta |
language |
Indonesian |
topic |
Koreografi Kelompok Karya Tari kekuatan wanita STPCT |
spellingShingle |
Koreografi Kelompok Karya Tari kekuatan wanita STPCT PUTRI, Angeline Rizky Emawati Wetan Nok! |
description |
‘Kekuatan’ pada diri wanita dilahirkan dari keberanian menata diri sendiri maupun diri lainnya, yang didasari oleh suatu proses kehidupan. Proses kehidupan yang telah dijalani, memunculkan kesadaran akan pentingya waktu yang membawa lika-liku, keberanian berdiri sama tinggi lewat ‘emansipasi’, keberanian mengukir asa yang diwujudkan lewat keberanian ‘menata’ tubuh sebagai ‘alat’, dan nalar sebagai ‘mesin’ di dalamnya. Keberanian menata diri sendiri dan diri lain di sekelilingnya, serta kesadaran dan pemahaman akan pentingnya waktu, emansipasi, tubuh, asa serta nalar, melahirkan suatu konsepsi dan gagasan tentang ‘kekuatan’ yang hendak diaktualisasikan secara simbolis dan dinamis lewat bentuk gerak, teknik, serta ekspresi tubuh tari dalam satu karya berjudul “WETAN NOK”. Interpretasi ‘kekuatan’ pada diri wanita yang diasumsikan terbentuk oleh waktu, emansipasi, tubuh, asa, serta nalar, hendak diekspresikan dan diaktualisasikan secara simbolis dalam bentuk koreografi kelompok putri. Bentuk simbolis gagasan ‘kekuatan’, akan diekspresikan lewat gerak-gerak yang bercorak mengalun, pengolahan teknik keseimbangan, kelenturan, dan kekuatan tubuh, yang diasumsikan merupakan esensi konsep gerak dan teknik dalam Yoga. Adapun teknik lainnya yang akan diimplementasikan sebagai penunjang simbolisasi bentuk ‘kekuatan’dalam karya ini, antara lain seperti teknik lifting, body extended, serta teknik ‘jatuh-bangun’ . Metode eksplorasi-improvisasi-komposisi yang direlasikan dengan metode merasakan, menghayati, mengimajinasikan, mengkhayalkan, serta memberi bentuk dalam karya ini, diimplementasikan guna memperoleh berbagai macam bentuk gerak, teknik, dan ekspresi tubuh tari sebagai bahan baku dalam koreografi |
format |
Tugas Akhir |
author |
PUTRI, Angeline Rizky Emawati |
author_facet |
PUTRI, Angeline Rizky Emawati |
author_sort |
PUTRI, Angeline Rizky Emawati |
title |
Wetan Nok! |
title_short |
Wetan Nok! |
title_full |
Wetan Nok! |
title_fullStr |
Wetan Nok! |
title_full_unstemmed |
Wetan Nok! |
title_sort |
wetan nok! |
publisher |
FSP ISI Yogyakarta |
publishDate |
2015 |
url |
http://opac.isi.ac.id//index.php?p=show_detail&id=34850 |
_version_ |
1741200215520575489 |